Tips Menyewa Mobil, dan Hal yang Perlu Diperhatikan

TIPS Menyewa mobil ini menyajikan apa keuntungan menyewa mobil, apa saja yang harus disiapkan saat mau menyewa mobil dan Tips Memilih Jasa Penyewaan Truk Terpercaya di Indonesia apa saja yang perlu di cek/ diperhatikan saat menyewa kendaraan di rental (mobil).

Yang dibutuhkan
Satu syarat yang harus dipenuhi ketika mau menyewa mobil: Cara Memilih Rental dan Sewa Mobil harus ada salah satu anggota keluarga/ teman yang bisa menyetir/ mengemudikan mobil dengan baik dan memiliki SIM, jalur keluar kota seperti pergi ke bandung/ bogor atau Bali sering ada razia (terutama di jalur antar kota, sebelum masuk kota).

Keuntungan Menyewa Mobil
Berlibur/ berpergian dengan menyewa mobil sebenarnya memberikan banyak keuntungan daripada memakai kendaraan umum (bis/ kereta/ dll) terutama jika membawa banyak orang dan jarak yang jauh/ banyak tujuan. 3 alasan mengapa lebi menguntungkan: karena lebih nyaman (pilih mobil yang cukup nyaman), lebih fleksibel (kemana-mana sesuka hati) dan lebih privat (tidak ada orang lain selain kita dalam mobil yang mengganggu).

Tips Menyewa Mobil
Nah jika sudah memutuskan untuk menyewa mobil, maka ada hal-hal yang perlu diperhatikan demi keselamatan dan kenyamanan saat berkendara, apa sajakah? berikut adalah:

1. Hiburan
Ini yang banyak disepelekan, kadang kita tidak menyiapkan dengan baik fitur hiburan yang ada di mobil misalnya untuk mendengarkan musik atau melihat film pada layar monitor, cek apakah mobil memiliki fitur entertaiment (hiburan) yang standart atau lebih bagus jika lebih. Jangan menyewa mobil misalnya fitur musiknya mati, karena ini akan sangat membosankan bagi kita saat diperjalanan, pastikan sistem entertaiment mobil juga berjalanan dengan normal (tidak dibawah normal misalnya sering mati)

2. Ban/ Roda
Saat menyewa mobil cek apakah ban dalam kondisi baik karena ban ini yang bersentuhan dengan aspal/ dunia luar otomatis menjadi pilihan keselamatan awal bagi kita, pilihlah mobil dengan ban yang cukup baik/ sangat baik. Ban yang baik adalah memiliki ketebalan tapak ban yang cukup (tidak menyentuh segitiga TWI) sehingga tidak mudah bocor/ meletus, kembang/ corak masih bagus (belum habis) sehingga tidak licin di jalan. Kondisi ban juga bisa melihat bagaimana sistem handling/ keseimbangan mobil, ban yang ketebalan tapaknya merata bisa dikatakan memiliki keseimbangan dan handling yang bagus, jangan memilih ban yang botak di salah satu sisi atau salah satu ban karena bisa dipastikan mobil tidak seimbang/ sulit dalam handling nantinya

3. Mesin
Mesin juga perlu dicek meskipun sekedarnya, karena pada dasarnya biasanya pemilik rental mobil selalu merawat mesin mobil. Cara cek mesin mobil rental cukup dengan membuka kap mobil dan nyalakan lalu dengarkan suaranya/ getarannya, mesin yang baik biasanya suaranya terdengar halus dan stabil, getarannya juga minim serta tidak ada suara-suara lain yang mencurigakan (gemertak)

4. Lampu-lampu mobil
Ini sangat penting lampu sebagai alat penerangan dan komunikasi terutama saat kondisi ekstrim seperti jalan berkabut atau malam hari, cek keseluruhan lampu mulai dari lampu depan (lampu utama), lampu kabut (foglamp), lampu sein (lampu tanda belok), lampu rem (lampu belakang), lampu dalam mobil, lampu tanda darurat, dll. Pastikan semua menyala, jangan sampai tidak dicek eh ternyata di jalan lampu utama mati atau lampu sein tidak nyala maka kerepotan sendiri kita

5. Cairan mobil
Cairan mobil ini macam-macam mulai air radiator, air aki, minyak rem, cairan wiper, oli mesin, oli transmisi, dll. Nah pada prinsipnya penyewa mobil berhak untuk mendapatkan cairan dalam batas aman baik secara kuantitas (jumlah cairan) maupun secara kualitas (kualitas/ mutu cairan).

6. Test Drive
Tanyakan apakah boleh test drive, jika boleh maka manfaatkan untuk memeriksa kondisi saat jalan (handling, gas, rem). Biasanya pihak rental memberi kesempatan test drive di lingkup rental.

7. Sistem AC
AC atau pengatur udara ini juga memegang peranan penting untuk kenyamanan kita saat berkendara/ berlibur, selain bisa membuat udara bersih dalam mobil AC juga bermanfaat ketika cuaca panas dan kondisi macet. Pastikan AC menyala dengan baik

8. Wiper
Cek wiper menyala ayau tidak karena wiper ini cukup besar manfaatnya untuk menyeka air hujan/ debu/kotoran hewan/ daun yang tiba-tiba menempel pada kaca. Pastikan wiper depan dan belakang menyala

9. Perlengkapan/ Peralatan Service Mobil
Peralatan ini antara lain Tool Kit, kotak P3K lengkap dengan obat-obatan standar seperti minyak kayu putih-antimo-perban-dll, Ban serep, dongkrak, dan lain-lain yang bisa dibaca pada artikel perlengkapan apa saja yang harus dibawa saat berpergian

10. Periksa Body Mobil
Ini terkait dengan saat pengembalian, cara pengecekan cukup mudah yakni dengan cara 5 Tips Memilih Jasa Sewa Mobil Yang Tepat melihat lebih detail dengan mengelilingi mobil. Katakan mana yang lecet pada pihak rental, karena biasanya saat pengembalian pihak rental akan memeriksa bodi jika ada yang lecet/ penyok.

Jangan sampai kita meminjam mobil yang sudah lecet tapi saat pengembalian kita disuruh mengganti lecet padahal dari awal sudah lecet :-), pecinta otomotif bisa memotret bagian yang lecet terlebih dahulu jika memang diperlukan. Atau bisa memilih mobil lain jika kita merasa tidak menyukainya….
Kita menyewa mobil sudah membayar, harus dapat yang terbaik…. benar bukan :-)