Image for post
Image for post

Ada tiga elemen utama dalam membuat kursus online: aktivitas berupa perencanaan desain kursus online, tim yang terdiri orang-orang yang perlu terlibat dalam proyek kursus online, dan teknologi yang digunakan untuk memproduksi dan menyampaikan kursus online. Tanpa ketiga elemen ini, proyek kursus online tidak akan berjalan mulus.

Aktivitas
Desain kursus online bersifat sangat penting pada proyek kursus online agar materi-materi yang sudah terstruktur dalam website kursus online dapat digunakan beberapa kali tanpa perlu dilakukan pemeliharaan secara berkala. Untuk menentukan aktivitas apa saja yang harus dilakukan untuk mengembangkan proyek kursus online, diperlukan model desain instruksional.
Desain instruksional adalah pengembangan secara sistematis spesifikasi yang diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran agar kualitas pembelajaran terjamin. Prinsip dari desain instruksional masa kini adalah pembelajaran fokus kepada murid (student-centered learning) yang kolaboratif antara tutor dengan murid dan murid dengan murid; penggunaan teknologi yang membuat murid belajar secara aktif dan produktif; dan evaluasi mandiri yang dilakukan oleh murid atau kolaborasi antara murid dengan tutor dan/atau murid lain.
Ada banyak model desain instruksional yang dapat digunakan, di antaranya yang paling populer dan paling banyak digunakan adalah ADDIE. …


Image for post
Image for post

Zaman yang terus berubah memengaruhi tren industri pembelajaran di dunia, tidak terkecuali kursus online. Beberapa dari tren ini berhubungan dengan industri kursus online sendiri, sementara sisanya adalah hasil dari perubahan manajemen sumber daya manusia di perusahaan. Selain itu, perubahan signifikan tren konsumer juga secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi lanskap kursus online. Berikut beberapa tren kursus online pada tahun 2019:


Image for post
Image for post

Learning Management System (LMS) adalah sistem perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola kursus online, membagikan materi pembelajaran, dan memungkinkan terjadinya komunikasi antara murid dengan tutor atau murid dengan murid. Di perusahaan, LMS digunakan untuk memberi pelatihan, memantau, dan menilai kinerja karyawan. LMS juga dapat dikatakan sebagai portal web yang dikembangkan dari berbagai platform atau program seperti PHP, java, atau .Net, di mana ketiga program tersebut biasanya sudah terintegrasi dengan database engine seperti MySQL, PostgreSQL, atau SQL Server.

Ada dua tipe LMS yang bisa dipilih oleh suatu organisasi pendidikan maupun perusahaan untuk membangun kursus online: open source dan komersial. Moodle, Sakai, Kewl, dan ILIAS adalah contoh LMS open source. Sesuai dengan namanya, “open” pada open source memungkinkan LMS untuk digunakan sesuai dengan keinginan secara gratis sehingga banyak digunakan di institusi-institusi di negara berkembang seperti Indonesia. Perlu diingat, yang gratis dari LMS open source hanya perangkat lunaknya; biaya server, jasa pengelolaan LMS, dan lainnya belum diperhitungkan. LMS komersial yang sifatnya berbayar tentu memiliki fitur yang lebih beragam dibandingkan dengan LMS open source. …


Image for post
Image for post

Berawal dari papan tulis kapur hingga layar smartphone, teknologi telah mengubah konsep belajar menjadi tidak terbatas ruang dan waktu melalui kursus online. Tidak hanya teknologi, kebutuhan tutor dan murid untuk memberi dan mendapatkan pendidikan yang lebih efektif dan efisien — yang sulit didapat melalui kursus tatap muka biasa — juga berperan pada kemajuan kursus online. Di ranah perusahaan, kursus online dinilai memiliki efektivitas yang setara dengan kursus tatap muka, tetapi dengan pengeluaran biaya yang lebih sedikit. Oleh karena itu, kursus online banyak dimanfaatkan oleh trainer perusahaan untuk memberikan pelatihan kepada karyawan agar memenuhi kriteria skill yang dibutuhkan perusahaan.
Kursus online menyediakan sejumlah kelebihan dibandingkan dengan kursus tatap muka. …


Image for post
Image for post

Secara singkat, kursus online adalah pembelajaran yang dilakukan secara daring di dalam kelas virtual. Alih-alih harus datang ke suatu tempat pada waktu yang telah ditentukan, kursus online menyediakan kemudahan untuk belajar di mana saja dan kapan saja.

Perubahan konsep dalam sistem pendidikan tersebut tidak lain adalah hasil dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat, terutama internet. Tutor masa kini membutuhkan metode pembelajaran yang fleksibel, terjangkau, dan berpusat pada murid (student-centered learning); sedangkan murid membutuhkan pendidikan yang bisa didapat di luar kelas biasa untuk memenuhi peningkatan kebutuhan belajarnya. Kemajuan internet dapat mempertemukan kedua kebutuhan tersebut dalam wujud kursus online.

Ada dua tipe kursus online yang dapat digunakan dalam sebuah platform…


Panduan menambah konten materi atau bahan belajar pada modul yang telah dibuat

Hai! Anda sudah membuat Modul yang akan Anda isi dengan konten materi belajar kan? Jika belum, silakan baca tutorial “Membuat Modul” di sini ya. Jika sudah, mari lanjutkan tutorial berikutnya. Kami akan memandu Anda dalam mengisi konten-konten belajar sampai siap terbit dan siap dibagikan kepada para pembelajar di kursus online Anda.

Ketika Modul telah terbuat, Anda masih harus mengisinya dengan konten-konten materi (resource) yang akan menjadi bahan belajar pengguna kursus online Anda.

Dalam pembuatan Modul Anda perlu mengingat istilah-istilah berikut;


Panduan membuat modul belajar pada platform kursus online skydu.id

Halo! Kami akan memandu Anda dalam menyiapkan modul hingga terbit di website kursus online yang telah Anda buat! :)

1. Membuka Menu Halaman Modul

Langkah pertama Anda untuk membuat Modul Belajar adalah dengan membuka “halaman daftar Modul” dari Menu. Klik Modul > Buat Modul Baru. Lihat gambar di bawah:

Image for post
Image for post
Halaman Modul

Di halaman ini dapat melihat daftar modul yang sudah Anda buat, dengan status “Draft” dan “Published”. Anda dapat melihat informasi; Judul Modul, Nama Instruktur, Status Modul, dan Tanggal Dibuat.

2. Membuat Modul Pertama

Setelah klik tombol Buat Modul Baru, Anda akan diarahkan ke halaman form pembuatan Modul. Lihat gambar di bawah:

Image for post
Image for post
Form Buat Modul

About

SKYDU

Online Course Platform built with 🖤

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store