Dewasa ini banyak pengusaha baru yang terjun pada bidang clothing salah satunya yaitu Sablon Kaos. Dikarenakan memiliki keuntungan yang menjanjikan, dan kaos merupakan kebutuhan sekunder yang setiap orang juga pasti membutuhkan. Target pemasaran untuk pengusaha kaos diantaranya seperti kalangan anak kecil, remaja hingga orang tua dan yang paling sering yaitu di Grup atau komunitas-komunitas (Touring, Traveler, Pecinta Alam, Study Tour dll).

Untuk dapat mencetak kaos dengan hasil yang sempurna, menggunakan teknik sublimasi sangat di sarankan. Sablon kaos dengan metode sublimasi merupakan teknik sablon sebagai pengganti sablon kaos manual di bidang percetakan tekstil dan produk garment. Untuk menciptakan hasil sublimasi yang maximal, lebih baik menggunakan sublim papper (kertas sublim), tinta sublim dan untuk bahan kaos disarankan menggunakan polyester. Untuk menggunakan metode sublimasi, tidak disarankan menggunakan bahan kaos cotton 100%. Karena hasil dari cetakan tidak akan sempurna. Dan perlu diketahui bahwa sublim hanya bisa di atas bahan berwarna putih atau bahan dasar light colour.

Keunggulan menggunakan metode sublimasi, gambar yang terletak pada kaos akan nampak nyata dan bisa full colour. Hasil gambarnya pun tidak pecah-pecah. Sehingga terlihat lebih detail pada tekstil.

Keunggulan dengan menggunakan metode Sublimasi adalah sebagai berikut :

  1. Peralatan dan biaya produksi tidak mahal dan mudah di cari
  2. Kemampuan untuk mencetak pada hampir semua permukaan, dengan lapisan khusus untuk sublimasi
  3. Kemampuan untuk mencetak kecil (1 pc.) Dan cetak besar berjalan, tanpa meningkatkan biaya produk
  4. Gambar yang dihasilkan sangat full colour dengan pendukung bahan lainnya seperti kaos polyester dengan tinta sublim dan transfer papper khusus (kertas sublimasi). Maka hasil gambar akan sempurna. Hal ini sulit di cari pada mesin lainnya
  5. Gambar menyatu dengan kaos yang menyediakan daya tahan gambar yang dicetak untuk mencuci, efek UV lingkungan.
  6. Hasil yang diterima akan terasa nyaman bila dipakai. Dengan desain yang keren sehingga akan tampil lebih PD

Berikut peralatan yg dibutuhkan dalam sablon kaos sublimasi :

  1. Sediakan Printer inkjet merk Epson yang dimodifikasi dengan tinta sublimation (inkjet printer desktop merk lainnya seperti Canon, HP, Lexmarks, Brother, Xerox lain-lainnya tidak dapat dipakai karena menggunakan thermal printhead).
  2. Pakai kertas sublimation transfer untuk hasil terbaik (anda bisa membandingkan hasilnya jika menggunakan kertas biasa atau inkjet paper).
  3. Sediakan sebuah mesin hot press kaos listrik. Jika anda menggunakannya dirumah, pilihlah mesin press yg daya nya tidak melebihi daya listrik di rumah anda.
  4. Sediakan Baju/kaos dengan bahan yang tidak murni cotton, tetapi mengandung polyster (semakin besar polyster nya sebagai bagus), dan warna putih atau warna muda.

Berikut Cara Melakukan Metode Sublimasi :

  1. Cetak artwork atau desain secara mirror ke atas kertas transfer.
  2. Letakan cetakan kertas transfer dengan sisi tinta sublimasi menyentuh pada sisi kaos dan taruh pada mesin hot press kaos.
  3. Press sablon kaos tersebut dengan temperature dan waktu yang sudah ditentukan (temperature dan waktu tergantung dengan ketebalan bahan kaos, tetapi kisaran waktu biasanya hanya beberapa menit saja.
  4. Lepas kertas tersebut dari bahan kaos, dan gambar atau tinta sublimasi akan pindah atau menyatu dengan kaos, dan proses sablon kaos dengan metode sublimasi selesai.

Dengan adanya sebuah printer berkualitas tinggi yang dilengkapi dengan tinta sublimasi adalah penting, bahkan itu merupakan syarat utama untuk mendapatkan hasil output yang sempurna. Setelah dari metode sublimasi, kita akan beralih ke Mesin Print kaos. Salah satu mesin print kaos murah berkualitas adalah Printer DTG.

Printer DTG atau yang biasa di sebut dengan Printer Direct to Garment, merupakan mesin yang digunakan untuk sablon dengan menggunakan metode terbaru yang sangat instan. Cocok digunakan untuk cetak kaos satuan. Printer DTG didesain kokoh serta menggunakan tinta khusus tekstil untuk proses sablon kaos. Printer DTG merupakan printer sablon dengan inovasi terbaru yang mudah di gunakan tanpa memerlukan keahlian khusus.

Keunggulan cetak kaos dengan Printer DTG :

  1. Menggunakan Printer DTG sangat Instan
     Menggunakan printer DTG bisa di bilang instan karena sangat efektif dan efisien. Proses pengerjaan yang cepat, sehingga tidak memakan banyak waktu karena printer secara otomatis akan printing langsung ke media kaos.
  2. Warna tinta pada gambar lebih tajam
     Warna tinta yang tampil pada gambar sangat tajam. Tinta yang digunakan adalah tinta khusus tekstil (garment) yang memiliki kualitas USA untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Gambar yang tercetak pada sablon kaos dapat menyerap ke pori — pori terkecil sekali pun.
  3. Tidak memerlukan keahlian khusus
     Memang benar. Menggunakan printer DTG tidak memerlukan keahlian khusus. Karena petunjuk penggunaannya yang mudah dan bisa dijalankan oleh berbagai kalangan seperti anak remaja hingga orang tua. Karena proses cetak mirip dengan printer kertas biasa, tetapi jika memiliki keahlian dibidan desain grafis itu juga akan lebih baik.
  4. Kemungkinan terjadi kesalahan saat cetak sangat rendah
     Dalam menggunakan printer DTG resiko saat sablon kaos tidak besar. Printer DTG aman digunakan. Kenapa demikian?? Karena proses sablon kaos sudah menggunakan sistem komputerisasi atau digital printing. Namun terjadinya kesalahan ini hanyalah kemungkinan kecil saja.
  5. Printer DTG awet dan tahan lama
     Printer DTG memang bisa di bilang awet karena di desain dengan kokoh menggunakan bahan Aluclat, PVC dan Akrilik dan pastinya memiliki kualitas tinggi.
  6. Hasil Sablon Memuaskan
     Hasil sablon printer DTG lebih lembut dan tipis, tidak kasar dan tebal seperti hasil screen printing jadi nyaman digunakan.
  7. Dapat menyablon gambar yang pixelnya lebih rapat seperti foto
     Gambar yang memiliki warna yang tajam hingga masuk ke pori-pori kecil sekalipun membuktikan bahwa gambar hasil sablon kaos mirip dengan desain aslinya.

Dibawah ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mesin printer sablon kaos DTG :

  • Design dan bahan body, apakah design ala kadarnya?? Atau dibuat sebagus mungkin?? Ini menentukan apakah pembuat printer serius atau tidak..Bahan body kayu, plat dan stainless atau aluminium, hal ini berhubungan dengan harga dan daya tahan serta kualitas hasil print.
  • Ingat bahwa design dan bahan bukan semata mata berhubungan dengn kualitas tetapi juga berhubungan dengan keseriusan vendor dalam merancang dan merakit.
  • Dukungan dan Pelatihan, apakah anda akan mendapatkan dukungan setelah membeli, apakah produsen masih akan mengangkat telpon anda, membalas sms anda jika kemudian hari menghadapi masalah.
  • Hasil print atau hasil sablon, seberapa bagus hasilnya, buram atau detail. Seberapa awet hasil sablonnya terdapat cucian dan pemakaian?
  • Produsen atau penjual yang baik tidak akan menolak melakukan demo produk langsung kepada anda dan memberikan kepada anda hasil demo untuk diuji sebelum mengambil keputusan untuk membeli.

Untuk Cara Proses Cetak Sablon Kaos Menggunakan Printer DTG DISINI

Banyak vendor — vendor yang menggunakan Printer DTG karena memiliki tekhnologi yang tinggi. Dengan metode yang langsung di print permanen ke kain atau kaos, maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan rusak, lebih halus dan tentunya lebih awet, karena tinta yang digunakan juga menggunakan tinta khusus tekstil.

Dengan menggunakan printer DTG, kita dapat mencetak kaos satuan atau masal yang dapat dikerjakan dengan instant. Harga untuk printer sendiri sangat terjangkau. Mesin print kaos murah berkualitas salah satunya adalah Printer DTG A3 BPjet. Untuk printer DTG lokal memang lebih murah dari printer DTG import namun kualitas hasil cetaknya tidak kalah dengan hasil cetak printer dtg import. Semoga Bermanfaat…..!!!

read more http://bengkelprint.co.id/blog/mesin-print-kaos-murah-berkualitas/

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Saskia Jihan 17’s story.