Tips Aman Sebelum Membeli Rumah Bekas

Ada banyak pertimbangan jika Anda ingin membeli rumah bekas karena akan ada banyak faktor yang akan membuat Anda kerepotan seperti legalitas, keamanan, fasilitas, hingga kondisi lingkungan sekitar. Berikut ini tips aman sebelum membeli rumah bekas.

1. Siapkan dana yang cukup
Perkirakan dengan pasti berapa banyak dana yang Anda miliki jika ingin membeli rumah dijual secara tunai. Jika Anda menginginkan KPR, apakah Anda yakin bisa melunasi hutang Anda di kemudian hari? Bila anggaran sudah ada maka Anda bisa menentukan jenis dan tipe rumah berdasarkan dana yang Anda miliki.

2. Tentukan kriteria
Perasaan nyaman dan betah menempati sebuah rumah hunian adalah hal yang mutlak. Jadi, segera daftar kriteria rumah Anda seperti ketersediaan air yang mencukupi, faktor keamanan, apakah dekat dengan pasar, dan lain sebagainya.

3. Buatlah daftar perbandingan antara rumah bekas
Banyak sekali rumah bekas yang dijual, untuk mendapatkan yang terbaik Anda harus mengumpulkan daftarnya, pilih yang menarik perhatian Anda dan lakukan pengamatan langsng ke lokasi rumah.

4. Lakukan survey
Membeli rumah bekas tidak seperti menempati kontrakan yang sifatnya hanya sementara sehingga melakukan survey pun tidak cukup hanya sekali. Lakukan berkali-kali agar Anda bisa mempertimbangkan sisi positif dan negatif nya. Periksa secara lebih terperinci pada setiap komponen dan sudut rumah.

5. Cek legalitas rumah
Segera lakukan langkah ini jika Anda sudah merasa bahwa rumah itu tepat untuk Anda. periksa secara teliti semua dokumen dan surat legalitas rumah seperti sertifikat hak milik atau hak guna bangunan. Jangan lupa untuk mengecek apakah rumah tersebut adalah rumah sengketa atau bukan.

Sangat disarankan untuk segera melakukan balik nama saat Anda sudah yakin dan melakukan deal dengan penjual.