Alamak! Etnis Tionghoa Makin Eksis di Medan. Nama Jalan Bogor Diganti Menjadi Jalan Tjong Yong Hian

Pengguna dunia maya di Medan terkejut dengan perubahan nama jalan di pusat kota. Dari yang sebelumnya bernama Jalan Bogor, menjadi Jalan Tjong Yong Hian.

Rasa kaget itu bisa dilihat dari sebuah postingan, yang disertai foto papan nama jalan itu. Tak ayal, postingan tersebut mendapat beragam tanggapan pada akun fb.

Pergantian nama jalan itu sendiri ternyata sudah mendapat restu dari Pemerintah Kota Medan. Dan tersebut diresmikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Medan, Dzulmi Eldin waktu itu.

Peresmian itu dilakukan, setelah Pemko Medan dan DPRD Medan bersama-sama menyetujui penabalan nama Jalan Tjong Yong Hian yang semula bernama Jalan Bogor dalam bentuk Keputusan Walikota Medan Nomor 620/1580.K/X/2013 tentang perubahan dan penabalan jalan di Kota Medan

Dalam surat keputusan yang ditetapkan Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Medan, Dzulmi Eldin, tanggal 2 Oktober 2013 disebutkan, Jalan Bogor mulai simpang Jalan Palangkaraya hingga simpang Jalan Sutomo menjadi Jalan Tjong Yong Hian

Menurut Eldin, berdasarkan catatan sejarah maupun biografi, ketokohan almarhum Tjong Yong Hian, sangat mengundang simpati dan kekaguman. Sebab, dia dengan tulus tanpa memandang suku, agama dan etnis membantu kemajuan di bidang pendidikan, kesehatan dan budaya di Kota Medan.

Dari ketokohannya itulah diharapkan bisa dijadikan teladan bagi para generasi muda guna membangun dan memajukan Kota Medan. Dia berharap, moment peresmian penabalan Jalan Tjong Yong Hian ini, dapat dijadikan sebagai sarana untuk saling bergenggam tangan dan bahu membahu membangun kota yang lebih maju dan sejahtera dalam bingkai keberagaman.

Selanjutnya kepada keluarga besar Tjong Yong Hian, Plt Walikota Medan berharap dapat meneruskan perjuangan yang telah dilakukan almarhum semasa hidupnya, terutama dalam membangun Kota Medan bersama-sama dengan Pemko Medan. Dia yakin dengan dukungan dan bantuan penuh seluruh masyarakat, Kota Medan akan lebih maju dan berkembang pada masa yang akan datang.

Selain penabalan Jalan Bogor menjadi Jalan Tjong Yong Hian, Eldin menambahkan, sejumlah jalan di Medan juga akan diubah namanya. Di antaranya Jalan Gagak Hitam (ring road) menjadi Jalan Soekarno Hatta.

Sumber : Alamak! Etnis Tionghoa Makin Eksis di Medan. Nama Jalan Bogor Diganti Menjadi Jalan Tjong Yong Hian Tag : Smart Detox Synergy