10 Cara dan Hal yang Perlu Diperhatikan Seputar Bus Pariwisata di Jakarta

Sewa Bus Pariwisata
Oct 3 · 18 min read

Semua orang tentu butuh waktu liburan, tapi jika ingin seru, Anda lebih baik liburan dengan rombongan. Merencanakan liburan sendiri tentu bukan masalah, tapi menikmati pengalaman seru akan makin berkesan jika bisa sharing.

Bayangkan saja saat bermain di pantai. Jika mengajak teman — teman atau keluarga, Anda bisa melihat matahari terbenam dan main air bersama. Setelah pulang, kenangan ini bisa jadi obrolan yang menyenangkan. Tapi jika berangkat sendiri, Anda hanya bisa cerita saja pada teman tanpa ada yang bisa berbagi pengalaman.

Nah, untuk keperluan pergi bersama Anda harus siap untuk membawa mobil ataupun sewa bus pariwisata jika rombongan banyak. Pergi bersama untuk liburan tentu lebih baik dengan cara ini. Jika berangkat sendiri — sendiri untuk mencapai tujuan wisata, Anda melewatkan bagian dari liburan yang cukup menyenangkan yaitu perjalanan bersama.

Liburan Tidak Hanya Saat Di Lokasi Wisata tapi Juga Di Perjalanan

Perjalanan menuju tempat tertentu adalah hal yang biasa saja bagi banyak orang. Tapi dalam wisata, perjalanan adalah bumbu. Jika saat di perjalanan bersama rombongan Anda bisa menikmati kendaraan nyaman, musih, atmosfir bersama, pemandangan yang unik dan mengobrol bersama teman — teman, liburan akan lebih menyenangkan.

Banyak event yang bisa muncul di perjalanan menuju tempat wisata. Contoh saja saat di dalam bus, ada anggota rombongan yang melancarkan canda ataupun ada pemandangan indah yang dilewati. Hal — hal seperti ini tentu tidak akan didapat jika tidak berangkat bersama rombongan.

Perjalanan Nikmat dan Wisata Memuaskan di Jakarta

Nah, jika ingin wisata dengan perjalanan yang menyenangkan, Anda bisa pilih wisata keliling Jakarta. Daerah DKI Jakarta adalah metropolitan area yang memiliki daya tarik tersendiri. Jika Anda tidak tinggal di sini, sangat disayangkan jika tidak mengunjunginya.

Jakarta memang dikabarkan memiliki banyak jalur macet. Tapi jika memilih rute wisata, Anda bisa lewat jalan tol. Jalanan tol ini tentunya meberikan pemandangan Jakarta di posisi yang tinggi. Perjalanan bersama rombongan melihat kota besar tentu bisa jadi pengalaman tersendiri.

Untuk destinasi yang harus di coba, Anda bisa pilih banyak tempat. Mulai dari yang wisata alam pantai, wisata modern dengan wahana, wisata belanja, kuliner, hiburan kota, hiburan malam, relaksasi dan masih banyak lagi bisa jadi pilihan.

Anda tidak mungkin akan menemukan tempat paling lenkap untuk hiburan modern. Ibu kota Indonesia ini mungkin tidak memiliki daya tarik budaya kental seperti Bali, tapi Anda bisa temukan cuilan Indonesia di Jakarta.

Jika tidak percaya, coba kunjungi Taman Mini Indonesia Indah. Tempat wisata ini memiliki banyak wahana dan tempat yang bisa dikunjungi untuk mendapatkan perasaan keliling Indonesia. Mulai dari sample binatang dan serangga langka, rumah — rumah adat Indonesia, pentas seni tradisional daerah Indonesia dan banyak tempat lain untuk belajar seputar Indonesia.

Bagaimana cukup menarik bukan mengunjungi Jakarta? Jika ingin perjalanan rombongan yang pas ke sini, gunakan saja layanan dari Sandholiday untuk sewa bis Jakarta. Tapi jika masih tidak yakin akan masalah sewa bus pariwisata, perjalanan rombongan dan juga perencanaannya, mari bahas beberapa hal yang akan membantu Anda berikut ini!

