Cara Mengatasi Rasa Takut

Pernah tidak kamu takut untuk mencoba hal baru, mengajak orang lain kencan, dan memulai hidup seperti yang kamu mau? Sebenarnya rasa takut yang kita miliki tersebut berdasarkan cara kita berpikir mengenai hal-hal lainnya. Kebiasaan berpikir destruktif dapat menghasilkan rasa takut luar biasa yang tidak penting.

Berikut 6 kebiasaan burukmu dan cara untuk mengendalikanya:

  1. Kamu membiarkan rasa takut tetap ada

Hal yang seharusnya kamu lakukan: tanyakan dirimu mengenai skenario terburuk jika hal itu terjadi. Dengan begitu maka kamu akan mendapatkan kejelasan tentang apa yang benar-benar kamu takutkan, meredakan rasa takut, dan menyadarkanmu bahwa kamu mampu kembali jika skenario terburuk terjadi.

2. Kamu menyimpan rasa takut hanya pada dirimu sendiri

Hal yang seharusnya kamu lakukan: tuliskan satu pesatu mengenai ketakutanmu bisa membantu, lho. Kamu juga bisa berbagi cerita dengan orang lain. Dengan begitu maka akan mengurangi tekanan yang kamu rasakan.

3. Kamu fokus pada hal yang menghambatmu

Hal yang seharusnya kamu lakukan: merubah sudut pandang terhadap hal tersebut. Cobalah untuk membicarakannya dengan orang lain dan fokus pada sisi positifnya.

4. Kamu salah interpretasi informasi kecil yang kamu punya

Hal yang seharusnya kamu lakukan: tanyakan dasar dari rasa takutmu tersebut dengan cara yang baru. Maka kamu akan menyadari bahwa mungkin kamu hanya salah interpretasi kondisi tersebut. Percayalah, cara ini akan membuka matamu untuk mengerti bahwa tidak semua hal berpusat pada dirimu.

5. Kamu mendorong rasa takut itu pergi

Hal yang seharusnya kamu lakukan: menerima rasa takut dan yakinkan dirimu untuk fokus pada sisi positif. Jangan lupa untuk ambil nafas panjang, mengakui bahwa rasa takut tersebut memang hadir, dan biarkan rasa takut itu masuk. Sehingga ketakutan yang kamu rasakan akan hilang perlahan-lahan.

6. Kamu berpikir bahwa eksekusi jauh lebih susah

Hal yang seharusnya kamu lakukan: mulai mengambil langkah satu-persatu. Yang paling penting adalah kamu mulai bergerak menuju mimpimu. Dengan cara itu, kamu akan membangun rasa percaya diri dan memperluas comfort zone.

Semoga cara tersebut berhasil untuk menaklukan rasa takutmu ya! :)

sumber: http://www.positivityblog.com/overcome-fear/

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.