Reza Rahadian akan Main Film Tentang Gw

Dan mungkin dia akan main film tentang lo juga!

Reza Rahardian (terlalu) sering memerankan film biopic tokoh Indonesia

Di umur 27 tahun ini, gw sudah merasakan ada impian yang tidak akan terwujud, merasakan hasil akhir yang tidak berjalan sesuai rencana, merasakan menjalani kehidupan yang tidak terpikirkan sebelumnya. Semua itu kadang bikin bertanya, setelah ini akan ada apa lagi?

Salah satu sikap gw agar siap menghadapi dinamika hidup itu adalah dengan menganggap itu semua nanti akan menjadi plot cerita film biopik gw.

Mungkin lo juga harus coba menggunakan mindset itu, dan ini alasan kenapa cara itu gw praktekin:

  • Mindset itu membuat gw mengetahui kegagalan bukanlah akhir dari semuanya. Gw siap sama twist yg dikasih dari rencana hidup gw. Ketika gagal, gw harus bisa move on karena ceritanya masih harus berlanjut. Gw tidak akan menyerah untuk mengubah keadaan. Kalo gw menyerah, cerita ini akan selesai dan tidak akan pernah jadi film.
  • Mindset itu membuat gw berani ambil keputusan yang bold di hidup gw. Gw ambil keputusan hidup yang akan membuat ceritanya semakin menarik. Selama hidup ini pasti gw akan terus dihadapi berbagai pilihan, kalo tiap pilihan cuma “ngikutin arus”, cerita gw ngga akan bedanya sama cerita orang lain. Produser mana yang mau ngangkat cerita gw kalo begitu?
  • Mindset itu membuat gw sadar kekurangan pada diri gw yang dalam film membuat karakter protagonisnya ngga bisa menang begitu saja. Dengan menyadari itu, gw jadi terbuka dengan kritik. Gw jadi terpacu untuk improve. Gw jadi diingatkan kembali kalo gw ngga bisa melakukan semuanya sendirian.
  • Mindset itu bikin gw berani menghadapi konflik. Setiap cerita butuh konflik. Umumnya seseorang menghindari konflik yang kenyataannya hanya menunda konflik itu terjadi. Bahkan terkadang malah konflik jadi membesar karena penundaan itu. Dengan tidak menghindari konflik, hidup gw pun semakin tenang karena menyadari bahwa gw ngga akan bisa nyenengin semua orang dan ngga perlu berusaha untuk itu juga.
  • Mindset itu membuat gw tau setiap film akan ada peran antagonis. Jadi kalo sekarang belum ketemu, gw harus bersiap, berarti plot ceritanya baru sampe pengenalan karakter.
  • Mindset itu membuat gw menyadari hidup ini hanya sebentar. Hidup sampai 90 tahun pun akan cukup dijadikan film biopik durasi 90 menit. Kalo sedang terpuruk, gw sadar ini hanya sebentar. Kalo pun sedang “di atas” gw tau ini juga sementara. Dengan begitu gw diingatkan agar jangan menyia-nyiakan waktu yang ada.

Pada akhirnya memang bukan soal seberapa besar peluang cerita gw akan dijadikan film, tapi mindset ini yang bikin gw punya keyakinan menjalankan hidup. Gw siap punya cerita yang beda dengan orang lain.


Plot cerita berikutnya dari hidup gw adalah ketika gw mencoba menulis secara rutin. Menuangkan segala pengalaman, lesson learned, benang merah, moral of the story apapun namanya untuk dibagikan kepada orang lain.

Kalo lo tertarik untuk terlibat dari cerita ini, silakan daftarkan email lo di bawah ini.

Kalo merasa tulisan gw bermanfaat buat lo, silakan daftarkan email lo juga. Gw sangat menghargai dukungan lo. Thanks guys!

Lo bisa unsubscribe kapan pun lo mau