Cara Membuat Form Luas Segitiga di Visual Basic

Muhammad Sahal Nurdin
3 min readApr 29, 2022

--

Di sini saya akan membuat program untuk mencari dari luas segitiga menggunakan Visual Basic 6.0. Berikut adalah Listing Program yang saya buat:

  1. Langkah pertama adalah membuat file baru di Visual BASIC 6.0
Ini adalah tampilan awal dari form yang saya buat

2. Lalu atur ukuran dari form 1.

3. Mengatur tata letak setiap label dan text box

4. Tahap selanjutnya saya memberi nama button sesuai fungsinya. Serta mengganti caption dari label dan button.

5. Tahap selanjutnya adalah melakukan kodingan untuk setiap button yang saya pakai. Untuk logika pemrogramannya adalah saya menggunakan paradigma prosedural dengan mendefinisikan dahulu variable apa saja yang akan digunakan lalu saya substitusikan seperti di bawah. Untuk melalukan perintah bersihkan, saya memanggil masing-masing dari text box dan isikan perinah kosong. Dan untuk bagian keluar saya ketikkan end untuk mengakhiri dari logika program.

6. Kemudian memberikan warna yang saya sukai agar lebih menarik untuk dipandang. Saya memakai font Verdana dan ukuran font 12 dan 8 untuk judul.

7. Maka tampilannya akan seperti di bawah ini:

Output program

Program ketika dirun:

1. Tombol Hitung Berfungsi untuk menghitung data yang diinput.

2. Tombol Bersihkan

Berfungsi untuk membersihkan inputan data.

3. Tombol Keluar

Berfungsi sebagai tombol keluar.

Kesimpulan

Dapat dikatakan bahwa program di atas adalah contoh penggunaan dari perhitungan sederhana dari luas dan alas dari segitiga yang diinginkan. Semoga dengan adanya artikel ini akan membantu pembaca dalam membuat program sederhana menggunakan Visual Basic 6.0.

--

--

Muhammad Sahal Nurdin
0 Followers

Hello, I’m a Computer Science Student at Gunadarma University