10 Cara Dapatkan Harga Sewa Bus Yang Pas

Nah, bahasan pertama adalah cara dapatkan harga sewa bus yang pas. Untuk wisata ke ibu kota, semua orang mengharapkan sewa bus murah Jakarta, tapi perlu diingat bahwa hal ini belum memastikan Anda mendapatkan bus yang pas.

Bayangkan karena mengejar harga bus murah, Anda jadi mendapat bus yang juga murahan. Bus yang buruk ini tentu akan merusak atmosfir wisata Jakarta Anda. Banyak kejadian, bus yang tidak reliable mogok di jalan dan mengganggu jadwal perjalanan. Beberapa tempat wisata jadi tidak bisa dikunjungi karena bus tidak bisa jalan. Hal seperti ini wajib di hindari.

Jika tidak ingin mengalami kejadian ini, gunakan saja 10 cara dapatkan harga sewa bus yang pas berikut ini!

Coba Research Tempat Sewa yang Pas

Hal yang pertama dilakukan adalah dengan melakukan research. Bandingkan banyak penyedia bus sewa satu sama lain untuk harga dan pamornya. Banyak forum dan website review tersedia di Internet untuk menggali reputasi dari sebuah penyedia jasa persewaan bus.

Rekomendasi Sandholiday yang ada di sini tentunya bisa jadi patokan. Penyedia jasa ini bersedia memberikan harga yang bersaing, kualitas bus yang baik dan juga pelayanan yang jelas. Tempat lain tentu ada yang lebih mahal dan juga memberikan bus yang lebih mewah, tapi untuk patokan standar tinggi perjalanan Anda bisa gunakan Sandholiday sebagai pembanding.

Saat research, Anda bisa coba cari rekomendasi dari orang lain juga. Mungkin ada teman Anda yang pernah merencanakan perjalanan wisata dan menyewa bus rombongan. Nah, tanya — tanya saja tentang penyedia sewa bus yang mereka gunakan. Pengalaman dari teman ini biasanya lebih jujur daripada informasi review dan forum yang ada di internet.

Pastikan Jumlah Rombongan Sesuai dengan Kapasitas Bus

Nah, hal berikutnya yang perlu dipikirkan adalah menyesuaikan bus dengan jumlah rombongan. Anda tentu bisa bayangkan jika bawa orang banyak tapi bus tidak cukup. Rasa sempit dan ruang yang lebih sesak tentu mengganggu perjalanan wisata Jakarta yang harusnya menyenangkan.

Biasa bus — bus wisata bisa disesuaikan kursi yang ada didalamnya. Jadi bus bisa dibuat serenggang mungkin jika isinya sedikit. Tapi hal seperti ini tentu tidak efektif dari segi budget. Penggunaan bis seharusnya disesuaikan dengan jumlah rombongan yang berangkat.

Misal untuk rombongan kecil, penggunaan mini-bus atau medium bus saja biasanya sudah cukup. Harga sewa kendaraan yang lebih kecil ini tentu akan lebih murah dibandingkan bus besar. Jadi untuk yang ingin lebih mengurangi pengeluaran transport, pilihan ini lebih reasonable.

Destinasi dan Jarak Harus Diperhitungkan

Persewaan bus pariwisata biasanya tidak hanya dari jenis bus tapi juga jarak perjalanan dan lama sewa-nya. Tergantung dari tempat Anda berangkat, perjalanan dengan bus bisa memakan waktu lama dan juga jarak yang jauh untuk ke Jakarta.

Misal saja Anda dan rombongan berasa dari Surabaya dan ingin menikmati Jakarta. Anda tentu harus melewati jarak paling tidak 1 hari untuk perjalanan. Hal seperti ini tentu akan berpengaruh pada biaya. Jadi sebisa mungkin perhitungkan budget Anda sebelumnya.

Banyak rombongan yang ingin mengadakan wisata jarak jauh, menentukan biaya terlebih dahulu dan mengusahakannya untuk dipenuhi. Contoh seperti ini bisa ditemukan saat perusahaan mengadakan wisata bersama. Para karyawan diberikan pilihan ingin ikut atau tidak. Jika ingin ikut, biaya yang mahal bisa dibagi bersama dan dicicil sampai batas waktu sebelum keberangkatan.

Hal seperti ini tentu lebih baik daripada rencana wisata jadi tidak dipenuhi karena budget sedang tidak ada. Perencanaan wisata dan budgetnya penting untuk diperhatikan, jadi jangan tiba — tiba mengadakan perjalanan jauh wisata.

