Peran penting Rambu Lalu Lintas dalam Kelamatan Pengguna Jalan

Rambu lalu lintas yaitu suatu bagian dari fasilitas jalan umum yang berupa lambang, huruf, angka, dan kalimat yang di dibuat menggunakan memakai papan dan sejenisnya yang ada di pinggir jalan.

Supaya bermanfaat setiap waktu, material untuk tiang dan papan rambu lalu lintas yaitu yang dapat memantulkan sinar atau cahaya ketika saat keadaan gelap. Dengan maksud tujuan yaitu agar pengendara yang melalui jalan bisa tetap melihat simbol rambu lalu lintas yang sudah terpasang walaupun kondisi gelap.

Jenis-jenis Rambu Lalu Lintas

Ada dua jenis rambu lalu lintas apabila dilihat dari segi pemasangannya. Yaitu:

1. Rambu Sementara

Rambu sementara adalah rambu yang dipasang saat ada situasi atau kondisi tertentu pada suatu jalan yang hanya sementara dikarenakan membahayakan keselamatan pengguna jalan. Seperti ketika ada bencana tanah longsor, biasanya 50 –100 m sebelumnya di pasang sebuah rambu yang menandakan agar pengguna jalan berhati-hati.

2. Rambu Tetap

Rambu tetap merupakan rambu lalu lintas terpasang dan bersifat secara permanen pada suatu jalan yang memerlukan rambu-rambu untuk peringatan. Seperti rambu dengan plang memakai lambang huruf S di silang atau di garis miring, maka rambu tersebut menandakan dilarang berhenti.

Selain itu pembagian rambu lalu lintas ada juga yang dilihat menurut perlengkapan rambu lalu lintas. Ada dua yaitu:

1. Rambu Konvensional

Rambu konvensional adalah rambu lalu lintas yang terbuat dari material yang mampu memantulkan sinar atau cahaya saat kondisi gelap entah karena malam ataupun cuaca. Contohnya rambu-rambu yang menggunakan papan dan memiliki lambang seperti huruf T, S, dan lainnya.

2. Rambu Elektronik

Rambu elektronik yaitu rambu lalu lintas dengan menggunakan sistem elektronik. Maksudnya yaitu sudah tersentuh teknologi sehingga mudah diatur ulang. Contohnya adalah rambu speaker peringatan ketika di persimpangan.

Fungsi Rambu Lalu Lintas

Pada intinya fungsi rambu lalu lintas adalah untuk mendukung kelancaran dan keselamatan pengendara atau pengguna jalan. Jika di spesifikasi lagi fungsi dari rambu lintas adalah sebagai berikut:

- Untuk memberiksn informasi kondisi jalan.

- Memberikan informasi keadaan lalu lintas.

- Untuk mendukung kampanye keselamatan lalu lintas.

- Sarana informasi saat sedang ada perbaikan jalan.

Fungsi-fungsi di atas adalah faktor-faktor yang bisa mendukung kelancaran dan keselamatan pengendara atau pengguna jalan. Jadi, rambu lalu lintas merupakan hal yang bermanfaat bagi pengendara atau pengguna jalan.

Apabila melihat secara realita, banyak pengendara yang dengan sengaja suka melanggar rambu lalu lintas yang ada, semua itu disebabkan karena keegoisan si pengendara. Maka wajar saja apabila masih banyak terjadi kecelakaan.

Oleh sebab itu, kita sangat perlu meningkatkan kesadaran diri saat berkendara, dan taat untuk mengikuti peraturan rambu lalu lintas yang sudah ada. Supaya kita bisa paham dan tahu ketika menemui rambu-rambu seperti rambu peringatan, rambu perintah, rambu larangan, dan rambu petunjuk. Maka tidak ada salahnya saat ada waktu luang kita belajar mengetahui semua tentang rambu-rambu lalu lintas dan artinya. Karena berkendara itu sangat beresiko terhadap keselamatan nyawa kita.

Like what you read? Give Siswo a round of applause.

From a quick cheer to a standing ovation, clap to show how much you enjoyed this story.