ToT BekUP 2017 1.0

pengalaman adalah guru terbaik

Itulah kalimat awal yang lebih tepat untuk menggambarkan pengalaman mengikuti ToT BekUP 2017 yang diselenggarakan semalam 3 hari 2 malam di salah satu hotel di Bandung. Pengalaman dalam menggali Ilmu yang saat ini sedang saya geluti yaa UI/UX. Jika teman-teman kuliah jurusan IT Banyak dari teman-teman mengetahui bahwa UI/UX berasal dari mata kuliah IMK (Interaksi Manusia dan Komputer), walaupun tak dipungkiri bahwa UI/UX sendiri tidak hanya berasal dari dunia Digital saja, bahkan UI/UX sendiri sebenarnya sudah ada sejak dahulu kala .

Mengapa desain dari pintu yang didorong dan digeser itu berbeda?
Mengapa tombol pada lift selalu berada di kanan ?
Mengapa dikasir di Indom*rt selalu terdapat makanan-makanan kecil didepannya ?

Itu semua tidak terlepas dari namanya UI/UX dalam dunia sehari-hari kita, Lantas apa perbedaan UI/UX ?

UX is focused on the user’s journey to solve a problem, UI is focused on how a product’s surfaces look and function
- Ken Norton (Partner at Google Ventures)

Menurut mas Ken Norton UX berfokus pada perjalanan pengguna untuk memecahkan masalah, UI berfokus pada bagaimana permukaan dan fungsi produk terlihat.

Yaa balik lagi kepada cerita pengalaman mengikuti ToT BekUP 2017 disini kami dikumpulkan dari berbagai kota yang adara di Indonesia terdapat 16 kota yang memiliki perwakilan untuk mengikuti ToT BekUP.

Lantas kok hanya 16 kota saja ? sebelumnya seperti ini teman-teman BekUP merupakan salah satu event yang dimana bertujuan meningkatkan jumlah StartUp yang ada di Indonesia. Dimana selain terdapat lomba disini juga terdapat pengajaran/pengarahan terkait ilmu yang akan digunakan untuk berkecimpung di dunia StartUp contohnya di BekUP sendiri membaginya menjadi Bisnis, Teknologi, Kreatif.

Terselenggaranya acara BekUP ini didukung juga oleh Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif ) yang mendukung adanya StartUp digital berkerjasama dengan MIKTI. Sebelumnya juga MIKTI bekerjasama dengan Telkom membentuk namanya DILO, yang dimana DILO ini merupakan Working Space untuk interaksi pelaku Kreatif Digital, guna mencari bibit-bibit unggul StartUp yang bisa dikembangkan lagi selanjutnya.

Dan untuk menjaring semua StartUp di Indonesia BekUp ini bekerjasama dengan DILO juga untuk menebarkan semangat StartUp nya ke berbagai 16 kota di Indonesia.

Logo BEKRAF
Logo MIKTI
Logo DILO

Dan ToT BekUP 2017 merupakan agenda awal dimana dari berbagai perwakilan dari setiap kota yang terdiri dari 16 kota di Indonesia dikumpulkan untuk mengadakan acara ToT (Training of Trainer) untuk pembekalan/penyamaan Visi dan Misi Tutor dalam terselenggaranya acara BekUP 2017 nanti.

Tutor BekUP yang mengikuti ToT di Bandung

Pada tahun ini pembagian Tutor dibagi menjadi 4 track yaitu Bisnis, Kreatif, Android. dan Backend.

Dan saya mendapatkan kesempatan untuk menjadi tutor di track Kreatif mewakili DILO Depok. makasih dendy 😝. Sebenernya untuk Depok sendiri ada Bio juga yang di track yang sama tapi entah dari pusat Bio dipindahkan ke Bekasi. Dari Depok juga ada jefri yang ambil track Android dan Pak Fauzi yang ambil Track Bisnis.

Tutor Kreatif BekUP 2017

Intinya disini saya banyak menemukan teman-teman yang menggeluti bidang yg sama yaitu UI/UX yang dimana di Indonesia sendiri masih jarang atau sulit belajar mengenai UI/UX jikapun ada mungkin tingkat professional, yang untuk mengikutinya 1 hari saja memerlukan biaya 1.5- 3 juta.

Proses ini bukan akhir tapi awal kami untuk menebarkan kebermanfaatan ke peserta BekUP 2017 yang Insya Allah dilakukan selama 4 bulan untuk 16 kota di masing-masing DILO.

Apa saja ilmu yang saya dapatkan di ToT BekUP ini nanti yaa next eps 😄.