Membangun Organic Conversation, Layaknya Film Before Sunrise Trilogy

source: http://41.media.tumblr.com/

Tenang, saya tidak akan menceritakan isi cerita film ini. Kasian buat kamu yang belum nonton.

Intinya, film ini hanya berisi dialog sepanjang durasi. Untuk itu cukup membutuhkan konsentrasi tinggi saat mengikuti alur ceritanya. Bagi kamu penonton konvensional, lupakan film ini! Kamu tidak akan menemukan gaya akting “Jackie Chan” dalam film ini.

Membangun organic conversation? Istilah apa pula itu? Organic conversation adalah percakapan yang berjalan apa adanya, tanpa dibuat-buat dengan maksud tertentu, percakapan tanpa topik, dan tanpa kamu sadari telah menghabiskan waktu berjam-jam hanya dengan mengobrol. Temanya bisa bermacam-macam, menit pertama kamu bisa membicarakan pengalaman, jam kedua habis dengan membicarakan keadaan sosial sekitar, jam berikutnya membicarakan agama dan politik, kemudian kembali ringan dengan membicarakan musik dan film. Banyak hal yang bisa kamu bicarakan dengan lawan bicara yang cukup nyambung, untuk dibawa ke tema yang berubah setiap saat.

Masalahnya Adalah, Seberapa Sering Kamu Ketemu Lawan Bicara Yang Cukup Nyambung?

Saya berani bertaruh, tidak begitu sering. Bahkan saya berani bertaruh kalau pasangan kamu sekarang bukanlah teman bicara yang begitu nyambung. Biasanya bertemu teman bicara yang nyambung ini terjadi dalam momen yang random. Kamu bisa ketemu mereka dimana saja, di kantor, di dalam angkutan umum, ketika menonton gigs, saat liburan, atau teman lama yang belum pernah dekat sebelumnya. Setelah itu mereka hilang dan cukup meninggalkan kesan dipikiran kamu bagaimana pola pikirnya terhadap sesuatu membuat kamu seakan setuju tentang apa saja.

Jangan bayangkan teman bicara ini selalu lawan jenis, kemudian kamu mulai jatuh cinta, lalu tanpa pikir panjang memutuskan untuk berpacaran. Tidak, tulisan ini ini tidak se-drama india itu. Jika memang terjadi seperti itu, saya ucapkan selamat!

Teman bicara ini bisa siapa saja, yang bermula tidak kenal satu sama lain jadi berteman, yang berteman biasa jadi bisa bersahabat, ada juga yang langsung memutuskan untuk berpacaran karena kebetulan dia adalah lawan jenis yang cukup mempesona, bahkan orang tua sendiri. Namun umumnya hal ini jarang terjadi, setidaknya dari cerita teman-teman yang saya dapat.

Bagaimana Dengan Obrolan Yang Tidak Original?

Dibalik itu semua, ada juga yang berpura-pura nyambung ngobrol dengan kelompok tertentu hanya karena ingin dipandang punya kelas sosial yang sama, karena kebetulan kelompok ini dianggap punya posisi eksklusif di pekerjaan, terkenal di sekolah, punya gaya hidup mahal, musisi terkenal pada scene tertentu, dan lain sebagainya. That’s what we called the Social fucking Climbers.

Jangan jadi orang seperti itu. Berpura-pura hanya untuk sebuah pengakuan. Kamu hanya akan terlihat sama dengan yang lainnya. Karakter hilang, pemikiran dikorbankan, ide lenyap, originalitas diri terbuang sia-sia. Kasian kepala kamu, aspirasi jadi terpendam.

Bagi orang-orang yang menghargai organic conversation, tidak ada yang lebih seru dibandingkan dengan obrolan yang berkualitas, terbangun dengan sendirinya tanpa pretensi apa-apa. Mereka akan lebih sering merasa tidak nyaman dengan kepura-puraan. Jika bertemu orang yang tidak begitu nyambung, maka mereka lebih memilih untuk menjaga jarak.

Kamu bisa membicarakan apa saja tanpa pernah membicarakan status sosial masing-masing. Sama-sama mengeluarkan originalitas diri, walaupun tidak jarang kamu akan kesal karena pada akhirnya sependapat dengan pemikirannya.

Tidak apa-apa, itulah percakapan berkualitas. Bermula dari apa yang dipikirkan sama-sama. Mempertanyakan hal yang sama dan sama-sama merasa seorang diri saat punya pemikiran itu.

Menjadi free thinker dan bebas berpendapat tanpa ada yang menghakimi. Rasanya kesempatan yang susah didapat di Indonesia, apalagi jika digelar secara terbuka
source: https://secure.static.tumblr.com

Bicarakan Apa Saja, Jangan Ditahan

Membicarakan tentang apa yang terjadi jika Donald Trump menjadi presiden Amerika

Membicarakan tentang apa yang sedang dipikirkan Robbin Williams 2 menit sebelum ia bunuh diri

Membicarakan tentang bagaimana film Interstellar membuat visual yang sangat megah tentang luar angkasa

Membicarakan tentang apa yang terjadi kalau Google adalah Batman dan Bing adalah Robin

Membicarakan tentang pekerjaan terbaik di abad 21

Sebab pada akhirnya organic conversation menjadi hubungan yang lebih genuine, dan menghasilkan banyak cara bagaimana melihat dunia dari mata yang berbeda-beda, dan itu jauh lebih seru!