Perlukah Saya Ke Kantor Hari Ini

Baru memasuki bulan ke 4 saya bekerja, namun pertanyaan yang menjadi judul tulisan ini terus menghantui tiap bangun tidur. semua ini dimulai ketika serangan lembur dan revisi fitur menyerang sejak bulan ke 2. namun dulu pertanyaan yang muncul tiap bangun tidur adalah, saya pulang jam berapa ya hari ini. sungguh pengalaman yang tidak menyenangkan, lembur untuk mengerjakan fitur yang harus selesai malam tersebut tapi esok hari fitur tersebut diganti dengan fitur yang benar-benar berbeda.

bulan ke 2 saya saat itu adalah bulan puasa. saat itu memasuki akhir minggu pertama dan kemudian baru diberi tahu bahwa aplikasi harus selesai sebelum hari raya. jadilah saya minggu ke 2 dan beberapa hari di minggu ke 3 lembur tiap hari kecuali hari minggu dengan jam kerja minimal 12 jam. oh iya kalimat terakhir paragraf 2 masih berlaku meski jarang.

bulan ini saya merasa kemampuan ngoding yang pas-pasan ini benar-benar diuji sampai batas. menjadi single fighter kuliah dahulu akhirnya terasa manfaatnya sekarang. meskipun, sebenarnya tetap memilih bekerja dengan tim jika diberi pilihan.

singkat cerita, aplikasi tersebut selesai tepat waktu. dan frekuensi lembur telah berkurang. namun ada satu hal yang tidak berubah, tidak adanya perencanaan dan pemberitahuan tentang fitur-fitur yang harus dikerjakan. hal ini menyebabkan ketika ada penambahan fitur, diinfokan cukup mendadak dan hebatnya harus selesai hari itu juga. akhirnya lembur lagi.

di era modern di mana telah dirumuskan berbagai metodologi pengembangan perangkat lunak, ternyata metode deadline driven masih saja digunakan. padahal metode tersebut menyebabkan saya tidak memperdulikan kualitas kode yang saya tulis yang menyebabkan sulitnya di kemudian hari jika ingin menambah fitur.

saya yakin cepat atau lambat, hutang teknis tersebut akan datang membawa dampak yang tidak disukai. dan semoga saya sudah resign lama sebelum hal itu terjadi.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.