3 Jenis Blog Ini Akan Sia-sia Jika Digunakan Untuk Adsense

Ulasan menarik tentang 3 jenis blog akan membuang-buang waktu Anda percuma jika digunkan untuk Adsense.

SEO Blog ~ Ada beberapa jenis blog yang tidak sesuai dan akan membuang-buang waktu saja jika digunakan untuk Adsense, entah karena setup kurang baik atau mungkin buruknya manajemen situs, namun sebagian besar kegagalan disebabkan oleh topik blog kurang menarik atau tidak ada pengunjung.

Dari beberapa jenis ada 3 jenis blog Adsense secara berkala saya perhatikan gagal untuk menghasilkan uang dari google Adsense.
 
 Sebelum membahas lebih rinci tentang jenis blog paling sulit untuk memperoleh penghasilan dari Adsense, terlebih dahulu mari kita lihat metric tentang latar belakang paling penting bagi akun Adsense yang dikategorikan sehat.
 
 Baca juga Persiapan Sebelum Mendaftar Google Adsense

Key Metric Adsense

Meskipun ada beberapa jenis bid Adsense, Cost Per Click (CPC) adalah yang paling tinggi. Dengan CPC seorang publisher seperti Anda akan memperoleh bayaran jika iklan di blog diklik oleh pengunjung blog.
 
 Jika memahami key metric Adsense dengan baik Anda juga akan mengerti mengapa jenis halaman yang saya maksudkan di bawah ini secara alami memiliki kinerja sangat rendah.

CTR

Karena penghasilan dari Adsense diperoleh dari klik iklan berarti pengunjung harus bersedia mengklik iklan di blog Anda. Perilaku ini diukur dalam klik tayang atau clic-trought-rate (CTR).
 
 Lalu mengapa pengguna mau mengklik iklan di blog Anda ? Jawabannya adalah (selain klik tidak disengaja) tentunya iklan yang ditayangkan harus memberi manfaat bagi pengunjung itu sendiri.

CPC

Penghasilan dari Adsense juga tergantung dari harga per klik. Secara garis besar dapat dijelaskan yaitu tergantung dari persaingan pengiklan di blog Anda.
 
 Pengiklan biasanya ingin menjual sesuatu baik itu produk atau layanan. Semakin tinggi harga produk atau layanan ditawarkan akan semakin tinggi probabilitas bahwa pengunjung dari blog Anda akan melakukan tindakan di situs mereka dimana tentunya mereka akan semakin bersedia untuk berinvestasi yang berimbas kepada semakin tinggi pendapatan Anda.

RPM

Untuk membandingkan situs dengan jumlah lalu-lintas berbeda, CTR dan CPC, Income Performance (kinerja pendapatan) sering diukur dalam Return Per Mile (RPM), merupakan laba yang dihasilkan per 1.000 tayangan halaman. Hal ini juga sering dirujuk sebagai Cost Per Mile (CPM).
 
 Baca juga Ini Ciri-ciri Iklan Bernilai Klik Rendah di Google Adsense

Website yang gagal

Mungkin saja Anda sukses menjalankan beberapa proyek karena alsan-alasan tertentu. Namun jika Anda baru terjun di bisnis iklan online Adsense maka saya akan menyarankan agar tidak memilih salah satu dari topik berikut ini.
 
 3 jenis blog atau website dengan potensi AdSense sangat rendah “hidup segan mati tak mau” tidak jelas nasibnya bagaimana dapat Anda lihat dalam ulasan berikut ini.

1. Situs Berita

Jika Anda punya rencana mau buat situs berita online dan menghasilkan pendapatan lebih banyak dari iklan, sebaiknya pertimbangkan benar-benar dengan seksama. Sebab saat ini tidak terbayang sudah berapa banyak situs berita ada di luar sana yang memang sudah cukup mapan, misalnya saja situs berita versi nasional seperti detik.com, kompas.com, tempo.com, cnnindonesia.com dan lain-lain.
 