Sesuaikan Jenis Penumpang dengan Tipe Bus

Cara berikutnya mendapatkan harga pas untuk bus adalah menyesuaikan jenis penumpang dengan tipe bus. Jumlah orang yang naik bus wisata bukanlah satu — satunya hal yang akan mempengaruhi kenyamanan.

Setiap penumpang tentu menginginkan kendaraan dengan spesifikasi tertentu untuk digunakan. Misal untuk rombongan anak — anak, hiburan selama perjalanan sangat penting. Jadi pastikan ada TV, sinyal wi-fi ataupun charger di bus. Di sisi lain, orang tua lebih menjurus pada kenyamanan. Jadi keperluan kursi yang bisa diubah ketinggiannya, ada tumpuan tangan dan perlengkapan selimut menjadi hal yang lebih penting.

Dari bahasan ini, Anda tentu bisa melihat bagaimana pilihan bus akan menjadi sangat penting. Lihat dulu anggota rombongan Anda dan tentukan pilihan bus yang pas dari situ. Jika bingung, tanyakan saja pada anggota rombongan apa yang mereka cari lalu gunakan aspirasi ini saat memilih bus.

Selalu Usahakan Gunakan Bus Baru

Jika ingin pengalaman perjalanan lebih baik, usahakan gunakan bus yang umurnya masih tergolong baru. Harga dari bus seperti ini biasanya memang menjadi lebih mahal, tapi pilihan ini penting untuk performa di jalan.

Bus dengan umur tua memiliki resiko rusak di jalan lebih besar daripada yang baru digunakan satu tahun saja. Hal seperti ini tentu membuat Anda harus lebih hati — hati saat memesan bus wisata. Cari tahu lebih banyak tentang kondisi dan umurnya.

Bus baru juga biasa memiliki kelebihan lebih bersih karena tidak sering digunakan, memiliki peralatan yang masih bekerja baik dan tentunya memiliki tampilan masih baru. Tampilan bus dari luar bisa berefek pada aura penumang yang naik. Jadi karena banyak efek positif ini, usahakan bus masih baru walaupun sedikit lebih mahal.

Selalu Pastikan Ada Garansi dan Asuransi

Hal lain yang perlu diambil walaupun akan menaikkan harga sewa bus adalah asuransi. Hal ini penting untuk memastikan pihak persewaan bus menjaga kualitas layanan dan kendaraan, Anda sebisa mungkin mencari tempat yang menyediakan garansi dan asuransi.

Beberapa tempat yang memiliki garansi akan mengembalikan uang beberapa persen jika bus yang digunakan mengalami masalah. Hal seperti mogok dan rusak di jalan yang bukan karena kecelakaan merupakan kesalahan tempat persewaan. Jadi tidak ada alasan Anda harus membayar full saat kesenangan wisata Jakarta Anda terganggu.

Di Jakarta yang kota besar, tempat perbaikan masih mudah di akses. Tapi jika saat perjalanan melewati daerah desa, tentu saja hal ini akan lebih sulit. Agar Anda tidak terlalu rugi saat perjalanan wisata Anda rusak, tentu pertanggungjawaban pihak persewaan harus ada.

Target dan Bus dulu Baru Atur Budget

Saat ada pilihan bus yang fix harganya tapi sudah terasa pas, berikutnya Anda harus usahakan budget tersebut. Menyusun liburan jauh tidak boleh setengah — setengah. Jika hanya jalan — jalan ke area dekat rumah saja, persiapan budget tentu tidak perlu, tapi jika hanya cari murah saat pergi jauh, Anda sendiri yang bisa kecewa.

Bayangkan jika hanya ingin harga sewa bus pariwisata murah tapi Anda jadi mengalami banyak masalah di jalan. Hal ini tentu akan merusak kesenangan Anda. Perjalanan jauh artinya Anda akan lebih sering tinggal di bus daripada jalan — jalan di tempat wisata. Jadi mengatur budget untuk mendapatkan pengalaman paling baik selama perjalanan tentu merupakan pilihan utama.

Selalu Pikirkan Biaya Tambahan Juga

Saat melihat harga yang ditawarkan dalam persewaan, lihat juga biaya tambahannya. Biasanya supir dan petugas bis ada yang dijadikan satu tapi ada juga yang dipisah. Jika melihat ada yang biaya terpisah, evaluasi lagi apakah pilihan harga tersebut tepat.

Banyak orang tertipu dengan harga sewa murah tapi ternyata belum masuk sipir dan petugas lainnya. Trick ini tentu bisa dihindari jika Anda lebih teliti. Mudah — mudahan karena penjelasan cara ini, Anda bisa tentukan pilihan harga dengan lebih bijak.

Selalu Konsultasi dengan Pihak Sewa Bus

Untuk harga yang lebih murah, selalu diskusikan dengan pihak sewa bus. Walaupun daftar harga yang disediakan untuk perjalanan dan bus itu fix, biasanya pihak persewaan tetap memberikan pilihan jika ingin mendapatkan harga murah.

Pilihan ini tentu disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Contoh saja penambahan kursi pada bus yang besar agar tidak perlu sewa dua bus medium. Hal ini tentu bisa lebih irit, tapi ketentuan mendapatkan kenyamanan perlu dipikirkan. Misal penambahannya hanya 4 sampai 6 kursi saja, tentu kenyamanannya tidak akan berkurang banyak.

Jika Memungkinkan, Minta Cek Bus Secara Langsung

Hal lain yang harus dilakukan sebelum deal harga, Anda bisa minta untuk cek bus sendiri. Hal ini tentu belum tentu dipenuhi jika bus sedang digunakan saat Anda memesan. Namun, proses ini penting untuk melihat apakah harga yang dibayar sesuai dengan apa yang Anda dapat.

Banyak orang terlalu fokus pada harga dan pembayaran sehingga melupakan status bus-nya. Mungkin di pikiran Anda spesifikasi bus yang diberikan belum tentu sama dengan sesungguhnya. Tulisan spesifikasi, kursi nyaman ataupun ukuran luas bersifat ambigu sebagai tulisan, jadi untuk yakin, ada baiknya melihat langsung.

10 Hal yang Harus Diperhatikan untuk Bus Pariwisata yang Pas

Setelah Anda tahu cara sewa bus pariwisata secara umum, Anda harus tahu hal — hal penting yang harus diperhatikan saat memilih bus yang pas. Pada bagian di atas, Anda mungkin sudah mendapatkan bayangan seperti apa bus yang baik itu. Tapi agar lebih jelas, Anda perlu memperhatikan hal yang lebih spesifik.

Sepuluh hal yang akan dibahas di sini akan berguna saat menggunakan tahap cek bus secara langsung. Mari bahas dengan lebih rinci, apa saja hal — hal penting tersebut!

Ukuran Bus

Hal pertama yang harus dicek adalah ukuran bus. Ukuran di sini meliputi tampilan luar dan juga luas ruangan di dalamnya. Jika Anda sewa bus besar, tentu rute dan pilihan tempat wisata akan harus disesuaikan.

Beberapa bus besar tidak akan bisa melewati jalur yang terlalu sempit. Jadi untuk wisata yang membutuhkan jalanan kecil, Anda harus pikirkan ulang. Ukuran bus juga berarti Anda harus siap bersabar jika ingin parkir, memutar ataupun kebutuhan manuver lainnya.

Untuk ukuran dalam, hal ini lebih pada kenyamanan. Jika ukuran bus besar dan luas, Anda tentunya bisa lebih menikmati perjalanan lebih baik. Hal seperti ruang kaki yang lapang, kemampuan jalan — jalan mudah dan tidak terlalu sesak banyak orang adalah kelebihan yang bisa Anda dapatkan di bus besar.

Tapi ingat, bus ini biasanya lebih mahal daripada bus medium. Jadi selalu pikirkan kapasitas orang dengan bus yang dipilih. Usahakan pilihan bus tidak berlebihan, tapi juga tidak terlalu memaksakan penumpang untuk bersesakkan saat wisata.

Tempat Duduk

Bagian bus yang akan sangat berpengaruh pada kenyamanan perjalanan adalah tempat duduk. Tempat duduk bis yang baik, minimal terasa empuk saat digunakan. Batasan minimal ini sangat penting terutama untuk perjalanan wisata lama.

