Meneladani Sifat-sifat Rasulullah SAW

Rasulullah SAW memiliki sifat-sifat yang sangat mulia. Maka dari itu hendaklah kita selaku umatnya mempelajari sifat-sifat Nabi Muhammad SAW yang meliputi Shiddiq, Amanah, Fathonah, dan juga Tabligh.

Semoga dengan memahami sifat-sifat tersebut kita dapat lebih mencintai Nabi Muhammad SAW dan kelak akan mendapat syafa’atnya. Berikut sedikit penjelasan mengenai sifat Rasulullah SAW.

1. Sifat Shiddiq
Shiddiq memiliki arti benar. Bukan hanya dalam hal perkataannya yang benar, melainkan juga setiap perbuatannya benar. Ucapan dan perilaku itu sejalan. Berbeda dengan para pemimpin sekarang yang pada umumnya hanya kata-katanya yang manis, tetapi perbuatannya berbeda dengan ucapannnya.

2. Amanah
Amanah memiliki arti benar-benar bisa dipercaya. Apabila satu urusan diberikan tanggung jawab kepada Nabi Muhammad SAW, pasti orang tersebut akan percaya bahwa urusan itu akan dijalankan dengan sebaik-baiknya.

3. Tabligh
Tablig memiliki arti menyampaikan. Setiap firman Allah SWT yang ditunjukkan kepada manusia pasti akan disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW. Tidak pernah ada yang disembunyikan walaupun firman Allah SWT itu menyinggung Rasulullah SAW.

Sebagai seorang yang tabligh, meskipun ayat tersebut itu menyindirnya, Rasulullah SAW akan tetap menyampaikannya kepada umat. Itulah sifat seorang Nabi.

4. Fathonah
Fathonah memiliki artinya cerdas. Mustahil Nabi itu bersifat jahlun atau bodoh. Dalam menyampaikan 6.236 ayat Al-Qur’an setelah itu menjelaskannya dalam puluhan ribu hadits, tentunya membutuhkan kecerdasan yang luar biasa.

Nabi pun mampu mengatus ummatnya ketika itu dari bangsa Arab yang bodoh dan terpecah belah menjadi satu bangsa yang berbudaya.

Sekian pembahasan mengenai sifat Rasulullah SAW. Semoga kita dapat meneladani Nabi Muhammad SAW.

Baca juga: Kisah Teladan Nabi Muhammad SAW

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.