Papandayan Camping Ground

Info Wisata Garut
4 min readJun 5, 2018

--

Assallamualaikum … sobat di bulan puasa kali ini saya ingin mendoakan Anda supaya sehat selalu dan bisa menjalani ibadahnya dengan semangat. Sobat di artikel ini saya ingin berbagi kepada Anda tentang salah satu pengalaman saya saat mengunjungi Papandayan Camping Ground.

Saya yakin diantara sobat semua disini ada yang belum tahu bukan tentang wisata yang satu ini. Mungkin ada juga beberapa diantara Anda yang sudah mengetahuinya. Namun saya khususkan artikel ini dibuat untuk informasi kepada Anda yang belum mengetahuinya.

Papandayan Camping Ground

Papandayan Camping Ground (PCG Garut)

Papandayan Camping Ground atau dikenal juga dengan nama PCG Garut adalah salah satu wisata terbaru yang ada di Garut. Wisata ini sekarang sudah mulai cukup dikenal oleh kalangan wisatawan dari berbagai kota. Mula-mulanya sih hanya dikenal oleh wisatawan lokal saja.

Tempat wisata ini awalnya dibuat untuk tempat camping dari wisatawan yang ingin mendaki ke gunung papandayan. Akan tetapi karena wisatawan lokal lebih tertarik untuk berkunjung setiap sore jadinya dibuaatlah kawasannya secara lebih menarik.

Mulai di bangun fasilitas-fasilitas wisata yang unik karena pemilik wisata ini sudah terpikir untuk membuatnya menjadi sebuah objek wisata. Beberapa fasilitas yang dibuatnya seperti Rumah Pohon, selayunan atatu apalah saya kurang tahu namanya :) dan juga beberapa kerangka unik yang dibuat dengan menggunakan kayu.

Kunjungan Ke Gunung Papandayan Terhenti Oleh Wisata di Kaki Gunung Papandayan

Menurut saya pemilik wisatanya sangat kreatif tahu apa yang dibutuhkan oleh wisatawan saat ini. Dulunya sih di kawasan ini tidak terdapat apa-apa tapi ketika saya waktu itu tepatnya tanggal 15 Juni 2017 ingin main ke papandayan Garut ternyata di bawah kaki gunungnya sudah terdapat banyak wahana wisata yang cukup menarik.

Disana waktu itu kalo gak salah saya melihat ada wahana wisata Bukit Kopi yang masih sedang dalam masa penyelesaian. Ada juga Papandayan Leisure Park, Papandayan Camping Ground (PCG) dan Juga Nangklak Stayland. Perjalanan wisata saya akhirnya gak jadi dilanjutkan ke gunung papandayan, karena di bawah kakinya sudah terpotong minat saya untuk berkunjung.

Saya berpikir bahwa wisata ke gunung papandayan sudah sering saya lakukan. Yang belum yah ke wahana baru ini. Akhirnya dari sana saya melihat-lihat dulu wahana yang kelihatannya menarik. Setelah itu saya sudah putuskan untuk berkunjung ke PCG (Papandayan Camping Ground).

Sebenarnya waktu itu minat saya lebih tertarik ke Leisure Park. Namun berhubung lokasinya sudah terlewa jadi saya beloknya ke PCG deh. Ketika saya bertanya ke beberapa orang di lokasi sana, tentang harga tiket masuk Papandayan Leisure Park. Ternyata sangat murah lho tiket masuknya hanya Rp. 10.000,- / orang.

Tapi ternyata bukan hanya leisure park yang murah tiket masuknya. PCG dan bukit kopi serta nangklak stayland juga sama hanya Rp. 10.000,- / orang. Dari sana saya lebih seneng lagi deh jadi budget wisata saya akan berkurang. :) hhee maklum orang kampungg wkwkwk …

Kondisi Alam PCG Garut

Dari situ akhirnya saya dan teman-teman saya jadi masuk ke pcg Garut. Ketika masuk ke wisatanya ternyata cukup menarik juga dengan kondisi alam buatannya. Pihak pengelola memanfaatkan udara sejuk dan hijau disana sebagai daya tarik yang utamanya. Dengan sedikit polesan beberapa wahana yang cukup unik yang jarang di temukan di tempat lain.

Sebut saja Rumah pohon dan beberapa tempat duduk dan menara pandang yang terbuat dari pohon bambu. Cukup unik dan lucu menurut saya, selain lokasinya memiliki udara yang sejuk yang cocok buat ngadem, spot fotonya juga cukup bagus disana. Jadi kalo saya berfoto background nya itu kayak dimana gtu. Gaya bukan di Gaurt dah pokoknya.

Sewa Wahana

Nah berhubung waktu itu jatah uang wisata saya masih ada sisa akhirnya saya coba deh beberapa wahana yang ada di PCG. Tapi sebelumnya saya tanya dulu dong berapa tuh uang yang harus saya keluarkan untuk bisa menikmati wahana disana.

Setelah saya udah saya tanya-tanya ternyata lumayan murah juga sih. Hanya Rp. 15.000,- / orang untuk bisa menikmati SKY BIKE, Rp. 15.000,- / jam untuk bisa duduk-duduk santai di rumah pohon. Dan Rp. 250.000,- untuk sewa rumah pohon 1 hari 1 malamnya. Jadi kalo Anda mau nginep disana bayarnya cuma 250.000,- untuk 4 orang kalo gak salah.

Akhinya saya jadinya naik yang murah aja deh, yaitu SKY BIKE dan juga duduk santai di rumah pohon.

Lokasi

Nah sesudah saya puas nikmati semua kawasan yang ada disana dan wahana yang ada disana. Udah foto-foto dan yang lainya, akhirnya saya memutuskan untuk pulang lagi deh ke rumah. Namun sebelum pulang saya tanya dulu untuk lokasi wisata ini alamatnya itu ada dimana.

Pihak penjaga wisata tersebut menyebutkan alamatnya terletak di Ds. Sirnajaya Kec. Cisurupan, Garut Jawa Barat. Jadi kalo Anda kesana cari alamat tersebut. Jika lokasi Anda jauh berada di Bandung bisa gunakan atau ikuti jalur yang ada di google maps.

--

--