Keliling Jakarta di dalam bus tentu bisa memakan waktu seharian. Jika paket wisata Anda juga meluangkan waktu lebih dari satu hari di sini, Anda tentu butuh tempat duduk yang nyaman dan tetap empuk digunakan lama.

Batasan minimal ini tentu tidak cukup jika Anda mencari pengalaman perjalanan yang lebih baik. Banyak persewaan bus menawarkan tempat duduk berkualitas tinggi sebagai fokus marketing. Jadi Anda tahu bahwa tempat duduk yang baik bisa macam — macam bentuk dan kualitasnya.

Hal yang biasanya dicari di tempat duduk yang baik adalah kemampuan pengaturan kemiringan, bantalan dan sandaran tangan. Kursi yang lebih baik terkadang juga memberikan sandaran kaki juga. Tambahan fitur ini di sini selalu harus diperhatikan jika Anda sedang memilih bus untuk dipakai wisata.

AC

Untuk kenyamanan berkendara jauh, AC sangat diperlukan. Banyak orang mungkin merasa tidak memerlukannya, karena sudah terbiasa mengendarai bus tanpa AC. Tapi di sisi lain, demi kenyamanan berkendara, AC harus digunakan.

Anda bisa bayangkan seberapa banyak asap kendaraan yang akan masuk ke bus jika AC tidak digunakan. Di Jakarta sendiri, udara panas dan polusi bisa menyerang ke dalam kendaraan. AC membantu memfilter hal ini untuk menjadikan pengalaman tamasya lebih baik.

Saat memilih bus dengan fitur AC ini, pastikan tiap tempat duduk berfungsi AC-nya. Jangan sampai ada penumpang yang nantinya harus menderita selama perjalanan karena hanya tempatnya yang tidak memiliki AC.

AC ini juga diusahakan bisa disesuaikan. Jika fitur hanya menyediakan on dan off, tentu saja perjalanan jadi kurang nyaman. Penyesuaian ini penting saat malam hari dan udara tidak begitu panas. Jika AC menyala terlalu dingin, tentu perjalanan malam jadi tidak enak karena para penumpang menggigil.

Tempat Barang di Dalam

Di atas tempat duduk penumpang biasanya ada tempat untuk menyimpan barang. Ukuran tempat ini bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Mulai dari tempat tas, snack ataupun menyimpan bawaan oleh — oleh.

Tempat barang ini perlu diperhatikan karena ukurannya menentukan bagaimana rombongan bisa mengorganisasi barang — barang mereka. Kebutuhan ruang penyimpanan tentu harus fleksibel, jadi jika muat banyak, Anda akan lebih untung.

Walaupun begitu, ukuran ini juga perlu diukur dengan posisi duduk penumpang. Jika ukuran tempat simpan besar tapi membuat tempat duduk sempit, tentu saja hal ini tidak ideal. Bagi anak — anak, tempat seperti ini tentu masih tidak masalah karena mereka tidak akan terpentok kepalannya, tapi untuk orang tua, masalah bisa muncul dari sini.

Bagasi Bus

Tempat simpan lain dalam bus adalah bagasi. Biasanya bagasi ini terletak di sisi bus dan muat lebih banyak. Untuk Anda yang merencanakan pergi menginap di Jakarta, tentu bagasi ini akan digunakan untuk menyimpan koper — koper besar untuk baju.

Bagasi bus adalah bagian yang cukup penting untuk memastikan muatan bisa dibawa semua. Biasanya pihak persewaan bus memberikan spesifikasi ukuran bagasi ini untuk Anda. Dari info ini, Anda dan rombongan bisa memikirkan kapasitas bawaan per orang-nya.

Pengaturan kapasitas ini penting agar nantinya tidak ada barang yang harus ditinggal saat ingin berangkat. Jika tidak di atur, bisa saja satu orang rombongan membawa banyak koper dan akhirnya anggota rombongan yang lain tidak bisa masuk bawaannya.

Jika ingin lebih mudah di atur, Anda bisa juga memberikan aturan satu koper standar per orang yang bisa masuk bagasi. Sisa tas lain masuk pada ruang penyimpanan di dalam bus. Hal ini nantinya akan mengurangi beban bagasi dan membuatnya lebih rapi.

Lampu Dalam

Saat melakukan pengecekan dalam bus, pastikan juga lampu yang ada di dalamnya. Lampu dalam yang digunakan di kendaraan besar biasa lebih dari satu jenis. Jenis ini meliputi lampu terang, lampu malam dan lampu baca.

