Manfaat Sayuran Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mengkonsumsi lebih banyak sayuran segar adalah salah satu pilihan paling sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Diet kaya nabati dapat membantu melindungi Anda dari radang sendi, penyakit jantung, stroke, demensia, kanker, dan bahkan dapat membantu memperlambat proses penuaan tubuh Anda.

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi tujuh atau lebih porsi sayuran dan buah sehari memiliki risiko kematian 42 persen lebih rendah dari penyebab apapun, dibandingkan dengan mereka yang makan kurang dari satu porsi — dan sayuran memiliki dampak terbesar.1

Tapi sayuran juga bisa menguntungkan Anda dengan beberapa cara yang mengejutkan. Tahukah Anda bahwa sayuran tertentu dapat membantu mengurangi kembung, dan yang lainnya bisa memberi kulit Anda bercahaya yang lebih awet muda? Mereka bahkan dapat memperbaiki bagaimana Anda menangani stres — dan menyesuaikan diri dengan stres sangat penting bagi kesehatan mental dan fisik Anda.2

alihamdan

Bisakah Sayuran Menjadi Makanan Kenyamanan yang Sejuk?

Bergerak di atas mac-dan-keju … sayuran adalah makanan kenyamanan REAL, dengan nutrisi yang benar-benar memperbaiki ketahanan Anda terhadap stres. Makan sayuran membantu mengisi magnesium dan vitamin C Anda, yang bisa habis stres.

Sayuran juga memberi Anda lemak omega-3 dan vitamin B, terbukti membantu mengurangi kecemasan dan depresi. Vitamin K dalam sayuran membantu mengurangi peradangan di tubuh Anda, yang dapat memperburuk stres

Sayuran berdaun hijau, seperti kangkung, bayam, dan chard Swiss, sarat dengan magnesium, yang membantu menyeimbangkan kortisol Anda, salah satu “hormon stres Anda”. Magnesium dan potasium mengendurkan pembuluh darah, membantu menjaga tekanan darah rendah

Magnesium juga berperan penting dalam penyerapan kalsium, membantu Anda menjaga fungsi otot dan saraf yang baik dan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Tingkat magnesium rendah telah dikaitkan dengan gangguan kecemasan dan migrain, yang keduanya biasanya diperparah oleh stres.5

Alpukat adalah salah satu makanan dengan penghilang stres terbaik yang dapat Anda makan, penuh dengan potasium, glutathione, lemak sehat, dan lebih banyak folat daripada buah lainnya. Folat sangat penting bagi otak Anda. Asparagus juga kaya akan folat.

Penyebab Gas dan Kembung

Kembung dan gas biasanya terkait dengan apa dan bagaimana Anda makan. Sayuran dapat membantu mengurangi kembung-tapi jika usus Anda tidak sehat, sayuran bisa membengkak menjadi lebih buruk.

Penyebab utama kembung adalah gas di perut Anda, setengahnya hanya menelan udara.6 Anda dapat mengurangi udara yang tertelan dengan menahan diri dari kebiasaan seperti minum melalui sedotan, permen karet, atau minum minuman berkarbonasi.

Gas perut yang tersisa diproduksi oleh bakteri di usus yang membantu mencerna makanan Anda. Jika makanan tidak bergerak cukup cepat melalui saluran pencernaan Anda, gas bisa terbentuk di usus Anda, sehingga perasaan kembung tidak nyaman.

Makanan yang cenderung membengkak menjadi lebih buruk adalah pemanis seperti sorbitol dan fruktosa, biji-bijian, kacang polong, produk susu (jika Anda mengalami kesulitan mencerna laktosa), dan beberapa buah dan sayuran seperti kubis, kembang kol, kubis Brussel, dan plum.

Makanan ini mengandung gula dan pati yang beberapa orang sulit dicerna. Terlalu banyak makan, makan terlalu cepat, dan tidak mengunyah makanan Anda secara memadai juga berkontribusi membengkak.

Serat Mungkin Menjadi Teman atau Musuh, Bergantung pada Gut Anda

Anda mungkin pernah mendengar bahwa serat penting untuk kesehatan yang baik, namun penting untuk disadari bahwa mengonsumsi makanan berserat tinggi dengan lapisan usus yang rusak dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Jika makanan berserat tinggi membuat Anda merasa kembung, maka hal itu bisa mengindikasikan bahwa saluran pencernaan Anda sangat membutuhkan penyembuhan.Sistem pencernaan Anda tidak dirancang untuk memecah serat. Ini sebenarnya karena tubuh Anda tidak bisa mencerna serat sehingga memainkan peranan penting dalam pencernaan.

Serat larut, seperti yang ditemukan dalam mentimun, blueberry, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan, larut menjadi tekstur seperti gel, membantu memperlambat pencernaan Anda. Ini membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama dan merupakan salah satu alasan mengapa serat dapat membantu mengendalikan berat badan.

Serat tak larut, yang ditemukan dalam makanan seperti sayuran berdaun hijau gelap, kacang hijau, seledri, dan wortel, tidak larut sama sekali dan membantu menambah jumlah besar pada tinja Anda.

Ini membantu makanan untuk bergerak melalui saluran pencernaan Anda lebih cepat untuk menghilangkannya dengan baik. Banyak makanan utuh, terutama buah dan sayuran, secara alami mengandung serat larut dan tidak larut.

Jika flora usus Anda sehat, yaitu didominasi oleh spesies probiotik yang menguntungkan, maka mikroba ini akan memberi makan serat yang belum tercerna di usus Anda, sehingga bisa berkembang dan berkembang biak.

Serat Membantu Memelihara Usus Anda

Banyak dari serat makanan ini dicerna oleh bakteri menguntungkan di kolon distal Anda dan mereka menghasilkan asam lemak rantai pendek, seperti asam butirat, yang sangat bergizi bagi sel-sel usus Anda. Ini menciptakan simbiosis yang sangat sehat

Namun, jika usus Anda penuh dengan organisme patogen (disbiosis), serat justru akan membuat gejala Anda memburuk, karena ini adalah promotor pertumbuhan non-spesifik untuk bakteri usus yang tidak membedakan antara mikroorganisme patogen dan bermanfaat. Salah satu cara terbaik untuk memulihkan kesehatan usus Anda adalah dengan mengkonsumsi sayuran alami yang difermentasi secara teratur, yang akan segera saya diskusikan.

Diet rendah serat sementara residu rendah juga bisa sangat membantu, seperti diet GAPS (Gut and Physiology Syndrome). Bagian dari program GAPS adalah menghilangkan serat karena mengandung mikroba.

Sebagian besar orang sehat membutuhkan serat 32 gram lebih banyak per hari, namun sebagian besar orang Amerika kekurangan jumlah ini. Sebagian besar serat Anda harus berasal dari sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Sekam dan biji rami psyllium juga bermanfaat. Juga minum banyak air segar dan murni setiap hari, karena ini juga penting untuk saluran pencernaan yang sehat.

Sayuran Bisa Mengurangi Kembung-Tapi Meningkatkannya Secara bertahap

Begitu saluran pencernaan Anda bekerja dengan optimal, serat dalam sayuran akan membantu membuang limbah dan iritasi lambung, sehingga meminimalkan kembung dengan menjaga agar tetap bergerak. Saat mengubah diet Anda, lakukan secara bertahap, karena tiba-tiba makan banyak sayuran, atau secara radikal meningkatkan serat makanan Anda saat Anda tidak terbiasa melakukannya, bisa menjadi kejutan bagi sistem Anda.

Lingkungan mikroba di usus Anda terbiasa dengan kondisi tertentu, dan mengubahnya dengan tiba-tiba dapat menyebabkan gangguan gaster, kembung, dan gejala GI lainnya. Kapan pun membuat perubahan pada diet Anda-bahkan yang menguntungkan-jaga diri untuk menyesuaikan diri dari waktu ke waktu. Jika Anda mengenalkan makanan baru dan mengalami masalah, mundur sedikit dan lihat apakah ini membantu.

Menurut Dr. Wayne Pickering, penggabungan makanan yang tidak tepat merupakan faktor utama di balik gas dan kembung, serta mulas dan sakit perut. Jika makanan yang Anda makan tidak mencerna dengan benar, tidak hanya gejala ini bisa timbul, namun tubuh Anda juga akan kehilangan nutrisi penting.

Dua aturan utama penggabungan makanan adalah: 1) Tidak ada protein dan tepung pada makanan yang sama, dan 2) Tidak ada buah dan sayuran pada makanan yang sama.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.