Merayakan Kesalahan

Salah! Itulah satu kata yang bagi sebagian orang selalu dihindari. Jika kita mengalami hal tersebut akan menjadi sesuatu yang dinilai negatif dan ditangisi serta akan mengalami cemoohan dari orang lain. Namun apakah yang dilakukan itu adalah hal yang baik? Tentu hal tersebut merupakan suatu tindakan yang tidak bijaksana jika kita menilai negatif atas kesalahan yang terjadi tersebut. Lalu bagaimana kita harus merespon atas kesalahan yang terjadi?

Di dalam setiap tindakan akan ada kemungkinan kesalahan yang bisa saja terjadi. Dan bila hal itu terjadi, maka berbahagialah anda, karena anda akan memiliki kesempatan untuk belajar sesuatu. Untuk itu marilah merayakan kesalahan tersebut. Bagaimana dan Mengapa? Kita akan dapat merayakan kesalahan tersebut jika kita merespon hal yang terjadi tersebut dengan mindset positif. Karena mindset yang terbentuk yang kita inginkan adalah yang positif, maka kesalahan tersebut akan dapat kita syukuri. Dengan kita mensyukuri hal tersebut, maka kita secara tidak langsung ikut merayakan kesalahan tersebut. Namun pertanyaan selanjutnya, untuk apa kita bersyukur atas hal tersebut?

Dengan bersyukur atas kesalahan tersebut, maka kita dapat dengan pikiran yang tenang dan jernih untuk meneliti dan mempelajari secara mendalam atas hal yang terjadi. Jawablah didalam diri anda setiap kesalahan yang terjadi. Kesalahan adalah guru yang luar biasa bagi kita yang dapat mensyukurinya dengan mindset positif. Dengan demikian, maka kita akan dibantu secara tidak langsung menemukan apa yang lebih tepat untuk dilakukan seharusnya.

Tom Watson, pendiri IBM, pernah melakukan hal ini. Merayakan suatu kesalahan. Dia tahu persis nilai sebuah kesalahan. Ada suatu titik dimana, seorang pegawai melakukan suatu kesalahan yang berdampak kepada kerugiaan senilai jutaan dollar. Sang pegawai tersebut dipanggil ke kantor dan Pegawai tersebut berkata “Anda pasti menghendaki saya mengundurkan diri.” Jawab Watson, “Anda pasti bercanda. Saya baru saja menghabiskan 10 juta dollar untuk mendidik anda….”

Semua orang yang sukses, akan belajar dari apapun yang terjadi, termasuk kesalahan. Ingat ketika kita kecil, ketika kita belajar sepeda atau bermain layang-layang. Jika kita tidak belajar dari kesalahan sekecil apapun, kita tidak akan dapat menjadi mahir didalam bersepeda ataupun bermain layang-layang. Bila anda membuat suatu kesalahan, hal yang paling baik adalah mengumpulkan kembali reruntuhan yang telah terpecah belah tersebut dan dengan seksama dan sabar memperhatikan bagaimana hal tersebut dapat terjadi.

Berbahagialah kita yang mengalami kesalahan, karena orang yang tidak pernah mengalami kesalahan, tidak akan pernah mempelajari hal yang baru didalam hidupnya. Dan berbahagialah kita yang selalu berpikir positif atas hal tersebut dan bersyukur atas hal yang terjadi serta selalu memperbaiki kembali agar dapat menjadi kesuksesan yang maksimal.

Like what you read? Give seven a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.