 Sedangkan situs berita versi lokal saat ini sudah dikuasai oleh tribunnews.com. Ada memang beberapa situs berita lokal yang berhasil keluar dari masa reses mereka, sebut saja untuk Aceh misalnya, acehterkini.com, namun mereka membutuhkan perjuangan sangat keras dan bertahun-tahun agar dapat merangkul minat pembaca, walau belum dapat dikatakan sejajar dengan situs-situs besar tersebut.

Yang saya maksudkan di sini bukanlah tentang penerbitan versi online dari koran cetak, tetapi beberapa penerbit yang ingin menerbitkan situs blog untuk mempublikasikan segala jenis berita tanpa latar belakang jurnalistik.

Kebanyakan permintaan konsultasi saya terima sejauh ini sebenarnya kebanyakan untuk situs-situs berita itu, dan saya hanya menerima sebagian kecilnya saja. Hal ini terutama karena saya tidak ingin melihat mereka menuai kekecewaan, terutama sekali ketika melihat dengan yakin bahwa tidak ada potensi sukses sama sekali.

Mengapa situs berita tidak akan sukses untuk Adsense?

Simak pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
 
 Mengapa pengguna ingin mengunjungi situs berita? Masalah apa yang mereka hadapi sehingga ingin mengunjungi situs berita? Apa modusnya sehingga mereka ingin mengunjungi blog atau situs berita?
 
 Siapa sajakah mereka yang akan bersedia datang mengunjungi situs berita untuk membaca artikel tentang kecelakaan di jalan, pemenang piala Oscar dan iklan-iklan komersial lucu-lucu ?
 
 Solusi apa yang dapat Anda tawarkan kepada pengunjung situs untuk memecahkan masalah mereka? Dan berapa lama waktu dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah mereka?
 
 Pertanyaan-pertanyaan semacam ini sering kali ditanyakan oleh pengiklan kepada diri mereka sendiri dan seharusnya Anda-pun juga demikian! Semakin besar kemungkinan bahwa seseorang menghabiskan biaya untuk menyeleseaikan masalah mereka melalui situs Anda, semakin besar kemungkinan bahwa ada sebuah iklan yang diklik, (hal ini tidak hanya berlaku bagi situs berita).
 
 Mungkin saja ada diantara Anda pembaca artikel ini sudah terlanjur dan terperangkap di dalamnya, namun hanya mengingatkan saja, bahwa salah satu kelemahan situs berita adalah tidak adanya fokus.
 
 Implementasi Adsense sangatlah mudah, namun aturan penayangan iklan masih tetap berlaku. Menguangkan situs berita melalui Adsense sangatlah sulit, nilainya sangat rendah. Kesimpulannya jika Anda tidak bisa menjual iklan secara langsung kepada pengiklan jangan terlalu banyak berharap dari Adsense.
 
 Baca juga Cara Mencekal Iklan Murah di Google Adsense

Solusi Untuk Situs Berita Adalah Fokus

Umumnya masalah pada situs-situs berita seperti tersebut di atas tidak selalu dapat dipecahkan namun bukan berarti tidak bisa. Karenanya, di sini dapat disarankan untuk melakukan beberapa cara yang mendekati setidaknya dapat mengurangi beberapa bagian dari masalah-masalah tersebut.
 
 Sebagian besar situs berita memiliki beberapa kategori berita diupdate secara berkala setiap harinya. Namun hanya beberapa kategori saja dari situs tersebut memiliki lalu-lintas yang signifikan, melibatkan pengunjung serta menghasilkan keuntungan dari iklan.
 
 Beranjak dari situ lakukanlah identifikasi terhadap kategori-kategori paling banyak diminati ini, lalu tetapkan untuk fokus pada kategori-kategori ini saja. Hapus kategori-kategori lain yang hanya akan menghabiskan biaya serta sumber daya Anda.
 