Lampu terang adalah yang paling penting untuk diperhatikan. Lampu ini bertugas mirip lampu ruangan di rumah. Tanpanya, Anda dan rombongan akan kesulitan untuk beraktivitas pada malam hari. Bayangkan saja ada anggota rombongan yang mabuk kendaraan saat malam hari. Jika lampu terang ini tidak berfungsi baik, perawatan orang tersebut akan lamban dan bahkan berpotensi menyebabkan masalah lain.

Lampu malam adalah lampu redup yang digunakan untuk pencahayaan saat waktunya rombongan tidur. Lampu ini lembut dan tidak menyorot seperti lampu terang. Biasanya lampu ini disediakan bagi orang yang tidak bisa tidur tanpa lampu.

Lampu baca biasanya digunakan individu di kursi sendiri saat malam hari. Lampu ini disediakan untuk orang — orang yang butuh penerangan pribadi tanpa mengganggu anggota rombongan lain. Jika harus menyalakan lampu terang, tentu saja, hal ini akan mengganggu rombongan yang sedang tidur.

Pastikan tiap lampu ini berfungsi baik. Jika ada masalah, diskusikan dengan pihak penyedia bus agar mengganti lampu ataupun meminta pilihan bus lain yang lebih baik. Lampu ini terlihat simple tapi akan penting saat perjalanan wisata jauh.

Sound System

Hal berikutnya yang perlu dipikirkan adalah sound sistem. Di bus pariwsiata, kegunaan alat ini lebih pada koordinasi. Misal ukuran bus besar dan dalam posisi berjalan, pengumuman yang disampaikan dari depan bus tentu tidak akan terdengar.

Bayangkan saat pengecekan absen rombongan. Jika sound system tidak baik, bisa saja ada orang yang tidak mendengar dan ditinggal karena proses absensi tidak sempurna. Kejadian ini tentu jarang terjadi, tapi lebih baik tidak mengambil resiko dengan sound system rusak.

Bayangkan saja saat membawa guide tour yang diperuntukan untuk membantu menjelaskan objek wisata. Jika suara tidak bisa sampai ke seluruh anggota rombongan, tentu mereka akan rugi. Untuk mencegah hal ini, pastikan sound system yang digunakan nyaring dan rata bisa didengar dari seluruh posisi bus.

Kamar Mandi

Beberapa bus pariwisata yang khusus digunakan untuk keperluan perjalanan jauh biasanya dilengkapi dengan kamar mandi dalam. Kamar mandi ini membantu untuk para anggota rombongan menyelesaikan masalah buang air.

Dalam perjalanan panjang, belum tentu ada tempat pemberhentian untuk buang air. Jika ada rombongan yang kebelet, tentu kasihan jika harus suruh menahan sampai menemukan tempat yang pas. Jika ada kamar mandi dalam, hal ini tentu tidak masalah lagi.

Saat melakukan pengecekan pada kamar mandi ini, pastikan agar pintu bisa ditutup kencang dan memiliki fitur kedap udara. Hal ini selain untuk menjaga privasi, penting untuk mencegah aroma tidak sedap bocor.

Aroma kamar mandi yang menyebar di dalam bus hanya akan membuat pengalaman berlibur tidak nyaman. Hal seperti ini bisa membuat banyak orang jadi mabuk dan sakit. Karena itu penggunaan kamar mandi dalam bus ini perlu di kontrol baik.

Selain pintu, coba lihat juga tampungan air dan juga tingkat kebersihannya. Jika air untuk membuang kotoran bisa habis, tentu saja kamar mandi ini akan menjadi masalah. Kebersihan kamar mandi juga penting untuk memastikan yang menggunakannya nyaman.

Kru Bus

Berikutnya adalah kru. Dalam bus, biasanya ada 2 sampai 3 kru bus. Hal ini penting untuk di cek latar belakang dan skill dari masing — masing kru. Kenyamanan perjalanan dan keselamatan Anda ada di tangan para kru ini, jadi pastikan untuk melihat detail kemampuan mereka.

