Cara melihat Logcat error pada android studio

https://unsplash.com/photos/I8OhOu-wLO4

Runtime error merupakan salah satu jenis error yang terjadi pada saat aplikasi dijalankan. Runtime error ditandai dengan force close aplikasi pada saat dijalankan pada smartphone/emulator dsb.

Untuk mengetahui mengapa aplikasi kita force close pada saat dijalankan kita dapat menggunakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh Android Studio untuk melakukan debugging yakni dengan melihat Logcat pada android monitor.


Dari project IAKQuiz yang telah kita buat sebelumnya kita coba untuk membuat aplikasi menjadi error pada saat dijalankan.

gambar 1

Disini saya membuat view rb_a(RadioButton) pada class ActivityQuizOne.java tidak di inisialisasikan pada kelas java dengan menjadikannya komentar(gambar 1:baris 24). Hal ini ditujukan ketika rb_a(RadioButton) maka akan terjadi force close pada aplikasi dikarenakan kelas java tidak mengetahui komponen view yang harus di cast.

gambar 2

Gambar 2 menunjukan ketika aplikasi dijalankan dan rb_a(RadioButton) diklik.

Langkah 1

gambar 3

Lakukan running aplikasi pada real device atau emulator selanjutnya buka Android Monitor seperti yang dapat dilihat pada Gambar 3 android monitor menampilkan jenis device yang digunakan pada saat melakukan running aplikasi dan project yang akan dipantau aktivitasnya.

Langkah 2

gambar 4

Nah, untuk melihat error yang terjadi adalah dengan memilih Log Error pada Android Monitor(Gambar 4)

gambar 5

Dari log Error tadi kita dapat melihat apa yang menyebabkan aplikasi kita menjadi force close. Yang harus kita perhatikan adalah tulisan yang dilingkari biru disitu disebutkan dengan jelas bahwa aplikasi error dikarenakan

caused by : java.lang.NullPointerException at …radioOnclick(ActivityQuizOne.java:34)

(ActivityQuizOne.java:34) berarti terjadi error di class ActivityQuizOne dan terletak pada baris ke 34.

Selanjutnya kita dapat menganalisa mengapa baris ke 34 menjadi penyebab error pada aplikasi. selain itu kita juga dapat dengan mudah mencari solusi jika penyebabnya sudah diketahui.

Cukup Mudah Bukan ?


gambar 6

Tips : pesan error yang harus dilihat biasanya diberi tulisan berwarna biru(Gambar 6)

sekiaaan….