 Hal sama juga dapat diterapkan pada jenis konten, mungkin saja pengunjung atau mesin pencari lebih menyukai berita-berita utama, kisah-kisah bermuatan lokal (local strories), atau galeri foto. Identifikasi dan fokuslah pada sisi kekuatan Anda kemudian hilangkan sisi lemahnya.
 
 Pertanyaan terakhir: Kapan terakhir kali Anda melihat koran versi cetak yang berhasil dipindahkan ke versi online untuk menghasilkan uang dari Adsense? Hampir tidak ada, sangat jarang sekali.
 
 Lihat juga Cara Mudah Membangun Blog Niche

2. Menguangkan Hobi Melalui Blog

Apakah Anda ingin menguangkan hobi melalui blog? Menulis cerpen, kisah, puisi, game, scrable dan lain sebagainya?
 Sah-sah saja jika memang Anda ingin memulai membuat jenis blog ini untuk Adsense, jika Anda benar-benar tidak berniat menhasilkan uang dari blog, karena hanya sekedar hobi. Sesuatu yang Anda lakukan dalam menginvestasikan waktu dan sumber daya tanpa mengharapkan untuk mendapatkan penghasilan sebagai balasannya.
 
 Ada beberapa blog hobi memang sangat beruntung karena update blog dilakukan secara konstan terus menerus kemudian dalam rentang waktu beberapa tahun kemudian menghasilkan jutaan tayangan per bulan. Namun berdasarkan informasi saya peroleh dari beberapa pemilik blog jenis ini menyebutkan bahwa mereka memiliki RPM sangat rendah, dan mungkin akan selalu rendah seperti itu karena beberapa alasan yang akan dibahas berikut.
 
 Bagi sebagian orang blog mulanya hanya menyalurkan hobi, namun lama kelamaan menjadi situs blog komersial, sudah bukan hobi lagi. Ini karena mereka memasang beberapa iklan di blog, walau dengan penghasilan sangat kecil.
 
 Jika dibandingkan dengan situs berita jenis blog hobi masih lebih jelas fokusnya, dan kebanyakan pengunjung lebih tertarik dengan jenis blog ini, apa lagi jenis situs game. Karena situs jenis game lebih banyak melibatkan pengguna dan umumnya mereka akan berkunjung kembali.
 
 Meskipun dari sisi pengunjung situs-situs game seperti scrable menghasilkan jutaan tayangan dan menghasilkan keuntungan luar biasa bagi pengiklan seperti pembeli potensial namun tidak ada iklan produk lebih tinggi atau mahal harganya dengan topik game. Otomatis nilai iklan adsense yang ditayangkan juga akan sangat rendah.
 
 Pengalaman saya sendiri menunjukkan bahwa blog hobi hanya akan menghasilkan jika pengunjung mau menghabiskan uang mereka di situs Anda. Anda pasti memahami bahwa kata kunci untuk game seperti scrable, rubik, kue tar, race dan lain-lain tidak memiliki nilai klik yang berarti. Namun berikut ada beberapa contoh topik yang mungkin dapat diterapkan agar penghasilan lebih baik dari Adsense.

  • traveling
  • hunting
  • pets (hewan peliharaan… semua orang suka topik ini bukan?)

Baca juga Daftar Kata Kunci Mahal Adsense dan Kategori Pencarian
 
 Secara umum hobi dapat mengarahkan orang tentang apa yang mereka butuhkan, apakah itu peralatan mahal atau sesuatu yang secara teratur mereka beli dapat membuat Adsense bekerja dengan sangat baik dan menghasilkan untuk Anda.
 
 Intinya jika blog hobi Anda tidak menghasilkan uang dari Adsense dengan baik, tapi Anda melakukannya sebagai hobi pula maka Anda tidak perlu membuang-buang waktu serta pikiran hanya untuk beberapa dolar dari AdSense dan sebaiknya hapus saja iklan Adsense dari situs Anda.

