Santai Saja
Mar 13, 2016 · 3 min read

Yuk Pelajari Tata Cara Shalat Dhuha

Bagi anda yang ingin mengamalkan shalat dhuha secara kontinyu, kita belajar bersama-sama tata cara melaksanakan shalat dhuha. Agar nantinya ibadah yang kita lakukan benar dan sesuai dengan petunjuk Nabi Muhammad SAW.

  1. Niat
    Niat ini sangat penting, karena semua ibadah harus diawali dengan niat. Niat juga yang membedakan kita ingin melakukan ibadah atau hanya mengerjakan kegiatan rutin.
    Niat tidak selalu harus dilafalkan. Ada sebagian pendapat yang mengharuskan melafalkan niat, dalam hal ini shalat dhuha. Tapi ada pendapat kedua yang tidak mengaruskan melafalkan niat, karena niat memang sejatinya dari dalam hati.
    Anda bebas mau memilih pendapat yang mana, yang jelas keduanya mempunyai sumber yang jelas dan dipraktekkan oleh ulama.

2. Takbiratul Ikrom
Takbir ini awal kita melaksanakan shalat dhuha. prakteknya sama seperti kita mau takbiratul ikrom dalam shalat wajib.

3. Membaca surah Al-Fatihah
Rukun shalat selanjutnya membaca surat Al Fatihah. Karena kita mau melaksanakan shalat dhuha maka bacaan surat Al-Fatihah tidak dibaca keras, sama seperti kita melaksanakan shalat dzuhur atau asar.

3. Membaca surah Asy-Syamsu (QS:91) pada rakaat pertama, atau jika tidak hafal surat Asy-Syamsu boleh membaca surat AL-Kafirun (QS:109).

4. Membaca surah Adh-Dhuha (QS:93) pada rakaat kedua, atau cukup dengan membaca surat Al-Ikhlas (QS:112) jika tidak hafal surah Adh-Dhuha.

5. Selanjutkan lakukan Rukuk, iktidal, sujud, duduk dua sujud, tasyahud dan salam seperti melaksanakan shalat pada umumnya.

6. Setelah kita melakukan salam pelaksanaan shalat dhuha sudah selesai. Akan tetapi akan lebih baik lagi jika kita menyempatkan berdoa setelah shalat. Kita bisa berdoa dengan bahasa arab, atau kalau belum hafal doa yang berbahasa arab boleh menggunakan bahasa Indonesia.

Shalat dhuha dikerjakan dengan 2 rakaat, maksudnya setiap melaksanakan shalat 2 rakaat diakhiri dengan salam.

Perlu diingat bahwa membaca surat-surat yang disebutkan di atas hukumnya sunah, jadi kalau kita ingin membaca surat yang lain tidak mengapa.

Kita tidak dibatasi membaca surat yang manapun yang kita sukai atau kita hafal, karena semua Al-Qur’an adalah kebaikan.

Doa sesudah sholat dhuha pun tidak dibatasi, kita boleh berdoa apa saja asalkan bukan doa untuk keburukan. Dan Juga usahakan untuk menghafal Doa Sesudah Sholat Dhuha yang sudah terkenal ini . karena doa ini dapat mendatangkan rejeki dari segala penjuru. Insya Allah.

berikut ini doanya.

اَللّهُمَّ اِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَائُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَاءِ فَاَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَاَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسِّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ اَتِنِى مَااَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Untuk mempermudah pembelajaran bagi yang belum menguasai baca Al quran, berikut ini kami sertakan bacaan doa setelah sholat dhuha dalam bahasa indonesia:

Allaahumma innadh dhuhaa-a dhuhaa-uka, wal bahaa-a bahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ‘ishmata ‘ishmatuka. Allaahuma inkaana rizqii fis samma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’assaran fayassirhu, wainkaana haraaman fathahhirhu, wa inkaana ba’iidan fa qarribhu, bihaqqi duhaa-ika wa bahaa-ika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa ataita ‘ibaadakash shaalihiin.

Terjemahan doa tersebut adalah:

“Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi, maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang saleh.”

Selamat mengamalkannya sahabat.
Demikian tata cara shalat dhuha yang bisa saya share. Semoga kita dapat mengambil pengetahuan yang bermanfaat dan bernilai ibadah. Aamin.

Wassalam

    Santai Saja

    Written by

    Rehat sejenak dari semua aktivitas | http://santaisaja.net