Tingkatkan Keahlian Wawancara

Level +0

Beberapa hal yang biasanya diperhatikan oleh seorang kandidat saat wawancara, meskipun tidak cukup.

1. Berpakaian yang sesuai. Jadilah dirimu sendiri ketika wawancara. Pakailah pakaian yang membuatmu merasa nyaman dan percaya diri.

2. Follow-up letter. Daripada mengirimkan follow-up e-mail, buatlah tulisan yang lebih ‘berisi’. Misalnya mengenai topik yang dibicarakan saat wawancara tersebut.

3. CV berbentuk kertas. CV yang dicetak di kertas sudah ketinggalam jaman lho! Perbarui akun LinkedIN kamu dan cantumkan link tersebut di kolom CV.

Level +1

1. Baca. Kamu bisa mulai membaca latar belakang atau pengalaman orang yang akan mewawancaraimu. Selain itu, kamu juga harus mempelajari perusahaan tempat kamu melamar pekerjaan. Tahukah kamu bahwa perbedaan antara kandidat berkualitas dan tidak berkualitas adalah pada pertanyaan yang diajukan?

2. Datang lebih cepat.

Datang 15 menit lebih cepat tidak hanya memastikan bahwa kamu tidak telat, tapi juga memberi dirimu waktu untuk memperhatikan sekeliling. Misalnya, suasana kerja, interaksi antar pegawai, dan lain-lain.

Level +2

1. Berperan aktif. Jika ruangan wawancaramu memiliki papan putih, gunakanlah untuk menjelaskan jawabanmu. Berdirilah dari kursimu dan tunjukkan bahwa kamu benar-benar menyukai terlibat dalam diskusi.

2. Tunjukkan. Daripada kamu sekedar menceritakan apa yang sudah kamu lakukan, cobalah untuk menunjukkan bukti hasil tersebut. Bawa laptop dan tunjukkan hasil kerja nyatamu pada orang yang mewawancarai.

Level +5

1. Branding dirimu sendiri. Perbarui akun LinkedIn, tambahkan link di presentasi, salinan online dari pekerjaanmu, rekomendasi dari kolega, dsb.

2. Berlakulah layaknya investor. Karena kamu akan menginvestasikan waktu untuk pekerjaan tersebut, tanyakan pada mereka mengenai rencana pertumbuhan perusahaan. Hal yang penting yang perlu kamu perhatikan antara lain rencana pertumbuhan perusahaan, keuangan, dan mengenai bisnis perusahaan itu sendiri.

3. Carilah pembimbing. Perhatikan orang-orang yang mewawancaraimu, apakah ada orang yang dapat kamu jadikan mentor atau pembimbing? Tunjukan pada perusahaan tersebut bahwa kamu adalah pribadi yang suka untuk belajar terus menerus.

Semoga tips di atas dapat membantumu ya!

sumber: https://medium.com/startupsco/level-up-your-interviewing-skills-bead6e697cf4

Show your support

Clapping shows how much you appreciated Sevaspace’s story.