I want to be a Programmer

Yuanda
2 min readFeb 12, 2023

--

https://www.simplilearn.com

Kok tiba-tiba pengen jadi programmer, sih?

Dalam rangka mewujudkan cita-cita untuk terus meng-upgrade diri dengan kemampuan di bidang tech (yang sedang banyak diminati saat ini), aku memutuskan untuk belajar dari awal menjadi seorang programmer. Keinginan tersebut mendapat persetujuan dari suamiku yang juga seorang programmer. Singkat cerita, dia adalah instructor aku dari beberapa bulan yang lalu (mungkin dimulai dari awal bulan November). Kemudian, suamiku mendorongku untuk mengikuti bootcamp (lagi). Dan ya… di sini lah aku berada (di mana ya?), mengikuti program Job Connector Fullstack Web Development dari Purwadhika.

Wow, belajar di Purrwadhika..

Jadi, aku ikut program tersebut dari akhir bulan Januari, memang baru beberapa minggu, tapi seperti yang sudah aku sampaikan, jauh sebelum aku mengikuti program dari Purwadhika, aku sudah belajar mengenai dasar-dasar programming (HTML, CSS, dan Javascript) sejak bulan November.

“Trus kenapa lanjut bootcamp kalau udah belajar dari November?”

Sebenarnya itu syarat dari instructor aku (read: suamiku), sebelum ikut bootcamp, at least aku paham dasar-dasar dan konsep tentang apa yang akan dipelajari selama bootcamp. Terlebih, aku sudah tidak pernah belajar keras sejak kuliah, jadi otakku harus pemanasan dulu.

“Belajarnya gimana tuh dari November? Apa saja yang dipelajari?”

Aku belajar semua materinya dari Codecademy (terima kasih kepada Codecademy yang menyediakan tempat belajar gratis):

  • Belajar HTML bagiku adalah level yang paling mudah. Aku sangat senang ketika belajar HTML karena wahh aku sangat jago coding ya.. hahaha. Ini link untuk belajar HTML: https://www.codecademy.com/learn/learn-html
  • Belajar CSS. Ini sebenarnya masih mudah, hanya saja agak memusingkan ketika aku ingin menyesuaikan style content dengan isi dari yang kutulis di HTML. Menurut aku, CSS ini seperti menggunakan tools di Figma, kita akan bisa satsetsatset ketika sudah terbiasa menggunakannya. Ini link untuk belajar CSS: https://www.codecademy.com/learn/learn-css
  • Belajar Javascript meruntuhkan seluruh motivasiku untuk lanjut belajar programming. Untuk seseorang yang tidak terbiasa mengerjakan soal matematika (aku kuliahnya sastra, btw), Javascript adalah gunung yang sangat besar yang harus aku daki. Sangat susah. Aku ulangi, sangat sangat susah. Aku hampir menyerah karena sudah 1 bulan belajar tapi tetap tidak paham konsep logic-nya. I literally cry when I couldn’t find out the answer of a task. Well, anyways.. mengenai Javascript, aku memang masih perlu waktu untuk memahami suatu task yang harus dikerjakan. Tapi, setelah latihan banyak soal (mulai dari yang mudah sampai yang benar-benar sulit sampai mau nangis lagi), aku sudah -bisa dikatakan- lumayan bisa :) Ini link untuk belajar Javascript: https://www.codecademy.com/learn/introduction-to-javascript

Sekian dulu, curahan hati seorang yang berkeinginan terus untuk meng-upgrade diri dengan skill-skill yang baru. Nanti aku akan update mengenai perjalananku (atau bahkan bisa kasih tips how to survive …)

Nantikan kisah berikutnya, thank you!

--

--

Yuanda

Junior Fullstack Engineer | Interest in Web Development and UI/UX Research and Design | see my website https://yuandaputri.com/