Cara Mudah Mendapatkan Audiens

Apakah kamu senang menulis? Membagi pikiranmu pada orang lain? Tapi pernahkah kamu merasa bingung kepada siapa tulisan-tulisanmu dapat dibagi?

Pertama-tama ayo kita gali dulu apa itu audiens. Mereka ada orang-orang yang:

- membaca tulisanmu sekali, tetapi tidak pernah kembali

- secara aktif setia membaca tulisan-tulisanmu

- berlangganan pada tulisanmu sehingga kamu dapat menyesuaikan konten yg sesuai untuk mereka

Orang-orang yang harus kamu targetkan untuk menjadi audiensmu adalah orang yang secara aktif berkali-kali membaca tulisanmu.

Kamu dapat mulai membedakan pengelompokannya melalui email, facebook, maupun media lain dimana audiensmu terhubung dengan tulisan-tulisanmu. Ketika kamu mampu mengelompokan mereka dan memberikan konten tulisan yang sesuai dan berguna bagi mereka, ditambah dengan konten artikel yang berkualitas, mereka akan merasa tulisanmu bernilai lebih sehingga membuat mereka ingin membaca lebih banyak tulisan-tulisanmu, bahkan selalu menunggunya. Buatlah newsletter dan produksi artikel secara berkala dan konsisten.

Baik, ini terdengar mudah, tapi bagaimana cara memulainya?

Mulai dari lingkaran terdekatmu! Keluarga, teman, facebook, twitter, instagram, semua akun sosial yang kamu miliki, ditambah dengan niat yang kuat.

Buatlah mailing list dan gunakan platform Mailchimp. Mintalah bantuan orang-orang terdekatmu untuk sign up dan mengajak orang terdekat mereka untuk mendaftar pada platform yang menyediakan tulisanmu pula. Bagikan tautan tulisan-tulisanmu seluas mungkin melalui media sosial yang kamu miliki dan biarkan orang-orang di sekelilingmu mengakses dan membagikannya. Audiens tahap pertamamu akan segera terbentuk.

Mulailah mengirim konten dan mailing list secara konsisten pada mereka. Bagaimana cara membuat artikel setiap minggu? Banyaklah membaca, kamu bisa menulis kembali apa yang telah kamu baca, lihat, dan pelajari dengan caramu sendiri. Dengan begitu, orang-orang akan mulai menyadari keberadaan artikel-artikelmu. Sediakan kemudahan bagi mereka untuk mendaftar newslettermu dan kini audiens tahap keduamu terbentuk. Begitu terus hingga audiensmu kini terus berlipat ganda.

Sudah siap mendapat banyak audiens? Ayo mulai menulis lagi!

sumber: https://medium.com/swlh/how-to-start-building-an-audience-when-you-dont-have-any-audience-yet-f484d7dfdcd3

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.