Penyebab Timbulnya Jerawat

Sebab timbulnya jerawat pada wajah sangat urgen untuk diketahui sebagai bentuk kewaspadaan kita dalam melakukan proteksi terhadap jerawat. Jerawat atau dalam nama lainnya adalah acne vulgaris yang merupakan masalah lama kulit wajah (termasuk hidung, dahi dan pipi) meskipun kadang dapat dijumpai di leher dan bahu dada. Jerawat merupakan masalah yang dialami bagi remaja hingga orang tua yang dirasa sangat mengganggu dan mengurangi rasa percaya diri.

Bagi sebagian besar remaja penyebab muncul jerawat menjadi salah satu problem besar yang harus tahu jawabannya. Dengan mempelajari sebab-sebab munculnya jerawat kita dapat memproteksi diri dan melakukan pencegahan sehingga dapat menghindarinya atau paling tidak dapat melakukan penanganan dengan benar. Nah, apa saja kira-kira penyebab jerawat tersebut?

Berikut akan diulas berbagai sebab yang mengakibatkan tumbuhnya jerawat di wajah Anda.

Faktor Penyebab Munculnya Jerawat

1. Adanya Minyak Berlebih pada Wajah

Jerawat tidak selamanya muncul karena kita minim memperhatikan kebersihan wajah, akan tetapi juga dapat disebabkan penyebab internal atau dari dalam tubuh. Jerawat terjadi karena kondisi kulit abnormal yang diakibatkan pengaruh dari banyaknya mengeluarkan kelenjar minyak (Sebaceus Gland) sehingga menyebabkan terjadinya penyumbatan pada saluran folikel pori-pori dan rambut di kulit. Sebab terjadinya jerawat yang paling umum adalah banyaknya minyak, hormon, atau bisa juga sabun yang berkolaborasi dengan kuman pada kulit wajah.

2. Bakteri

Kuman merupakan salah satu penyebab jerawat yang paling sering. Bakteri yang dikenal p. acne normalnya ada pada kulit dan condong untuk selalu berkembang biak dalam kelenjar sebaceos yang terkena penyumbatan sehingga mengakibatkan gangguan di daerah sekelilingnya. Kelenjar ini dapat pecah saat kondisi pembengkakan membesar yang mengakibatkan peradangan pada kulit di sekelilingnya dan membuat rasa sakit pada wajah. Inilah satu dari sebab munculnya jerawat batu yaitu tipe jerawat yang membesar dan terasa sakit. Kemudian saat pulih bisa membuat lubang-lubang seperti bekas luka cacar.

3. Sel-Sel Kulit Mati

Pada umumnya jerawat terjadi karena semakin banyaknya produksi hormon androgen yang menimbulkan kelebihan kelenjar minyak. Oleh karena itu jerawat mulai muncul karena bakteri bercampur dengan sel-sel kulit mati. Penyumbatan yang terbentuk oleh sel-sel kulit mati tersebut bercampur juga dengan sabun sehingga campuran tersebut menguat yang kemudian menimbulkan bintik hitam atau putih di wajah. Jerawat biasanya memang menyerang wajah, tetapi jerawat juga bisa menjangkit daerah tubuh lainnya seperti punggung, dada, lengan atas, bahkan kulit kepala.

Nah, setelah mengetahui penyebab jerawat, Anda bisa mencegahnya dengan obat jerawat agar tidak terjadi pada Anda. Namun kalau sudah melakukan upaya preventif dan jerawat masih hinggap di wajah Anda, sebaiknya Anda segera mencari obat jerawat yang manjur, agar wajah Anda kembali mulus tanpa jerawat.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.