Gunakan Uangmu untuk Pengalaman, bukan Barang

Tanyakan pada dirimu sendiri, apakah kamu akan bahagia dengan menggunakan uang untuk objek benda, atau justru dengan mempunyai pengalaman baru?

Paradoks Pengalaman Berbentuk Benda

Harga sofa baru dan liburan ke Bermuda membutuhkan jumlah uang yang sama. Secara ekonomis dan logika, menghabiskan uang tersebut untuk sofa memang lebih masuk akal. Tapi tahukah kamu bahwa jika dilihat dari kebahagiaan, justru liburan tersebut memiliki nilai yang lebih tinggi?

Seorang profesor di bidang psikologi, Dr. Gilovich, mengatakan bahwa:

“salah satu musuh dari kebahagiaan adalah adaptasi. Kita membeli barang untuk membuat kita bahagia, dan kita berhasil. Tapi hanya sementara. Barang baru akan membuat kita bahagia pada awalnya, namun kita akan beradaptasi selanjutnya.”

Pengalaman tidak menjadi rutinitasmu, sehingga kamu benar-benar menikmatinya saat itu terjadi. Berkebalikan dengan barang baru yang akan menjadi bagian dari kehidupanmu sehari-hari.

Alasan Pengalaman Mempengaruhi Kita dengan Cara Berbeda daripada Benda

Bagaimanan kita bangga dan senang dengan mobil baru atau rumah baru, itu tetap menjadi barang yang berada di luar dirimu. Sedangkan pengalaman adalah hal-hal yang membentuk kepribadianmu. Dr. Gilovich juga menemukan bahwa masyarakat lebih menyesal ketika meninggalkan atau tidak jadi melakukan hiburan atau pengalaman, berkebalikan dengan meninggalkan barang.

Ketidakpastian dalam Pengalaman

Ketika kamu ingin mencoba hal baru, kamu sering berpikir bahwa bagaimana jika hasilnya tidak sesuai yang diinginkan. Dan pikiran-pikiran tersebut membuatmu mengurungkan diri untuk mencoba hal baru.

Riset mengatakan bahwa resiko tersebut pantas untuk dipertaruhkan. Seandainya pengalaman itu tidak sesuai yang dikira, Gilovich mengatakan bahwa masyarakat cenderung memberi respon positif karena mendapat pelajaran berarti. Sedangkan kamu dapat memprediksi hasil dari barang yang dibeli. Namun, barang tersebut lebih rentan untuk dibandingkan dengan milik orang lain.

Pilih Hal Baru, Dapatkan Kenangan Seumur Hidup

Bagaimanapun kita juga tetap harus menyeimbangkan antara kebutuhan pengalaman dan kebutuhan barang. Namun ketika kamu berkali-kali menghabiskan uang di barang yang sama, kenapa tidak mengalokasikannya ke tempat liburan baru?

Semoga artikel di atas dapat memberi sudut pandang baru dalam hidupmu ya!

sumber: https://medium.com/swlh/spend-your-money-on-experiences-not-things-8dad9f0162e0

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Sevaspace’s story.