5 Jenis Tinta DIGITAL PRINTING Beserta Fungsinya

Tinta, komponen penting dalam dunia digital printing yang tidak bisa ditinggalkan. Apalah jadinya mesin digital printing dapat berjalan optimal tanpa adanya tinta yang mendukung jalannya kinerja mesin tersebut. Mengingat hal itu, penting bagi anda mengetahui ragam jenis tinta guna membantu untuk menentukan tinta mana yang sesuai dengan kebutuhan cetak pada usaha yang anda jalani. Berikut akan kami jelaskan diartikel ini :

Berikut 5 Jenis Tinta Untuk Mesin Digital Printing ?

Tinta Printer Pigment (Durabrite) Tinta Printer Dye Base Tinta Sublimation Ink Tinta Textile DTG

Tinta Solvent dan Eco Solvent

Lantas, bagaimana dengan Penjelasan dari masing-masing Jenis Tinta diatas?

  1. Tinta Printer Pigment (Durabrite)
     
    Tinta dengan kualitas tinggi yang mampu mencetak dokumen dalam bentuk tulisan atau gambar dengan hasil yang sangat tajam, pekat, dan tahan air di semua jenis kertas seperti HVS, Injet paper ataupun Photo paper. Gunakan tinta ini dengan tepat, apabila terlalu lama membiarkan tinta pigment tidak terpakai, maka head tinta cartidge dapat tersumbat.
     Jenis-jenis tinta printer pigment (Durabrite):
     ⊕ Tinta Printer Pigment Art Paper Ink
     
    merupakan jenis tinta yang cocok untuk digunakan di percetakan skala kecil ataupun besar dengan menggunakan kertas art paper ivory dengan quantity kecil untuk gambar full color.
     ⊕ Tinta Printer Pigment Art Paper Korea
     
    Tinta anti pudar dan luntur walau terkena sinar matahari secara langsung dalam jangka waktu yang lama. Tinta ini cocok digunakan untuk usaha Photo yang membutuhkan kualitas bagus serta tahan lama walau diletakkan di lokasi outdoor / Indoor. Selain itu, biasanya dapat diaplikasikan pada jenis kertas art paper, photo paper, sticker photo paper, kertas PVS dll. Dan hasil cetak menggunakan art paper korea lebih halus dan tajam.
     ⊕ Tinta Printer Pigment Art Paper China
     
    Tinta ini sama persis dengan tinta pigment Art paper China, hanya saja yang membedakan hasil cetaknya. Untuk hasil cetak Art Paper China lebih natural warna tidak pudar walaupun terkena sinar matahari dan bisa tahan lama.
  1. Tinta Printer Dye Base
     
    Tinta yang terbuat dari bahan air dan colourant, sehingga kemungkinan mengendap atau buntu pada ‘Printhead Cartridge’ semakin kecil. Tinta Dye Base biasa digunakan untuk kertas HVS, Glossy paper, Inkjet paper, canvas, PVC ID Card dan lain sebagainya. Namun tinta ini tidak bisa digunakan untuk cetak Art paper ( kertas brosur dan kalender). Tinta ini juga mudah luntur dan warnanya gampang pudar jika terpapar panas / cahaya matahari dan juga waktu pengeringan tinta pada media cetak lebih lama.
  1. Tinta Sublimation Ink
     
    Tinta printer yang sering digunakan untuk printer infus, atau bisa disebut dengan tinta yang umum digunakan untuk mencetak bahan sablonan seperti (kaos, pin, mug, topi) karena tinta sublim ini lebih tahan terhadap air dan degradasi warna yang lebih kuat. Tinta ini juga lebih ekonomis dan efisien serta hasil sablon bisa distrika secara langsung. Dengan metode transfer yang digunakan adalah cetak ke kertas HVS atau inkjet paper lalu di heat press ke (kaos, pin, mug, topi). Namun disini yang menjadi kekurangan adalah resiko Printhead tersumbat lebih besar
  1. Tinta Textile DTG
     
    Tinta yang khusus digunakan untuk printer DTG. Tinta textile DTG sangat ramah pada Head Printer DTG, terutama pada Head Tipe Micro Piezzo (Jenis Head Epson Atau Brother). Dan untuk hasil cetakan tergolong tajam, cerah, halus dan tahan luntur. Tinta ini juga dapat mencetak pada semua jenis kain garment seperti (kaos, jaket, baju, kain polyester, kain cotton combed dll).
     Jenis-jenis tinta Textile DTG :
     ⊕ Tinta Duppont P5910
     
    Hasil cetak paling putih dikelas tinta DTG white dibanding dengan merk-merk lain. Textile ink paling terpercaya bagi para pengguna printer DTG
      Tinta DTG Jerman
     
    Hasil print lebih tajam, lebih tahan lama, dan tidak luntur sekalipun di cuci berkali-kali. Biasanya di padu dengan treatment light (kaos putih) dan treatment dark (kaos gelap).
  1. Tinta Solvent dan Eco Solvent
     Tinta Solvent
    adalah Tinta printer yang sangat baik kualitasnya karena bisa tahan air dan sinar matahari lebih lama dibandingkan dengan tinta lainnya. Namun disini yang menjadi kekurangan adalah tinta solvent memiliki bau yang menyengat. Tinta solvent banyak digunakan untuk mencetak banner, spanduk, billboard, neonbox, dan outdoor printing lainnya karena hasil cetaknya lebih awet terhadap air dan UV.
     
     Tinta Eco Solvent
    adalah tinta yang tidak memiliki bau yang tidak menyengat dibandingkan dengan tinta Solvent. Untuk karakteristik dari tinta Eco solvent sendiri tidak jauh beda dengan tinta Solvent. Namun disini, mengingat tinta ini kurang tahan dengan UV, maka tinta Eco Solvent banyak digunakan untuk indoor printing saja.

Baik, Demikian penjelasan tentang 5 jenis tinta beserta fungsingnya, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. Terimakasih..!

UNTUK INFORMASI HARGA tinta printer dtg atau tinta uv HUBUNGI KAMI BENGKEL PRINT DI
 081335093314 | 087851691057 | 085851500020

read more http://bengkelprint.com/5-jenis-tinta-digital-printing-beserta-fungsinya/

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Saskia Jihan 17’s story.