Cara Melindungi Diri dari Dampak Buruk Media Sosial

Media sosial dapat membantu kita untuk merasa dekat dengan teman-teman, bahkan ketika jauh. Tapi sayangnya, Instagram dinobatkan menjadi media sosial paling buruk bagi psikologi anak muda karena menyebabkan perasaan cemas dan selalu merasa tidak puas, lho.

Jadi, gimana sih caranya untuk melindungi diri kita ketika menggunakan media sosial yang mempengaruhi harga diri? Simak di bawah ini ya!

  1. Buat folder untuk mengapresiasi dirimu

Seorang murid bernama Issie Lakin, 17, berkata bahwa ia sering membadingkan dirinya dengan orang lain melalui akun Instagram. Cara Issie untuk mengurangi perasaan cemas tersebut adalah dengan mengumpulkan gambar berisi kata-kata motivasi. Selain itu, ia juga mengingat-ingat pencapaiannya selama ini.

2. Hapus aplikasi dari smartphone milikmu

Kamu tidak perlu menghapus akun, cukup dengan menghapus aplikasi maka akan mengurangi dorongan untuk membuka media sosial tersebut.

3. Hindari bagian ‘Explore’ di Instagram

Bagian ‘Explore’ berisi gambar dan video yang membuat kita merasa buruk. Cara menghilangkan perasaan buruk tersebut adalah menghindarinya.

4. Unfollow akun yang membuatmu merasa buruk

Jenny Rae, blogger berumur 25 tahun, berkata bahwa seseorang menasihatinya untuk unfollow akun yang negatif dan follow akun yang menyebarkan pesan positif.

5. Tentukan batasan penggunaan media sosial

Dengan memberi batasan waktu membuka media sosial akan memberikan ruang untuk fokus membangun kepercayaan diri sendiri. Misalnya dengan membuka Facebook hanya pada jam kerja dan membuka Instagram ketika sedang liburan.

6. Matikan notifikasi

Mematikan notifikasi akan mengurangi keinginan untuk membuka aplikasi media sosial. Dengan begitu, kamu juga terhindar dari perasaan cemas.

7. Bicarakan dengan orang lain

Jika media sosial sudah terlalu berlebihan, cobalah untuk membicarakan apa yang kamu rasakan ke orang lain.

sumber: http://mashable.com/2017/05/21/social-media-self-esteem-protection/?utm_campaign=Mash-Prod-RSS-Feedburner-SocialMedia-Partial&utm_cid=Mash-Prod-RSS-Feedburner-SocialMedia-Partial#T60Z0QPOUmqO

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.