Sendiri dan “quite”

Judul diatas tersebut menarik untuk menjadi suatu tulisan yang semoga bisa dinikmati oleh orang lain serta memberikan manfaat bagi yang membaca ataupun mengalaminya. Mungkin bagi seorang “quite”, sendiri merupakan suatu kondisi yang nyaman. Namun hal ini terkadang dilakukan karena kondisi yang sangat terpaksa. Secara umum, manusia membutuhkan teman.

Iya, Teman. Namun teman pun tidak bisa menemani disetiap kita butuhkan. Karena setiap manusia sudah memiliki agenda masing-masing. Terutama ketika liburan akhir tahun tiba, tentu ada hal yang menjadi prioritas mereka untuk memilih mereka berlibur dengan family. Sehingga, sendiri dan menjadi “quite” menjadi suatu pilihan sementara, karena terkadang kita perlu menikmati kesepian atas diri kita ini. Mungkin terkesan menjadi putusan yang tidak populer bagi sebagian manusia. Namun selama kita mendapatkan kebahagian dari aktivitas tersebut. Maka, mengapa tidak menikmati kesendirian?

Introvert menurut Susan Cain adalah “quite”. Di dunia ini hampir sepertiga manusia adalah introvert. Mereka adalah manusia yang lebih memilih mendengar dari pada berbicara, membaca dari pada party; yang lebih suka berinovasi dan berkarya namun tidak suka publikasi; yang suka bekerja dengan caranya sendiri. Namun merekalah yang ikut memberikan kontribusi di dalam peradaban manusia ini. Mulai dari Van Gogh sampai penemuan komputer.

Kembali dengan tulisan sendiri dan “quite” ini. Hal yang dapat dilakukan untuk menikmati sendiri dan “quite” dengan kebahagian. Dan pada akhirnya kita tidak terjebak dengan sendiri dan mengurangi “quite”.

  • Carilah tempat yang kamu sukai. Dibisingnya hidup di ibukota ini, maka memang suatu tantangan tersendiri untuk mendapatkan tempat yang sesuai. Namun, ini bukan menjadi kendala. Bahkan mencari menjadi suatu proses didalam menikmati sendiri yang bahagia. Ketika tempat ditemui, maka kunjungilah… Misalnya tempat bernuasa alam atau memang secara nature masih alam….tentu suasana alam, akan dapat menyejukan hati yang sepi dan tidak bahagia. Dimana deburan ombak, suara air mengalir dan angin yang bertiup akan menghipnotis diri kita didalam kebahagian. Bahagia tidak harus mahal namun bahagia bisa dibayar dengan cinta.
  • Lakukan hobi yang kamu sukai. Hobi akan membuat kita lupa akan waktu dan kita akan mendapatkan suatu semangat yang tinggi. Sehingga dampaknya adalah kebahagian yang kita rasa. Pilihlah hobi yang dapat dilakukan sendiri ataupun bersama-sama. Sehingga dalam kondisi apapun kamu akan tetap bahagia.
  • Komunitas. Membuat komunitas yang satu value dengan diri kita. Bisa komunitas yang sesuai dengan professional ataupun komunitas yang lebih ke arah sosial…
  • Melakukan kesibukan dengan pekerjaan yang kamu lakukan. Pikirkan hal-hal yang dapat memberikan kontribusi positif atas pekerjaan yang kamu lakukan, baik itu sebagai karyawan ataupun business owner. Dengan kesibukan itu, tidak akan merasa sendiri dan “quite” pun dapat diminimalkan.
  • Membaca dan menulis. Mungkin ini sesuatu yang tidak umum, namun membaca sekarang banyak pilihan terlebih perkembangan teknologi informasi saat ini. Dan dengan adanya hal tersebut, menulis menjadi suatu hal yang mudah dilakukan. Kita dapat berbagi dengan manusia lainnya atas tulisan kita. Jangan merasa malu namun banggalah atas tulisan tersebut. Dan semakin sering kita mencoba maka kita akan semakin memahami diri kita dan manusia.
  • Mendengar lagu ataupun menonton film. Yah dua aktivitas ini pun dapat membantu untuk kesendirian yang kita alami. Dengan lagu kita akan terhibur dan dengan film kita akan memanjakan mata kita untuk melihat suatu ilusi yang terkadang nyata dan kita pun sedang mengalaminya. Disamping mendengarkan lagu. Walaupun mendengarkan lagu dipercaya sebagai salah satu cara memperlambat kepikunan, selain membaca.
  • Jalan ke mall hanya untuk killing time, have coffee, atau memang belanja untuk kebutuhan kita sendiri. Yah.. Ini hal yang menarik dan dapat dilakukan secara reguler sehingga sendiri ditengah keramaian yang ada. Dan pada akhirnya kita merasa ramai dengan ilusi yang tercipta atas keramaian mall tersebut.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menikmati sendiri dan “quite”. Dan semoga kalimat dibawah ini akan membuat sadar atas sendiri dan “quite”.

Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat dan pencerahan bagi yang membaca ataupun mengalami hal yang sama. Dan selalu berusaha menjadi bisa lebih baik setiap harinya.

Di sepanjang lintasan stasiun…..