Program Affiliate Marketing, Manfaat Kelebihan Dan Keuntungannya Menjadi Seorang Affiliater

Seotechman.com
Dec 6, 2019 · 5 min read
Image for post
Image for post

Sederhananya, pemasaran atau program dari afiliasi ini adalah kemitraan di mana merek membayar komisi kepada penerbit untuk lalu lintas atau penjualan yang mereka lakukan untuk merek tersebut.

Pemasaran afiliasi bukanlah hal baru, konsep ini telah ada selama berabad-abad dan pemasar telah mengoptimalkan saluran selama beberapa dekade. Kemajuan teknologi, ilmu pengetahuan dan pembelajaran mesin sekarang telah memasuki fase 'kebangkitan afiliasi’.

Ambil peningkatan terbaru untuk teknologi commissioning sebagai salah satu contoh. Secara tradisional pengiklan akan membayar komisi kepada penerbit berdasarkan persentase penjualan yang disepakati. Teknologi komisi baru sekarang memberi pengiklan kemampuan untuk membayar penerbit berdasarkan tujuan bisnis aktual mereka, apakah mereka mempromosikan produk dengan margin tinggi atau menjangkau pelanggan baru.

Dan jika Anda merasa telah dibebaskan dari semua ini, saya dapat menjamin bahwa jika Anda berbelanja online, Anda telah mengklik tautan afiliasi.

Sebagai Contoh:
Tautan di blog, promosi influencer Instagram, situs web loyalitas atau cashback, kupon daring, dan kode diskon semuanya adalah bagian dari dunia afiliasi.

Afiliasi membuat kebangkitan karena itu satu-satunya saluran yang memberikan pilihan kembali kepada pengiklan. Pilihan untuk menentukan KPI Anda sendiri selaras dengan tujuan bisnis nyata, pilihan untuk mengoptimalkan kampanye Anda terhadap audiens prioritas dan lini produk, dan yang paling penting, pilihan untuk membayar hanya ketika tujuan Anda tercapai.

Lalu, adakah keuntungannya jika kita bergabung dengan para pemasar afiliasi ini?

Jika di pikir-pikir menurut saya pribadi, banyak keuntungan yang akan kita dapat dari hasil pemasaran afliasi ini. Salah satu contohnya:

Program Dari Sistem Afiliasi / Affiliate Marketing

Untuk memulai affiliate marketing, tidak butuh modal karena untuk ikut program
affiliate dari suatu merchant, sebagian besar tidak mewajibkan untuk membeli produk terlebih dahulu.

Contoh:
Kalau pun ada biaya yang di keluarkan, biasanya hanyalah untuk membeli domain dan hosting serta biaya koneksi internet.
Walaupun tetap bisa menggunakan domain dan hosting gratisan, domain dan hosting berbayar lebih memberikan kebebasan untuk program afiliasi dibanding yang gratisan. Lagi pula, saat ini banyak hosting dan domain berharga murah saat ini.

2. Tanpa Resiko Kerugian

Manfaat lain dari affiliate marketer adalah minimnya risiko. Jika produk yang di iklankan tidak menghasilkan uang, maka dapat meninggalkan produk tersebut dan memilih yang lainnya. Tidak ada kontrak jangka panjang yang mengikat untuk produk yang tidak menghasilkan uang yang banyak. Dan bila tidak perlu mengeluarkan modal, tentunya tidak ada resiko kerugian yang perlu di tanggung, karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk penelitian pasar, pembuatan produk, penyusunan sales letter, pembangunan situs penjualan, dan sebagainya, maka resiko kerugian bisa dibilang tidak ada dibandingkan model bisnis online lainnya.

3. Sangat Mudah Dijalankan

Affliate Marketing adalah cara mudah untuk membuat keuntungan karena sangat mudah dijalankan. Pemasaran Afiliasi dapat menghasilkan keuntungan hanya dengan sebuah iklan atau link ke website merchant, dimana calon konsumen akan diharapkan untuk klik dan dilanjutkan untuk melakukan pembelian. Dengan konsumen mengklik iklan pada situs afiliasi, yang diarahkan ke website merchant dan membeli produk itu, maka affiliter mendapatkan komisi. Arahan yang semakin banyak maka lebih banyak keuntungan bagi affiliater.

4. Peluang Penghasilan Yang Sangat Besar

Peluang penghasilan yang sangat besar ini dikarenakan beragamnya produk yang bisa dipasarkan, dan nilai komisi pemasarannya yang mencapai 60% dari keuntungan merchant. Potensi keuntungan yang sangat besar membuat affiliate marketing benar-benar merupakan kesempatan emas bagi orang biasa.

5. Tidak butuh pengalaman menjual (marketing)

Affliate Marketing tidak memerlukan pengalaman penjualan. Kebanyakan program afiliasi menyediakan materi pemasaran yang sangat baik. Dalam affiliate marketing, tanggung jawab kita adalah untuk mencari prospek untuk merchant, kita tidak perlu khawatir mengenai stok, proses pesanan, dan pengiriman produk. Ini semua merupakan tugas dari merchant.

