Perilaku Netizen Online Indonesia

Apakah kamu gemar menggunakan internet?

Tahukah kamu? Menurut survei, jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2015 telah mencapai 99,6 juta orang pengguna, padahal pada tahun 2014 angka itu hanya mencapai 43 juta pengguna.

Pada tahun 2014, Google melakukan sebuah studi terhadap 1.200 responden di Indonesia. Dikutip dari laporan resminya, riset tersebut menunjukkan bahwa secara rata-rata satu orang Indonesia memiliki 0,5 perangkat yang terhubung ke Internet. Persentase tersebut naik tipis dari tahun 2013 yang mencapai 0,3 perangkat

Dari berbagai perangkat yang digunakan Netizen Indonesia, ditemukan bahwa sebanyak 28% responden menggunakan smartphone. Posisi selanjutnya diraih oleh komputer dengan persentase 15%, sementara hanya 2% responden yang mengaku menggunakan tablet.

Namun, menurut temuan dari MarkPlus Insight, kebanyakan netizen Indonesia masih menunjukkan perilaku online yang kurang produktif seperti dalam penggunaan media sosial, dipakai sebatas untuk aktivitas yang sifatnya menghibur, seperti chatting, mengunduh konten, main game, atau belanja online. Dari responden yang disurvei, 93% menyatakan diri menggunakan media sosial, 59% chatting, 41% download, 18% main games, dan 15% belanja online.

Menurut Sekjen Asosiasi Penyelenggara Jas Internet Indonesia (APJII), Henry, menyebutkan layanan media sosial yang paling banyak dikunjungi adalah Facebook sebesar 71,6 juta orang (54%), disusul Instagram dengan 19,9 juta pengguna (15%), dan Youtube sebesar 14,5 juta pengguna (11%).

Perilaku Netizen Indonesia memang unik dan berbeda dari Netizen di negara-negara tetangga. Dalam hal meriset produk secara online misalnya, hanya 30% dari Netizen Indonesia yang melakukannya. Padahal, persentase di Filipina mencapai 67%. Bahkan, Netizen di Thailand jauh lebih tinggi hingga menyentuh 85%.

Angka pengguna media internet Indonesia yang masih kurang produktif ini dapat ditingkatkan dengan cara peningkatan pemanfaatan sosialisasi kebijakan publik, program pemerintah, distribusi berita, dan hal-hal yang memberikan masyarakat Indonesia pengetahuan positif yang dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kompetitif bagi masyarakat Indonesia.

sumber:

http://marketeers.com/perilaku-online-netizen-indonesia-masih-tak-produktif/

http://marketeers.com/mengamati-perilaku-online-netizen-indonesia-versi-google/

http://www.solopos.com/2016/10/26/inilah-perilaku-netizen-indonesia-masih-suka-facebook-berita-lokal%E2%80%8E-763630

Like what you read? Give Sevaspace a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.