3. Blog Bukan Berbahasa Inggris

Saya juga menjalankan beberapa blog berbahasa Indonesia (salah satunya SEO Blog ini) dan beberapa blog dengan bahasa Inggris, dan saya memahami dengan baik perbedaan kinerja blog berdasarkan lokasi dan bahasa.
 
 Meskipun blog berbahasa Indonesia memiliki jumlah tayang lebih banyak ketimbang blog berbahasa Inggris namun blog dengan lokasi negara dan topik dalam bahasa Inggris memiliki potensi jauh lebih tinggi meskipun dengan konten serta topik yang sama.
 
 Mengacu kepada fakta bahwa pasar untuk iklan online sangat baik dikembangkan di negara-negara berbahasa Inggris seperti AS, Kanada, Inggris atau Australia. Hal ini disebabkan karena negara-negara ini merupakan negara-negara besar dan maju dengan GDP sangat tinggi.
 
 Namun, jika Anda mencoba menerjemahkan konten Anda ke dalam bahasa Inggris mungkin bukanlah jalan keluar terbaik. Anda masih akan membutuhkan pengunjung dalam skala cukup besar yang benar-benar tertarik pada topik Anda. Jika topik blog Anda adalah topik lokal maka terjemahan ke dalam bahasa Inggris mungkin hanya akan membatasi kelompok pembaca ke tingat lebih kecil lagi.
 
 Pertimbangan lokasi juga sangat penting mengingat pengiklan akan membatasi anggaran mereka ke lokasi geo tertentu. Saya telah menemukan beberapa situs dengan lalu-lintas sangat tingi dari negara-negara berbahasa Inggris seperti Malaysia, Singapura termasuk India. Lalu lintas dari Malaysia atau India sangat tinggi, namun RPM yang dihasilkan dari negara-negara maju hanya sebagian kecilnya saja.
 
 Jika Anda menjalankan blog Adsense dalam bahasa Indonesia bukan bahasa Inggris dan memiliki pendapatan dari AdSense walau lebih rendah dari blog berbahsa Inggris, mungkin saja Anda akan berbahagia, setidaknya sebagai pemberi semangat untuk terus ngeblog yang tentunya dapat meringankan biaya koneksi serta biaya hosting.
 
 Saya menyadari bahwa tingkatan saya adalah sama dengan Anda oleh karenanya saya benar-benar memahami jika Anda tidak mampu mengaplikasikan ulasan dalam artikel ini. Namun demikian saya masih berharap dapat membantu dengan artikel lain dalam SEO Blog ini.
 
 Lihat juga Cara Setup Google DFP Untuk Menjual Space Iklan

Kesimpulan

Jika Anda tidak menjalankan blog dengan salah satu topik yang disebutkan di atas maka Anda mungkin telah menjalankan salah satu saran dari ulasan dalam artikel ini.
 
 Anda harus memahami betapa pentingnya mempertimbangkan mengapa orang mau menghabiskan uang mereka beriklan di blog Anda. AdSense hanyalah satu sisi, namun di sisi lain Anda masih tetap dapat menjual blog Anda untuk pengiklan lain yang ingin menjual sesuatu kepada pengunjung blog Anda.
 
 Bagi pendatang baru di iklan online sangat disarankan mempertimbangkan kembali idenya agar dapat melihat apakah ide tersebut memiliki kinerja serta potensi untuk sukses? Kesalahan dalam memilih pendekatan akan berakibat kepada biaya puluhan juta atau waktu dengan sia-sia dalam masa yang belum diketahui kapan investasi Anda akan kembali. Dalam artikel ini saya berbicara berdasarkan hasil dari beberapa pengalaman saya sendiri selama bertahun-tahun menggeluti dunia Adsense.
 
 Baca juga Ukuran Iklan Adsense Pengeruk Dollar

Share Post

Judul: 3 Jenis Blog Ini Akan Sia-sia Jika Digunakan Untuk Adsense; Ditulis oleh Ikhwan Zubir; Rating Blog: 5 dari 5

Oleh :

SEO Blog


Originally published at bangjonie.blogspot.com on April 27, 2016.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.