Sepintas Tentang Komponen Pada Online Marketing

Istilah digital marketing atau internet marketing, online marketing, internet advertising, e-marketing merupakan pemasaran produk atau layanan yang mampu memberi nilai tambah bagi keuntungan yang dapat meminimalisir biaya dan menjangkau distribusi informasi global.

Gbr: https://comic.browserling.com/11

Digital marketing dalam batasan-batasan pemasaran basis web kita kenal dengan istilah web marketing atau web advertising.

Seiring perkembangan internet. Tren dalam melakukan marketing juga ikut berubah. Berbagi platform tumbuh dengan berbagai metode unik yang berbeda-beda dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, seperti media sosia, mesin pencari dan lain-lain diikuti dengan munculnya komponen dan istilah-istilah baru dalam dunia marketing.

Internet Marketing sendiri merupakan kombinasi aspek teknis internet, kreativitas, desain, pengembangan, periklanan, dan penjualan.

Pada dasarnya, internet marketing tidak sesederhana membangun dan mempromosikan website, bukan juga memaksudkan penempatan banner pada website, internet marketing memaksudkan penempatan pada media di setiap level di mana terjalin siklus terkoneksi terhadap konsumen, misalnya melalui Search Engine Marketing (SEM), Search Engine Optimization (SEO), banner ads, banner ads pada website spesifik, email merketing dan strategi Web 2.0.

Internet marketing yang efektif membutuhkan strategi yang melibatkan banyak komponen sinergis dengan model bisnis perusahaan, fokus diarahkan pada target market melalui jenis pengiklanan, media yang digunakan dan faktor desain dengan sasaran penjualan.

Ada beberapa model bisnis yang melibatkan internet marketing antara lain

  1. Load Based Website (perusahaan yang memperoleh peofit transaksi yang terjadi melalui website)
  2. Publishing (menjual produk advertising/layanan periklanan)
  3. E-Commerce (barang dijual langsung pada konsulmen/individu atau perusahaan)
  4. dan lain-lain.

Selain 4 model bisnis yang tersebut di atas terdapat model bisnis lainnya untuk kebutuhan perseorangan atau bisnis spesifik seiring berkembangnya internet marketing.

Misalnya dengan memanfaatkan media-media sosial yang melakukan pendekatan content marketing. Konten-konten berpotensi viral yang di-share melalui media sosial akan menyebar dengan sangat cepat dan dapat menjangkau jutaan pengguna di seluruh dunia.

Lebih jauh tentang konten viral ini dapat dilihat di Apa itu Viral Content dan Bagaimana Sebuah Content Bisa Viral?