5 Objek Wisata Menarik di Batu Malang

Batu adalah sebuah kota kecil di kota Malang. Tempat ini telah menjadi primadona destinasi wisata di Indonesia. Kota berhawa sejuk di Jawa Timur ini kini tak lagi hanya terkenal buah apelnya, namun juga karena banyak objek wisata menarik. Sangat cocok untuk liburan bersama keluarga Anda.

Berikut tempat wisata di Batu yang wajib Anda kunjungi:

1. Jatim Park 1

Jatim Park 1 berlokasi di Jl.Kartini No 2, Batu. Jatim Park 1 memadukan konsep tempat bermain dan belajar. Ada beberapa wahana yang bisa Anda datangi untuk belajar seperti Volcano Coaster, Science Center, Galeri Nusantara, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk wahana bermain, Jatim Park 1 memiliki 56 wahana bermain yang seru dan menarik. Jatim Park 1 buka setiap hari pukul 08.30–16.30. Untuk tarif masuk, Jatim Park 1 menjual tiket seharga Rp 55.000 untuk hari biasa dan Rp 75.000 untuk weekend.

2. Jatim Park 2

Jatim Park 2 yang berdiri di lahan seluas 14 hektar ini berlokasi di Jl. Oro-oro Ombo no.9, Batu. Dengan mengambil konsep wisata alam, Anda dan keluarga bisa berekreasi sekaligus belajar di Batu Secret Zoo dan Museum Satwa. Batu Secret Zoo merupakan kebun binatang yang memiliki konsep modern dengan koleksi hewan yang beraneka ragam mulai dari yang berasal dari Asia hingga Afrika. Pengunjung bisa berinteraksi dari jarak dekat dengan hewan-hewan. Di Museum Satwa Anda bisa menemukan berbagai koleksi hewan yang diawetkan dari berbagai benua, bahkan Anda juga bisa melihat kerangka dinosaurus yang sangat besar di sini. Selain itu di Jatim Park 2 juga terdapat sekitar 50 wahana edukatif dan 21 macam area khusus anak-anak. Untuk tiket masuk Jatim Park 2 Anda hanya perlu membayar Rp 75.000 pada hari Senin-Kamis dan Rp 105.000 Jumat-Minggu.

3. Eco Green Park

Eco Green Park terletak di Jl. Oro-oro Ombo no.9A, tepat di sebelah Jatim Park 2. Eco Green Park menawarkan 35 wahana edukasi. Dengan moto Fun and Study, Eco Green Park memadukan konsep wisata alam, kebudayaan, lingkungan dan seni. Eco Green Park terdiri dari beberapa zona, yaitu: Zona miniatur candi terkenal di seluruh Jawa, insectarium, walking bird, music plaza, jungle adventure, world parrot, Duck Kingdom, Rumah Terbalik, Water Track, Dome multimedia, dan lain-lain. Eco Green Park mulai buka pukul 09.00–17.00. Tarif masuk sebesar Rp 40.000 untuk hari biasa dan Rp 60.000 untuk weekend.

4. Museum Angkut

Museum Angkut berlokasi di Jl. Terusan Sultan Agung Atas no.2, Batu. Didirikan 9 Maret 2014, Museum Angkut menawarkan pengalaman baru dalam membaca sejarah. Anda akan merasakan pengalaman 4D karena koleksi-koleksi yang tersedia dipajang dengan apik dan dilengkapi dengan latar belakang. Museum Angkut menyediakan berbagai koleksi kendaraan, mulai dari yang bermesin sampai yang tidak bermesin yang berasal dari seluruh belahan dunia. Tiket masuk Museum Angkut sebesar Rp 60.000 pada hari biasa dan Rp 80.000 pada akhir pekan.

5. Museum d’Topeng Kingdom

Museum d’Topeng Kingdom berlokasi yang sama dengan Musuem Angkut. Di museum yang dibuka pada 23 Mei 2014 ini, Anda dapat melihat koleksi benda-benda bersejarah kebudayaan bangsa Indonesia sejak dahulu. Museum ini menyimpan lebih dari 2000 topeng kuno dari berbagai penjuru Indonesia. Koleksi topeng tersebut disimpan dalam sebuah lemari kaca besar yang dipisahkan berdasarkan asal daerahnya. Di D’Topeng Kingdom Museum, Pengunjung akan mengetahui benda-benda bersejarah asli kebudayaan bangsa Indonesia. Walaupun mengusung nama d’Topeng Kingdom Museum, bukan hanya topeng-topeng saja yang ada di dalam museum tersebut, namun di dalamnya terdapat berbagai macam peninggalan bersejarah asli bangsa Indonesia. Museum d’Topeng Kingdom ini buka setiap hari pukul 12.00–20.00 WIB. Untuk tiket masuk Anda cukup membayar Rp 25.000 pada hari Senin-Kamis dan Rp 30.000 pada hari Jumat-Minggu.

6. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular berlokasi di Desa Oro-oro Ombo, dekat dengan Jatim Park 2. Di Batu Spectacular Night, terdapat puluhan wahana permainan yang mengasyikkan, seperti gallery hantu, slalom test, sepeda udara, lampion garden, dan trampoline. Ada juga berbagai wahana yang menguji adrenalin, seperti drag race dan mouse coaster. Untuk anak-anak, terdapat Kids Zone yang memiliki 25 wahana. Di Batu Spectacular Night, Anda juga dapat menikmati panggung musik yang menampilkan musik dan kesenian tradisional. Sesuai dengan namanya, Batu Night Spectacular ini merupakan tempat wisata keluarga yang baru beroperasi pada malam hari, Batu Night Spectacular beroperasi mulai pukul 15.00–24.00. Untuk tiket masuk Rp 20.000 pada hari biasa dan Rp 30.000 saat weekend.

Selain menawarkan hiburan dan keindahan alam yang menyegarkan, tempat-tempat wisata di Batu juga dapat menambah wawasan putra putri Anda. Jadi, putra putri Anda bisa bermain sambil belajar. Rencanakan liburan Anda sekeluarga ke Batu, Malang sekarang juga dan bisa beli tiket pesawat di Air Asia Go. Anda juga berhak dapatkan bonus cashback hingga 8% setiap pemesanan tiket melalui Hadiah.ME! Yuk refreshing segar dan mendidik di kota Malang!