Dalam mengendarai bus, Anda mungkin mengira kru ini terdiri dari 1 supir dan sisanya asisten. Hal ini tentu tidak benar. Kru biasanya terdiri dari beberapa supir yang bisa bergantian posisinya menjadi asisten. Hal ini penting untuk memastikan sopir bisa bergantian saat ada yang letih dan mengantuk.

Saat perjalanan panjang, sering kali sopir harus tetap berkendara malam hari. Jika tidak digantikan, tentu keselamatan rombongan jadi taruah. Anda yang menjadi pemesan, harus usahakan juga mengurusi supir ini. Diskusikan dengan pihak persewaan apa saja yang menjadi tanggung jawab Anda.

Hal seperti makan kru dan kebutuhan lainnya harus Anda perhitungkan agar kru bus bisa tetap menjaga kendaraan. Pastikan juga jadwal dari kru ini di dalam bus. Jika merasa satu sopir berkendara lama, sarankan untuk bergantian dengan kru sopir yang lain.

Entertainment

Di dalam bus, layanan entertainment bisa bermacam — macam. Mulai dari musik, karaoke, tayangan TV dan juga hiburan games bisa jadi ditawarkan dalam bus. Tentu hal ini menarik, tapi kelengkapannya harus disesuaikan dengan penumpang.

Misal saja rombongan Anda diisi oleh banyak anak — anak. Tentu saja hiburan yang paling pas adalah lagu untuk anak dengan TV. Karaoke tentu bisa dipakai juga, tapi tidak banyak anak yang berani karaoke di bus. Untuk pilihan hiburan orang tua, karaoke bisa lebih digunakan. Tayangan TV dan juga lagu yang diputar juga bisa dipilih yang klasik.

Hiburan yang tidak disesuaikan dengan segment rombongan tentu hanya akan mengganggu. Bayangkan harus mendengarkan lagu balonku ada lima padahal yang ikut rombongan adalah bapak — bapak kantoran. Lagu ini tentu akan menjadi hal yang menjengkelkan.

Fasilitas Tambahan

Untuk hal terakhir yang harus dicek adalah fasilitas tambahan. Contoh dari fasilitas tambahan ini adalah wi-fi, makanan, minuman, bantal, selimut dan P3K. Semua ini tentu akan membuat perjalanan makin baik dan lebih nyaman.

Bayangkan bisa akses internet dengan mudah tanpa harus mengandalkan sinyal sendiri. Layanan internet cepat juga bisa jadi pengganti hiburan saat di perjalanan. Contoh saja daripada melihat TV bus, Anda bisa menikmati tayangan YouTube sendiri di smartphone karena ada wifi ini.

Penggunaan layanan minuman dan makanan biasanya bukan full layanan perjalanan seperti tour. Layanan dari bus ini lebih pada permen atau camilan kecil yang disediakan sebelum keberangkatan. Minuman bisa juga berupa galon aqua yang disediakan untuk jaga — jaga saat ada yang butuh air.

Untuk bantal dan selimut, biasanya merupakan fasilitas yang belum tentu ada. Tapi saat ada orang tua di dalam rombongan, Anda bisa mendiskusikan dengan pihak persewaan untuk menyediakan hal ini. Orang tua tentu lebih sensitif pada AC dan bisa merasa mudah dingin, selimut akan membuat mereka lebih nyaman.

Layanan P3K di dalam bus biasanya sudah ada untuk keperluan mendadak, tapi selalu cek apa saja isinya. Banyak kasus yang memberitakan adanya kecelakaan karena obat dalam P3K kadaluarsa. Tentu obat gosok seperti minyak putih dan salep masih tidak terlalu bahaya, tapi obat minum seperti pil anti mabok dan kapsul obat pusing yang kadaluarsa bisa meyebabkan keracunan.

Semua bahasan ini harus Anda perhatikan karena akan berpengaruh pada kualitas perjalanan Anda. Harga sewa bus pariwisata yang worth it bisa dinilai dari hal — hal di atas. Jika Anda ingin tidak rugi mengeluarkan banyak uang demi menikmati liburan di Jakarta, tentu hal ini harus di cek.

Menikmati Liburan Bus Pariwisata di Jakarta

Nah, jika mampu mendapatkan bus dengan harga pas dan juga perlengkapannya sudah baik, tentu saja Anda cukup rencanakan bagaimana menikmati liburan dengan sewa bus pariwisata di Jakarta. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan perjalanan wisata ini!

