Tips Persiapan Untuk Menghadapi Ujian

Halo! Apa yang biasa kamu persiapkan menjelang ujian? Pastinya harus selalu belajar untuk mendapatkan nilai maksimal saat ujian nanti. Belajar saja ternyata tidak cukup, coba tips berikut ini untuk persiapan sebelum ujian.

1. Belajarlah Dengan Efektif 
Jangan biasakan belajar semalaman ketika akan ujian. Belajar dengan cara ini akan membuat kita kesulitan dalam memahami secara menyeluruh materi Ujian dan membuat kita ekstra panik pada saat ujian nanti.

2. Pelajari Kisi-kisi Soal Ujian
Ini adalah salah strategi terampuh untuk menaklukan segala macam ujian. Kita tidak harus menguasai seluruh materi pelajaran yang diujiankan, karena tentunya itu tidak mungkin. Ada begitu banyak rumus, ilmu, dan berbaga hal yang harus dipelajari dan dimengerti. Dengan mempelajari soal-soal sebelumnya dan berlatih secara rutin, lama kelamaan kita akan terbiasa dengan tipe soal tersebut sehingga mempermudah untuk fokus pada materi apa saja yang wajib dikuasai.

3. Catat rumus-rumus penting di catatan khusus. 
Dengan menulis ulang, otak akan melakukan repetisi memori dimana kamu akan menyimpan ingatan tersebut di dalam ingatan jangka panjang.

4. Siapkan Alat Tulis
Jika kamu mudah berkeringat, bawalah tisu atau handuk kecil untuk mengeringkan tangan. Jangan sampai lembar jawaban menjadi lembab, basah atau bahkan robek karena itu akan merugikanmu sendiri.

5. Rileks dan Berdoa Sebelum Mengerjakan Soal 
Optimisme dan pikiran positif akan menunjang konsentrasi dan suasana hati sehingga kita dapat mengerjakan soal dengan percaya diri.

6. Tandai soal-soal sulit dan jawaban yang masih ragu pada lembar soal.
Usahakan untuk mulai mengerjakan soal dari yang menurutmu paling mudah baru kemudian menyelesaikan soal dengan tingkat yang lebih sulit. Cara ini akan memberikan fokus pada diri untuk mengerjakan soal ujian tersebut dengan efisien dan tidak membuang banyak waktu untuk berkutat di satu soal yang sama.

7. Saat sudah selesai, periksa kembali jawabanmu. Terutama pada soal yang sudah ditandai.

Taukah kamu? Melalui program International Pathway dari Sampoerna University, kamu bisa mendapatkan gelar sarjana dari US melalui kuliah di Jakarta.

Nah itulah 7 tips untuk mengerjakan soal ujian. Kamu bisa langsung mempraktekkannya ketika kamu akan menghadapi ujian. Ingat, kerjakan secara jujur dan belajar keras agar mendapat hasil maksimal. Tetap semangat dan selalu positif. You can do this. Good luck!