KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Makhluk hidup di alam semesta atau bumi ini sangat beragam. Sebagai contoh, kucing ada ragamnya, seperti kucing kampung/biasa, kucing persia, kucing anggora, dan masih banyak lagi. Untuk memudahkan kita mempelajari atau membedakan antara semua makhluk hidup itu, maka dibutuhkan suatu klasifikasi makhluk hidup.

Pengertian Klasifikasi Makhluk Hidup
Klasifikasi makhluk hidup adalah mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan-golongan atau unit-unit tertentu berdasarkan persamaan dan perbedaan cirinya. Tujuan klasifikasi makhluk hidup ialah untuk mempermudah dalam mengenal, mempelajari, dan mengetahui hubungan antar makhluk hidup.
Proses klasifikasi makhluk hidup dimulai dengan mengelompokkan beberapa individu yang memiliki persamaan ciri ke dalam satu kelompok. Kelompok-kelompok yang terbentuk dari hasil pengklasifikasian makhluk hidup tersebut disebut takson. Takson pada tingkat yang lebih rendah mempunyai persamaan sifat dan ciri yang lebih banyak, sedangkan takson pada tingkat yang lebih tinggi memiliki persamaan sifat dan ciri yang lebih sedikit. Ilmu yang mempelajari tentang klasifikasi makhluk hidup disebut taksonomi.

Sistem Klasifikasi
Sistem klasifikasi yang kita kenal sekarang merupakan perkembangan lklasifikasi makhluk hidup yang berkelanjutan. Perkembangan tersebut diantaranya:

  1. Sistem klasifikasi dua kingdom
  2. Sistem klasifikasi tiga kingdom
  3. Sistem klasifikasi empat kingdom
  4. Sistem klasifikasi lima kingdom
  5. Sistem klasifikasi enam kingdom

Kelima klasifikasi di atas ialah buatan manusia, jadi sistem klasifikasi yang terbaik bergantung pada kesepakatan bersama dan kebutuhan, karena setiap sistem klasifikasi memiliki dasar tersendiri.

Sumber: LKS Biologi X-A

Show your support

Clapping shows how much you appreciated ’s story.