Star Wars: Episode IX Kehilangan Sutradara

Star Wars, Rian Johnson: The Last Jedi tidak akan memasuki bioskop sampai desember 15 nanti, namun nampaknya sekuel film tersebut sudah menghadapai masalah besar. Direktur Colin Trevorrow, yang engarahkan kesuksesan Jurassic World, telah mengundurkan diri dari proyek tersebut. Berita ini muncul sebulan setelah penulis skenario baru, Harry Potter and the Cursed Child’s Jack Throne, bergabung dengan tim untuk menulis ulang naskah yang sebelumnya ditulis oleh Trevorrow serta rekannya Connollv.

Trevorrow dipilih sebagai direktur proyek ini pada tahun 2015, melepaskan kesuksesan Jurassic World yang sudah mendunia. Film itu menghasilkan lebih dari $1,6 miliar dari total seluruh pendapatan. Tetapi tidak dengan lanjutannya, The Book of Henry. Episode IX sebelumnya dilaporkan akan memulai syuting pada bulan Januari tahun depan, namun sepertinya perubahan akan terus terjadi dan memaksa mereka untuk melakukan penundaan sementara.

Kinerja tim dari Lucasfilm belakangan ini diketahui sedang berantakan. Rogue One harus menjalani syuting ulang ektensif sebelum tanggal perilisan. Ditambah lagi, pada awal tahun ini produser Kathleen Kennedy mengambil langkah mengejutkan dengan memecat sutradara Phil Lord serta Chris Miller dari film Han Solo, dua minggu sebelum proses pengambilan foto. Oleh karena itu, Ron Howard direkrut untuk menyelesaikan film tersebut. Ini mengundang banyak tanya mengapa banyak perubahan besar terjadi belakangan ini. Beberapa informasi menyebutkan cara kerja Kennedy tidak sesuai dengan Lord dan Miller. Sepasang sutradara ini sebelumnya dikenal dengan konten yang menyenangkan serta mengandung kejutan, diantara seperti: The Lego Movie and 21 Jump Street.

Konon, pengalaman yang di dapat dari Han Solo bisa dengan mudah mendorong langkah selanjutnya. Kisah Skywalker adalah inti sari dari cerita Star Wars- tanpa Luke, Leia, Han dan sekarang Rey, Finn, Poe. Tidak ada kerangka mandiri untuk menggantung cerita. Masalahnya bukan terkait dengan risiko finansial Lucasfilm atau Disney, hanya saja dikhawatirkan jika perusahaan cenderung bersifat konservatif maka akan berakibat pada lambatnya maju perusahaan. Penanganan Johnson terhadap The Last Jedi dilaporkan akan bebas kaitannya dengan perspektif Disney dan Lucasfilm, namun masih belum jelas apakah ia akan turut serta menangani Episode IX atau malah akan ada sosok baru yang mengambil alih film tersebut.

Sumber (https://www.theverge.com/2017/9/5/16257608/star-wars-episode-ix-colin-trevorrow-director-leaves)