Bawa makanan dan minuman yang tahan lama

Jika ingin membawa camilan dan minuman, pastikan yang tahan lama. Jika Anda membawa makanan yang mudah basi, Anda sendiri yang akan rugi. Bayangkan jika makan tidak habis dan harus di simpan. Karena lupa, makanan ini jadi sudah tidak enak dan berbau. Anda sendiri nantinya yang rugi. Jadi pastikan hanya membawa makanan dan minuman yang tahan lama selama perjalanan.

Bawa beberapa hiburan pribadi

Jika ingin membuat perjalanan lebih menyenangkan, Anda tidak perlu menggantungkan hiburan pada fasilitas di bus. Anda tentu bisa bawa Walkman, game console portable ataupun sekedar buku. Hiburan ini akan memastikan Anda bisa menikmati perjalanan saat sudah bosan mengobrol dengan rombongan lainnya.

Ambil rute — rute yang dekat dengan spot menarik di Jakarta

Jika ingin perjalanan lebih berkesan, pilih rute — rute yang dekat dengan spot menarik Jakarta. Misal saja melewati area Monas. Walaupun tidak berkunjung, Anda bisa menikmati kemegahan bangunan ini dari jalan.

Rute yang menarik juga bisa diambil untuk pemberhentian dan istirahat. Misal saja Anda ingin mengunjungi tempat oleh — oleh yang khas Jakarta. Hal ini tentu akan lebih mungkin jika sudah menentukan rute — rute yang menarik selama perjalanan.

Coba Buat Cerita Perjalanan

Di era sosial media ini, Anda tentu bisa memanfaatkan hal ini untuk membuat cerita perjalanan dan membaginya dengan banyak orang. Jika membawa smartphone, Anda bisa mengoleksi foto shelfie, pemandangan sepanjang perjalanan, kejadian dan event menarik sepanjang perjalanan dan mempostingnya di Instagram ataupun Facebook.

Memory di internet ini nantinya bisa dikenang lagi setelah wisata selesai. Sosial media bisa menyimpan memory yang special bagi Anda. Kenangan menarik ini bisa diisi dengan comment dan juga pengalaman rombongan dan tentu akan membuat bumbu perjalanan lebih mengasyikkan.

Layanan Persewaan Bus Pariwisata Sandholiday

Nah, seperti yang sudah direkomendasikan sebelumnya, untuk keperluan bus yang berkualitas dan layanan yang baik Sandholiday adalah pilihan yang paling pas. Di tempat ini, Anda bisa memilih bus medium dan besar untuk keperluan tour.

Bus yang digunakan selalu baru karena ada kebijakan rotasi kendaraan yang sudah di luar umur tertentu. Jadi jika pesan di sini, Anda tidak perlu takut menggunakan bus yang sudah sering di-service.

Bagi Anda yang tidak percaya akan kelebihan layanan dari tempat ini, bisa silahkan hubungi sendiri. Apakah Anda ingin memastikan sendiri kendaraan? Anda bisa membuat janji dengan pihak Sandholiday untuk melihat bus — bus yang bisa digunakan.

Bagi Anda yang memiliki rombongan kecil, tempat ini juga menyediakan mini-van dan mobil pariwisata lainnya. Pilihan ini tentu fleksibel dan bisa dimanfaatkan untuk Anda yang tidak ingin mengeluarkan budget besar karena hanya rombongan kecil.

Sekian bahasan tentang serba serbi cara dapatkan harga pas untuk sewa bus pariwisata dan hal penting saat pilih bus wisata. Mudah — mudahan dengan bahasan di atas, Anda bisa terbantu memilih kendaraan yang pas. Terima kasih sudah membaca dan jangan lupa untuk mencoba Sandholiday sebagai pilihan pertama Anda.

Sumber :

Alamat Sandholiday :

Kawasan Niaga Citra Gran. Jalan Alternatif Cibubur Blok R6/19, Jatisampurna. Bekasi, 17435, Jawa Barat

Sewa Bus Pariwisata Murah di Jakarta

Sewa Bus Pariwisata

Written by

Informasi, Rekomendasi, Daftar Harga, Promo dari Sewa / Rental Bus Pariwisata Termurah di Jakarta dan Kota-Kota Besar Lainnya

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade