Langkah Ampuh Mengobati Penyakit Snot atau Pilek pada Ayam Bangkok

Shella lie
Aug 7, 2018 · 3 min read

Sabung Ayam Online — Para peternak memiliki cara tersendiri untuk mengatasi atau mengobati penyakit snot yang menyerang ayamnya. Pengobatan penyakit snop dapat dilakukan dengan menggunakan obat-obatan alami ataupun yang mengandung bahan kimia.

Langkah Ampuh Mengobati Penyakit Snot atau Pilek pada Ayam Bangkok — Join Sabung Ayam

Pada Kesempatan ini tim joinsabungayam akan berbagi dengan anda pecinta sabung ayam yang masih belum mengetahui bagaimana cara mengobati penyakit snot pada ayam bangkok. Berikut langkah-langkah yang akan kami berikan untuk anda semua.

Namun akan dijelaskan terlebih dahulu snot itu apa? snot merupakan penyakit yang mematikan untuk unggas baik itu ayam, burung maupun jenis unggas lainnya. Penyakit ini dapat disebabkan oleh dianogsis bakteri Haemophillus gallinarum yang menyerang atau meninfeksi saluran pernapasan. Penyakit snop ini dapat menular secara cepat, awalnya tidak terlihat berbahaya namun pada kasus kronis penyakit ini sangat berbahaya.

Gejala Penyakit Snot pada Ayam atau unggas yang sakit Snot (Coeyza) akan mengalami gejala, seperti berikut:

  • Akan lebih mudah terserang penyakit lainnya.
  • Jika dibiarkan maka kemungkinan lendir yang keluar akan menjadi mengental.
  • Lendir yang keluar dari hidung berbau busuk dan tidak enak.
  • Hidung ayam (unggas) akan mengeluarkan lendir dan akan membuat ayam bersin-bersin.
  • Pertumbuhan ayam menjadi lambat.
  • Kemudian pada bagian muka unggas akan membengkak seperti terkena gigitan tungau.
  • Penyakit snot akan mengganggu sistem pernapasan dan menyebabkan ayam menjadi ngorok.
  • Pertumbuhan ayam menjadi lambat.

Langkah Ampuh Mengobati Penyakit Snot atau Pilek pada Ayam Bangkok, Sebagi Berikut:

Dengan Menggunakan Obat Herbal

Bahan-bahan yang dapat anda gunakan diantaranya adalah 200 gram kunyit, 100 gram kencur, 100 gram jahe serta dihaluskan dengan ditumbuk atau bisa diblender. Karna bahan- bahan ini sangat aman serta alami untuk digunakan karna dari bahan herbal. Pemberian obat pada ayam sebaiknya pada sore hari karena ayam akan benar-benar istirahat dan obatpun akan bekerja dengan sangat efektif.

Dengan Menggunakan Obat Kimia

Untuk pemberian obat kimia sebaiknya digunakan ketika kondisi penyakit ayam benar-benar sudah parah, karna dengan memberikan obat kimia tentunya memiliki efek samping yang kurang aman. Banyak obat snot yang beredar ditoko yang dapat anda gunakan seperti Sulfamerasin, Streptomisin, Sulfatiasol, Sulfametasin, dan masih banyak lagi. Apabila anda memberikan obat kimia harap dibaca terlebih dahulu petunjuknya.

Dengan Kombinasi Obat Herbal dan Obat Kimia

Obat Herbal serta obat kimia dapat dipergunakan secara bersama-sama asal jumlah serta dosis yang sesuai. Ditambah lagi umumnya obat-obatan kimia untuk penyakit snot adalah berbentuk pil atau bubuk yang dicampurkan pada pakan atau minuman ayam, jadi jika kita juga memakai obatan herbal tidak jadi permasalahan. Pemberian obat kimia pada pagi hari serta obat herbal ketika sore hari peluang akan percepat penyemuhan penyakit snot pada ayam.

Penyakit snot sangat berbahaya dan dapat mengancam ayam kesayangan anda. Yang lebih parahnya dari penyakit ini adalah sangat cepat menular terutama pada ayam yang masih berusia muda.

Baca Juga berita lainnya hanya di : Sabung Ayam Online Indonesia

Demikianlah artikel diatas ini mengenai “Langkah Ampuh Mengobati Penyakit Snot atau Pilek pada Ayam Bangkok” semoga dapat menambah wawasan para pembaca maupun para pecinta dunia sabung ayam online. Dengan pengetahuan yang sudah kami berikan, semoga dapat membantu anda dalam memilih peliharaan ayam aduan yang berkualitas bahkan mematikan. Sekian dan terima kasih banyak atas kunjungan anda.

Baca Juga berita lainnya di : agenkaisar.com

More From Medium

Top on Medium

Ed Yong
Mar 25 · 22 min read

20K

Top on Medium

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade