Double (Nightmare) Date

sukamakanacy
11 min readJun 12, 2023

--

"Oke oke aku ke depan yaaa"

Saila lari kecil dari kamarnya sambil bawa tas selempang yang masih belum ditutup rapet, bodoamat lah, isinya cuman dompet. Kepala sama pundaknha ngimpit hape yang lagi on telponnya Justin, buru buru sambil ngiket sepatu terus lanjut lari ke mobilnya Justin

Sampe di mobil, Saila ngos ngosan, terus ngipit ipitin tangannya, gerah, padahal ac mobil Justin nyala. Saila nyelosor di senderan kursi sambil netralin nafasnya. Justin geleng geleng liat Saila sambil ketawa

"Ngapain lari, orang aku ga kemana mana," Justin mulai jalanin mobilnya

Saila nunjuk arlojinya, "Udah telat kita Justiiin, ntar kalo Tipani sama Apis nungguin kan kasian"

"Gak papa kali, santai, kayak meeting bisnis aja"
"Meeting selingkuhan lebih tepatnya kali, hahah"

Tiba tiba Saila nyodorin roti abon ke mulut Justin, "Aaaaa.."
Reflek Justin buka mulutnya, sialnya malah dijejelin itu semua rotinya masuk ke mulut Justin, abistu Saila ketawa puas banget

Justin ikut ketawa, tapi dalem hatinya gak bisa boong. Saila masih bisa keliatan baik baik aja padahal ada hal sebesar itu yang disembunyiin Saila dari Justin, dari Fany juga. Saila masih bisa ketawa lepas padahal orang disampingnya yang masih berlabel pacarnya lagi mikir kesana kemari masalah bener enggaknya kabar kurang mengenakan ini.

Mobil Justin berenti di parkiran coffeeshop langganan kalo dua couple ini double date. Saila turun duluan, langsung masuk aja tanpa nungguin Justin. Tapi yang nyampe duluan Justin, jangan salahin kaki panjangnya jadi cepet nyampe, wkwk.

Anehnya Fany sama Travis duduk hadep hadepan, bukan sampingan. Nah pas Justin sama Saila dateng, tiba tiba Fany jadi geser, yang posisinya jadi serongan sama Travis. DAN YANG LEBIH ANEHNYA LAGI, Justin duduk di SAMPING Fany, bukan di samping Travis yang nantinya Saila duduk di sebelah Fany biar sama hadep hadepan sama pacarnya masing masing. Jadinya Saila bingung antara iya engga iya engga duduk di sampingnya Travis.

"Duduk atuh yang," dagunya Justin nunjuk ke kursi di sebelah Travis, di depannya Fany

Terus Travis berdiri, jalan ke arah Fany, "Ini... Ini gak salah? Harusnya kamu duduk di sini bae, sebelahku, biar Justin sama Saila sebelahan juga"

"Aku maunya duduk disini," Fany jawab tanpa ngeliat Travis sedikitpun. Justin berdiri buat ngedorong Travis balik ke tempat duduknya, terus nggandeng Saila buat duduk di kursi sebelah Travis.

"Duduk Ai"

Saila nurut, dia duduk di sebelah Travis.

Belum apa apa, hawanya udah mencekam banget. Justin balik ke tempat duduknya, terus buka hapenya.

Saila yang ngerasa perlu buat mecahin suasananya, akhirnya nyeletuk nanya, "Kalian udah pesen?"
Fany sama Travis kompak jawab, "Belum"

"Lah, kenapa belum? Yaudah gue aja yang sekalian pesenin ya, mau apa?"

"Gue nggak, Sai"
Saila ngernyitin alisnya, Fany gak pesen katanya? Tapi ya udah lah, lagi gak mah mungkin

"Travis?"
Sebelum jawab, Travis ngeliat ke Fany dulu, sambil mikir, dan akhirnya dia jawab, "Gue juga nggak"

Saila ketawa, "Aneh banget, tumben gak pesen, emang mau ngapain doang disini? Makan angin?"

Fany akhirnya berdiri, "Yaudah, ayo pesen, gue ikut pesen. Vis, kamu aku pesenin kayak biasa"

Tanpa nunggu jawaban dari Travis, Fany udah jalan ke kasir duluan, ninggalin Saila pula.
"Ihhh, Tipaniii.. Eh Tiin, aku pesenin kamu kayak biasa juga yaaa"
Justin gak nanggepin sama sekali.

Sisa Justin sama Travis di meja, bedua diem dieman. Justin fokus sama hapenya, Travis ngeliatin. Hari ini Justin sama Fany bener bener beda, udah gitu aneh juga betiba mau duduk samping sampingan gitu.

"Bro, lo lagi ada apa sih?"

Justin ngalihin atensinya dari hape ke Travis, "Gue lagi ada apa? Gak ada apa apa anjir," abistu dia ketawa, balik liat hape lagi

Fany sama Saila balik dari kasir, duduk di tempatnya yang tadi. Mereka lanjut diem dieman sampe pesenan dateng. Travis sama Saila bener bener clueless, tingkah Justin sama Fany bener bener bikin mereka gak nyaman.

Justin minum affogatonya, beberapa kali seruput langsung diabisin. Minumnya kayak orang haus gitu, padahal kalo minum ginian mah harusnya dinikmati.

"Gue mau nunjukin sesuatu ke kalian berdua"

Saila celingukan, "Hah? Ke siapa?"

"Kamu sama dia"
Dia-nya Justin cuman ngeliat Travis sekilas

Justin nyodorin hapenya ke arah Travis sama Saila, layarnya nampilin foto Travis sama Saila yang tempo hari dia dapetin dari Prinz. Fany yang tadinya lagi fokus layar hape, sekarang ngelirik ke arah mukanya Travis sama Saila

Travis sama Saila yang liat foto itu ekspresinya gak bisa boong. Matanya sama sama melotot kaget, abistu saling liat. Tangan Saila yang ketutupan meja noel noel tangannya Travis, air mukanya berubah jadi panik. Travis juga kaget, tapi dia lebih bisa kontrol ekspresi.

"Kenapa Sai? Ketauan ya?"
Omongan Fany yang singkat tapi cukup nusuk didenger, bikin dua duanya tambah ketar ketir. Darimana Justin sama Fany tau foto itu? Padahal yang tau foto itu dan hubungan mereka cuman Prinz doang. Disini mereka clueless banget karena cuman ada Prinz doang di otak mereka.

"Tin, aku.."

"Selingkuh?"
Justin, yang selalu jadi tukang lawak, bahkan gak pernah bisa kebayang muka marahnya Justin gimana, sekarang mukanya bener bener gak bersahabat. Mata yang sipit sipitnya mirip mata serigala ini natep Saila bukan tatepan yang biasa Saila liat, kali ini matanya lebih tajem dan ngeri, keliatan banget kilat marahnya.

"Ini gak asli, gue sama Saila disuruh foto kayak gitu sama... Sama ada lah waktu itu anak ukm fotografi yang kebetulan lagi coba coba lensa barunya, terus jadiin gue sama Saila model fotonya"

"Harus kaya gitu ya posenya? Terus kalo cuman model kok sumringah gitu mukanya? Lo kayaknya enak banget dipeluk cewek gue"

"Eh mulut lo jaga ya anjing"

"Terus gue mau nanya juga soal penjelasan lo, sejak kapan Prinz ikut ukm fotografi? Orang dia sibuk kuliah bareng Fany"

Skakmat, Travis sama Saila cuman bisa diem, udah ketangkep basah, mau ngelak yang ada makin dipojokin. Tapi kalo ngaku pun gak mungkin, keliatan sebangsat apa mereka nanti kalo ngakuin hal yang tolol ini.

"Dari kapan kalian kayak gini?" nada bicaranya Fany lebih rendah daripada biasanya

"Tip, gue gak pernah ngapa ngapain sama Travis. Lo kan tau gue shipper lo banget sama Travis, bahkan dulu gue bener bener dukung kalian berdua pacaran"

"Tapi itu dulu kan Sai? Sekarang lo yang mau sama Travis"

"Gue gak pernah berpikiran kayak gitu, Tip"

"Udah gak berpikiran gitu lagi karena udah kejadian maksudnya?"

Saila ngehela nafasnya, "Tip, please, kita udah temenan dari SMA dan lo nyurigain gue?"

"Gue gak nyurigain lo, daritadi gue selalu ngomongin fakta, Sai. Lo nya yang ngelak terus"
Kali ini omongan Fany sukses bikin Saila diem.

Travis akhirnya angkat bicara
"Tin, lo tau gue sayang sama Fany kan? Lo jangan bikin dia mikir macem macem tentang gue lah, kalo lo punya pemikiran sendiri jangan ajak orang lain buat mikir hal yang sama kayak lo, belum tentu itu bener"

"Lo nuduh gue nyuci otak Fany? Cih, bajingan, orang lo yang denial gak usah ngerasa jadi korban, kenapa lo jadi banci gini sih bangsat"

"Tin, jaga mulut lo ya anjing"

Justin nggebrak meja, NGGEBRAK SAMPE BUNYI BRAKKK GITU karena amarahnya udah muncak banget dan bikin tiga orang lainnya njengit kaget. Kopi yang mereka pesen jadi tumpah sedikit gara gara guncangan dari gebrakan meja. Justin berdiri, natep Travis intens.

"Lo inget kalo gue pernah bilang gue gak bakal pernah mau layangin bogem gue ke anak romusa? Sekarang, gue tarik omongan gue yang itu, Vis. Ayo berantem"

Bukannya nolak dan milih nenangin Justin, Travis malah ikut berdiri, natep balik Justin
"Ayo, kalo itu mau lo, dan masalah ini selesai, ayo berantem"

Karena ngerasa udah dipersilahkan buat berantem, satu bogeman Justin melayang ke pipi Travis. Saila sama Fany panik, Saila langsung nahan Justin yang mau kasih satu lagi bogeman buat Travis, tapi sayangnya malah ditepis sama Justin. Justin nyerang Travis lagi, dan akhirnya bisa numbangin Travis ke lantai. Tapi bukannya berenti, Justin malah makin menjadi. Justin mulai gak karuan gebukin Travis dan gak kasih Travis kesempatan buat nyerang balik.

Coffeeshop jadi gaduh, untungnya lagi sepi dan mereka doang yang dateng, jadi yang ribet ya karyawannya. Mereka pada ngerubungin buat ngelerai Justin yang udah gak karuan gebukin Travis tanpa ampun. Walaupun Travis lebih tinggi, tapi badan Justin lebih gede, tenaganya juga gak main main, jadi mantep banget hadiah bogeman Justin yang didapetin Travis

"Mas mas, istighfar mas, kasian temennya mas"

Saila sama Fany gak berani ngedeket, biar karyawan coffeeshop aja yang nanganin, takutnya kalo ngedeket, malah lebih bahaya buat mereka sendiri. Saila pengen banget berdiri di sebelah Fany, meluk Fany, tapi seakan akan sikap Fany yang udah gak peduli lagi bikin Saila ngurungin niatnya buat ngelakuin hal itu.

Badan Justin ditarik ngejauh dari Travis. Keadaan Travis bener bener gak karuan, lebam dimana mana, pelipis sama sudut bibir udah berdarah. Justin yang udah ditarik ngejauh, tiba tiba mau maju lagi, tapi masih ditahan sama dua karyawan cowok coffeeshop

"Udah stop mas, istighfar, temennya udah gak karuan gitu mas. Diselesaikan dengan cara kekeluargaan saja mas, masing masing dengan kepala dingin"

Tapi omongan itu seakan angin lalu baik buat Justin maupun Travis. Disaat Justin udah berenti, Travis baru nyerang, bodohnya dua mas mas tadi yang nahan Justin malah kabur pas Travis nyerang Justin.

"Udah mas, biarin mereka berantem, ini cara mereka buat nyelesainnya mungkin," ucapnya Fany ke dua mas mas tadi yang nahan Justin, jadi mereka mundur dan ngasih tempat buat Justin sama Travis nyelesein masalahnya.

Gebuk gebukan lagi, kali ini Travis yang dominan. Justin dapet hadiah bogeman juga dari Travis yang gak kalah kuatnya. Berkali kali, tanpa ada sedikitpun tanda tanda Travis bakal berenti buat gebukin Justin. Justin dengan sisa tenaganya juga berusaha buat bales Travis. Acara gebuk gebukan gak bisa dihindari, apalagi dua duanya sekarang mulai buas. Sampe sampe karyawan coffeeshop mbalik tulisan open di pintu masuk jadi close, gara gara adegan berantem ini.

Saila akhirnya mutusin buat deketin Fany, terus megang tangannya. Atensi Fany yang tadi lagi fokus liat dua cowok berantem langsung beralih ke tangannya yang dipegang Saila. Fany bingung, antara mau nepis tangan Saila atau enggak, jadi Fany cuman diem aja. Gak lama pegangan itu lepas, tapi diganti sama pelukan Saila dari samping badannya. Kepala Saila nyender di bahunya Fany, tapi Fany sama sekali gak berkutik, diem kayak patung gak meduliin Saila.

"Fany, gue minta maaf..."
Lama lama bahunya Saila geter, diikutin sama suara ingus disedot, yang artinya Saila nangis. Saila nangis kejer banget, gak bisa ditahan lagi. Ini nangis karena dia nyesel, takut, campur aduk lah. Gak pernah kepikiran sedikitpun di benak Saila kalo perbuatannya bakal berdampak se serem ini. Dia langsung kehilangan semuanya, baik sahabat selalu ngertiin dia dan penuh percaya, maupun pacarnya yang punya frekuensi sama dan gak pernah bisa dia temuin lagi selain dari sosok Justin, gara gara satu peristiwa cinta sesaat bangsat sialan antara dia sama Travis.

Acara gebuk gebukan akhirnya selesai, diganti sama suara ngos ngosan yang gantian dari mulut Justin sama Travis. Justin sama Travis sama sama tepar di lantai dingin coffeeshop, dengan muka yang biru ungu sana sini sama corak darah yang mantep banget ngalir dari luka sobekan. Justin nutup matanya pake lengennya, terus lepasin nangis yang udah dia tahan semenjak gebuk gebukannya sama Travis.

"Kenapa harus cewek gue, Vis? Otak lo kemana bangsat," Justin ngomong di sela sela nangisnya.

"Gue juga gak tau, Tin"

"SETAN! BABI BAJINGAN BANGSAT!"

"Maafin gue, Tin"

"Denger, Vis," Justin bangun dari rebahannya, ganti posisi jadi duduk, "Gue maafin semua kesalahan orang, kecuali satu, yang berkhianat"

Travis ikut bangun, terus duduk munggungin Justin

"Lo tau Saila itu hidup dan mati gue, berkali kali gue bilang gue sejatuh cinta itu sama dia, tapi lo gak pernah mikirin perasaan gue? Bajingan"

Travis cuman diem aja dengerin Justin.

"Kita udah masing masing, gue bantu lo biar lo jadi sama Fany, terus kenapa lo ngambil Saila juga anjing?"

Mata Travis lama lama perih, ditambah Justin yang makin bikin dia ngerasa bersalah sama kata katanya

"Lo udah jadi orang yang paling bikin gue percaya, tapi kenapa lo juga yang jadi orang yang paling bikin gue kecewa"

Tangisnya Travis pecah saat itu juga, abis Justin bilang masalah percaya dan kecewa. Justin juga nangis tambah deres. Sakit bro, orang yang udah lo percaya, orang yang udah lo jadiin tempat keluh kesah, ternyata orang itu juga yang bikin ancur dan kecewa.

Sementara itu di sisi cewek, mereka sama sekali gak ngomong apapun satu sama lain. Saila full nangis di pundak Fany, tapi Fany gak sedikitpun berkutik. Disini masalahnya sama sama tentang orang kepercayaan ternyata bisa jadi yang paling mengecewakan.

Anjay mau bangga dulu sama bahasanya, slebew.

Barista yang lagi nyeduh kopi, yang rencananya mau diminum sendiri sambil ngeliat acara gulat gratis, harus kecewa karena acara gulat udah selesai, dan malah jadi acara bawang tangis tangisan. Tapi jadi tenang juga karena berantemnya udah selesai, semoga acara nangis ini puncak masalahnya dan abis ini kelar, dan mereka bisa buka lagi karena gelutnya udah selesai.

Mari kita bareng bareng ucapkan terimakasih sama coffeeshop yang rela nutup toko bentar buat ngasih tempat Justin sama Travis buat berantem, walaupun ya abis ini mereka berempat harus ngerogoh kocek buat patungan minta maaf karena udah bikin kegaduhan dan terpaksa bikin tutup coffeeshop. Yang masih bikin heran kenapa malah dikasih panggung gitu, bukannya mereka disuruh keluar, nyelesein masalahnya jangan disini. Tapi kayak gini InsyaAllah dapet pahala karena udah merukunkan kedua belah pihak yang sedang berseteru.

Wkwk ajalah buat mas mas karyawan coffeeshopnya.

Justin bangun, balik badan, terus ngulurin tangannya ke Travis. Travis pun bangun dibantu Justin. Di sisi lain Fany gerak biar Saila ngejauh dari pundaknya. Saila ngapus jejak jejak air matanya di pipi, terus buang ingusnya yang udah numpuk ngejubel di idungnya.

Mereka balik duduk di tempatnya masing masing, dengan keadaan yang beda dari sebelumnya yang tadinya masih pada rapi, sekarang udah berantakan karena insiden adu jotos sama tangis tangisan. Sisa kopi pesenan mereka yang udah tumpah tumpah, diminum buat ngademin kepala sama hati. Semuanya minum kecuali Justin karena kopinya udah abis.

"Tolong, ngomong sejujur jujurnya sama kita, kalian ada hubungan di belakang kita atau enggak?"
Nada bicaranya Justin udah pasrah banget disini

Saila noleh ke Travis, dia bingung antara ngaku atau engga. Travis cuman ngangguk doang pas eye contact sama Saila, artinya biar dia aja yang jawab

"Iya, kita ada hubungan"

Justin sama Fany gak kaget sama jawaban yang dilontatin Travis, dan tepat sesuai feeling mereka kalo Prinz gak mungkin ngarang cerita. Udah terbukti kan karena mereka ngaku. Kenapa gitu lho dari tadi ngalor ngidul gak jelas padahal intinya ya MEREKA SELINGKUH. Harus adu jotos dulu baru ngaku, harus didiemin dulu baru ngaku.

"Aku mau udahan aja, Vis"
Travis kaget. Otomatis ngedeket ke Fany, berlutut gitu di sebelahnya Fany sambil megang tangannya Fany yang diatas paha, tapi sama Fany langsung ditarik tangannya.

"Ini udah kelewatan, aku gabisa mewajarkan ini. Percuma kalo kita lanjut, kepalamu isinya masih Saila. Daripada aku capek capek bikin kamu balik kayak dulu lagi, mending udahin aja Vis"

"Fany bener, Vis," Justin natep Saila yang posisinya ada di sebrangnya, "Aku juga mau mutusin kamu, Sai. Kalo kamu beneran cinta sama yang pertama, cinta kedua gak bakal pernah ada. Kalo kasusnya kaya gini, mau gak mau kamu harus pilih cinta kedua, Sai. Aku yakin kalo semisal kita tetep lanjut, sama aja aku nyari penyakit"

Abis ngomong gitu, Justin berdiri, terus noleh ke Fany "Ayo pulang sama gue"

Fany ikut berdiri, abistu Justin pergi, dibuntutin Fany. Sisanya tinggal dua orang yang diputusin di waktu yang barengan. Travis cuman bisa lanjut nangis di kursi yang tadi didudukin Fany. Saila juga nangis, tangannya ngeremes rambutnya, frustasi brow.

Kelar nangis bareng, Travis bangun, terus nyamperin Saila yang nyenderin kepalanya diatas meja, ngelamun. Travis ngusap kepalanya Saila, bikin Saila jadi duduk tegak lagi.

"Ayo pulang, bub"

Saila ngangguk, abistu berdiri, ngikutin Travis keluar coffeeshop ke mobil Travis. Abis dua duanya masuk ke mobil, Travis nyalain mesin terus mulai jalanin mobilnya ngejauh dari coffeeshop.

"Vis, kamu nyesel ga?" Saila nanya setelah beberapa menit mereka diem dieman.

"Nyesel sih, tapi gak papa, seenggaknya kita gak putus, bub"

Saila ketawa, abistu ngambil tisu yang ada di dasbor mobil Travis, terus di lap pelan ke pipi Travis buat ngilangin entah itu darah kering, jejak air mata yang mbekas di pipinya Travis.
"Selama kita aman, gapapa ya berarti"

Travis ikut ketawa, "Brengsek sih diliatnya, tapi sekali lagi aku gak papa, selama kamu masih ada, bub, aku gak bakal bingung"

"Aku juga bingung nih, yang kaya Justin jarang soalnya, haduhh, gimana ya, mana diputusin lagi posisinya bukan mutusin"

"Oh kamu masih mau sama Justin?"

"Kalo ditanya mau ya mau lah, tapi karena udah kayak gini yaudah gak papa, sama kamu aja udah cukup kok"

Akhirnya mereka berdua pun ngelanjutin hubungan mereka yang awalnya dari hubungan gelap.

HAHAHAHAHA EWWWWWWW, FIRST OF ALL, EWWWWWW.

Semua masalah dalam hubungan bisa dimaafkan, kecuali masalah perselingkuhan. Gak pernah bakal ada kesempatan kedua buat orang yang selingkuh. Gak pantes dan gak logis buat dimaafin anjir, orang problematik kok dibiarin berkeliaran bebas. Cih, enak aja, emang loe pikir hati gue cocolan sambel, bosen dikit ganti cocolan yang lebih enak, kalo dah abis balik lagi ke gue, mending gue dicocol yang lain aja, AOWKAOWKWOWK.

--

--