6. Banyak pilihan dan celah peluang

Begitu kita mengetahui strategi mencari pasar yang potensial, affiliate marketing
merupakan jalan yang sangat efektif untuk memperoleh keuntungan di segala niche market.

Pada study kasus hari ini, singkatnya ada sebuah pemasar affiliate marketing atau afiliasi terbesar di vertikal nutra. Mungkin dari Anda semua sudah banyak yang tahu tentang cara kerja dari sistem afiliasi, memang banyak para pemasar afiliasi ini, nyatanya di indonesia sendiri.

Disini saya juga akan merekomendasikan dan memperkenalkannya kepada Anda salah satu pemasar afiliasi terbesar yang bisa Anda coba untuk mulai menghasilkan uang melalui online yaitu, Dr.Cash.

Apa Itu Dr.Cash?

Dr.Cash yaitu pemasar afiliasi CPA yang cukup besar di vertikal nutra. Yang saat ini Mereka bekerja dengan penjualan pengiriman uang tunai (Cash on Delivery). Apabila Anda pemilik website maupun blog sekalipun, Anda bisa bergabung dalam program sistem afiliasi dari Dr.Cash.

Dilansir dari situs website Dr.Cash, mereka juga telah mengklaim bahwa,

Nutra adalah spesialisasi kami

Sejak 2016, kami telah bekerja secara eksklusif dengan tawaran BPA dan Revshare di bidang kecantikan dan kesehatan manusia. Kami memiliki produksi sendiri dan ditautkan ke pengiklan terbaik dari seluruh dunia.

Kami terus-menerus menganalisis data, mengerjakan konversi halaman iklan, dan monetisasi lalu lintas tambahan yang didedikasikan untuk menawarkan kepada Anda kondisi yang paling menguntungkan dalam vertikal kecantikan dan kesehatan.

Apa Saja Kelebihan & Keuntungannya?

Kelebihan Dan Keuntungan Dari Program Afiliasi Dr.Cash:

  • 2402 penawaran nutra tersedia.
  • Penawaran yang sesuai dengan lalu lintas situs mereka.
  • Pembayaran setiap hari Senin, Rabu, Jumat. ePayments, Minimal pembayaran melalui Paxum – mulai dari $50, PayPal – mulai dari $50 (dengan komisi 3%); Wire Transfer – dari $1500 (jika kurang, maka komisi 3%).
  • Menahan pembayaran pertama 2 minggu. Namun, ada kemungkinan untuk menghapus penangguhan.
  • GEO di seluruh dunia.
  • Tersedia tawaran teratas baru setiap minggunya.

Istilah Dalam Kategori Program Pemasaran Affiliate / Afiliasi

  • Afiliasi: Sebagai penerbit yang menggunakan tautan program afiliasi untuk mempromosikan dan melakukan penjualan.
  • Pasar afiliasi: Diluar sana terdapat banyak sekali pasar afiliasi, salah satu di antaranya adalah Shareasale, CJ, dan Clickbank. Ini berfungsi sebagai pusat untuk program afiliasi di ceruk yang berbeda.
  • Software afiliasi: Perangkat lunak yang digunakan bagi sebagian perusahaan untuk membuat dan demi terciptanya program afiliasi untuk produk mereka tersebut.
  • Link atau URL afiliasi: Tautan atau istilahnya pelacakan khusus yang ditawarkan oleh program afiliasi yang Anda ikuti untuk melacak promosi afiliasi Anda.
  • Metode pembayaran: Pada program afiliasi yang berbeda banyak yang telah menawarkan dengan berbagai macam metode pembayaran yang berbeda.
    Seperti: Cek, Transfer, wire transfer, PayPal, dan lainnya.
  • Komisi persentase: Jumlah atau persentase yang akan Anda terima dalam pendapatan afiliasi dari setiap produk yang telah Anda jual.
  • Link clocking: Sebagian tautan pelacakan afiliasi terlihat tidak menarik dan tidak dapat terbaca dengan jelas. Namun, dengan menggunakan teknik penyingkat URL, Anda dapat mengubah tautan afiliasi yang panjang dan buruk menjadi tautan yang dapat dibaca dan dipahami dengan baik oleh pembaca.

Kesimpulannya:
Secara harfiah tidak ada kualifikasi yang diperlukan untuk menjadi pemasar afiliasi, akan tetapi disini kita dituntut untuk memiliki skill dan keterampilan copywriting yang baik dan keterampilan pemasaran, ini akan mendatangkan dampak positif serta menjadi nilai plus untuk kita.


Saya rasa cukup sekian untuk pembahasan kali ini mengenai program affiliate marketing, dengan adanya panduan dasar ini saya harap bisa membantu Anda meraih penghasilan dari afiliasi walaupun masih dalam tahap.
Salam sukses selalu.

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch

Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore

Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store