Bekerja Menjadi Fleksibel di Masa Depan

Jaman bekerja dari jam 9 hingga 5 sore telah usai.

Sekarang semakin banyak bisnis yang mulai mengadaptasi waktu kerja dengan kebutuhan klien dan banyak ahensi sukses yang memiliki pekerja dari berbagai zona waktu, lho.

Kamu maupun orang pada umumnya ingin waktu kerja yang fleksibel untuk menjalankan passion, yang susah dilakukan jika kamu terikat dengan jam kantor 9–5.

Keuntungan Bekerja secara Fleksibel

Riset yang dilakukan oleh Cranfield School of Management membuktikan bahwa ketika perusahaan memberikan fleksibelitas dalam bekerja, pekerja akan mengapresiasinya dengan bekerja lebih keras.

1. Meningkatkan daya ingat pekerja

Sebuah penelitian mengatakan bahwa peraturan yang fleksibel membuat tim pekerja menjadi lebih setia dan mengurangi keinginan untuk keluar dari pekerjaannya.

2. Memelihara produktivitas yang tinggi

Pekerja yang memiliki waktu kerja fleksibel lebih puas dengan pekerjaannya, mengurangi jatah cuti sakit, dan bekerja lebih baik.

3. Menarik pekerja yang berkualitas

Jika perusahaan menetapkan jam bekerja dari jam 9–5, perusahaan bisa kehilangan orang-orang bertalenta yang berada di zona waktu lain, millennials yang memiliki kerja sampingan, dan para orangtua.

4. Potong biaya tidak penting

Perusahaan juga dapat mengurangi biaya tidak penting seperti kebutuhan absen, kebutuhan keterlambatan, dan kebutuhan kantor yang luas.

Cara Memperkenalkan Waktu Fleksibel ke Perusahaan

1. Fleksibelitas informal

Jika kamu harus mengganti jadwal rapat dengan klien, kamu bisa langsung menggantinya dengan santai tanpa persetujuan dr bagian HR. Hal tersebut diperbolehkan selama semua orang yang berkepentingan hadir.

2. Jam wajib

Tentukan jam wajib. Misalnya dari jam 10 hingga jam 3 sore. Selebihnya adalah hak bebas kamu dan pekerja lainnya.

3. Fleksibilitas keseluruhan

Fleksibelitas keseluruhan ini membebaskan pekerja untuk bekerja dari rumah atau dari kantor.

Semoga informasi di atas dapat membantumu untuk bekerja lebih efektif ke depannya ya!

sumber: https://blog.teamwork.com/how-to-make-flexible-work-arrangements-a-success/?utm_source=drip&utm_medium=email&utm_campaign=The+Future+of+Work+Is+Flexible%3A+How+to+Make+Flexible+Work+Arrangements+a+Success&utm_campaign=Submission&utm_medium=Community&utm_source=GrowthHackers.com

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Sevaspace’s story.