Kista itu apa?

Kista adalah sebuah penyakit yang menyerang organ reproduksi wanita, ada yang berbentuk kistik namun ada juga yang berbetuk anggur. Kista sendiri berisi cairan kental, cairan ini bisa berupa apa saja, seperti nanah, udara, atau bahan cair lainnya.

Informasi pengobatan kista cokelat => http://ranaherbal.com/cara-membantu-mengobati-kista-di-rahim-yang-sudah-menyebar/

Kista sendiri adalah sebuah tumor jinak yang ada pada organ reproduksi wanita, tumor ini dibungkus oleh sebuah selaput atau jaringan-jaringan yang pada akhirnya dapat menyebabkan pembengkakan pada daerah yang terkena tumor. Jika kista ini terus berkembang tentunya akan menjadi sebuah tumor jinak atau tumor ganas, dan pembesaran kista dan jaringan di sekitarnya tentunya akan menimbulkan rasa nyeri. Pada beberapa kasus tertentu rasa nyeri tersebut terjadi karena pendarahan di dalam kista atau tertekannya kista yang menyebabkan pembuluh darah yang ada disekitanya terganggu.

Kista dibagi menjadi 2 macam, hal tersebut berdasarkan penyebaran, ganas atau tidaknya kista tersebut dan yang terakhir adalah kerusakan yang terjadi akibat penyakit tersebut.

1. Kista non neoplastik

Kista jenis ini mempunyai karakteristik :

  1. Jinak
  2. Benjolan yang terjadi dapat hilang atau mengecil
  3. Kista seperti ini tidak memerlukan operasi, karena dalam waktu 2 hingga 3 buah penyakit ini dapat disembuhkan.

2. Kista neoplastik

Kista jenis ini mempunyai karakteristik :

  1. berbahaya
  2. Proses penyembuhanya membutuhkan operasi
  3. Operasi yang akan dilakukan tergantung ukuran benjolan yang ada pada indung telur.

Penyakit kista biasanya diturunkan oleh keluarga sebelumnya, seperti ibu, nenek, dll. Untuk dapat mendeteksi penyakit kista ada baiknya dilakukan CT-scan, USG, pemeriksaan anatomi atau MRI. Apabila Anda mempunyai masalah dengan organ reproduksi, sebaiknya perhatikan apakah itu awal dari kista atau bukan? Berikut ini adalah beberapa gejala dari penyakit kista :

  • Mestruasi yang tidak teratur
  • Ukuran payudara yang menyusut
  • Kegemukan
  • Banyak timbul jerawat
  • Rambut tubuh secara berlebihan
  • Berkurangnya hormone insulin dalam tubuh
  • Nyeri saat haid (perut bagian bawah)
  • Susah memiliki keturunan
  • Obesitas

Salah satu jenis kista adalah kista cokelat

Kista cokelat atau endometrioma, merupakan kista yang terbentuk karna adanya jaringan dalam rahim yang terdapat didalam ovarium. Akibatnya saat siklus menstruasi ia akan luruh dan mengeluarkan darah, namun terjebak didalam ovarium. Ini dapat menyebabkan nyeri dan gangguan kesuburan pada wanita.

Kista penyebab kemandulan??

Menurut dr Irfan Mulyana Mustofa, SpOG, yang berprofesi sebagai dokter kandungan di RSUD Leuwiliang kota Bogor berkata : Belum tentu kista ovarium akibatkan mandul, semua juga tergantung jenisnya, kalau misalnya kista tersebut tidak ganas tentunya bisa juga diobati.

Jika penyakit kista ini dibiarkan begitu saja tanpa penanganan medis tentu saja berbahaya, terutama pada organ reproduksi wanita itu sendiri. Penyakit kista ini dapat menyerang siapa saja, tidak ada batasan umur untuk penyakit ini. Namun pada umumnya penyakit ini menyerang para wanita yang berusia 20 hingga 30 tahun. Jika penyakit ini terus dibiarkan, tentunya dapat mengganggu kesehatan Anda.

Karena penyakit ini akan mempengaruhi hormone menstruasi, akibatnya proses mestruasi tidak akan berjalan dengan normal. Apabila penyakit ini tidak ditangani dengan baik, atau dibiarkan begitu saja, dapat mengakibatkan beberapa penyakit tertentu seperti kanker endometrial, penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, dan juga kanker payudara.

Ketika kondisi penyakit ini sudah semakin parah tentunya akan menyebabkan kemandulan, hal seperti ini terjadi karena sel telur tidak dapat tersalurkan dengan baik. Ada juga beberapa masalah lainnya akibat kista yang mengakibatkan seorang wanita tidak dapat hamil, seperti kegagalan ovulasi karena pengangkatan kista yang dilakukan berilang kali, rusaknya ovarium akibat operasi, infeksi karena folikel tidak matang, dll.

Agar tidak terserang penyakit seperti ini, ada baiknya jika Anda melakukan tindakan pencegahan. Salah satunya adalah dengan mengubah pola makan, Anda sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, banyak minum air putih, istirahat teratur dan juga mengkonsumsi makanan rendah lemak.

Kista harus disembuhkan dulu kalau ingin punya anak dan bisa dicoba dengan pengobatan tradisional yang bisa membantu menyembuhkan kista tanpa operasi.

Sebaiknya Anda konsultasi ke dokter kandungan, atau klinik fertilitas, yang mempunyai dokter kandungan khusus kesuburan.

Terimakasih telah berkunjung, semoga bermanfaat

Like what you read? Give saari19 a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.