Selamat dari Kebakaran Rumah? Gimana Caranya?

Kebakaran rumah sepertinya sudah jadi suatu musibah yang begitu ditakuti oleh banyak orang, bahkan juga Anda. Walaupun mungkin lokasi dan kondisi rumah Anda jauh dari kemungkinan terjadinya kebakaran (seperti terbuat dari baja sebagai bahan bangunan dominannya, bukannya kayu yang mudah terbakar, atau bukan terletak di daerah pemukiman padat sehingga kecil kemungkinannya untuk ikut terbakar), tetap saja kemungkinan terjadinya kebakaran itu ada. Dan dari melihat berita-berita mengenai musibah kebakaran, entah dari televisi, koran, dan lain sebagainya, pasti ada ketakutan yang mengendap dalam diri Anda jika harus mengalami musibah yang sama. Pasalnya, kebakaran rumah itu bukan hanya bisa membuat Anda kehilangan tempat tinggal, seluruh harta benda Anda yang berada di rumah juga ikut menghilang bersama terjadinya musibah itu. Apa yang terjadi jika Anda harus kehilangan semua harta benda dan tempat tinggal Anda itu? Bangkrut: menjadi gelandangan, terpuruk. Baik bagi Anda jika Anda masih memiliki harta benda yang selamat dan sanak saudara yang bisa menolong Anda keluar dari keterpurukan itu. Tapi jika tidak, apa yang bisa Anda lakukan?

Bagaimana caranya bisa selamat dari kebakaran rumah?

Jika ditanya demikian, mungkin sekilas terasa agak mustahil. Jika Anda percaya takdir, yang namanya musibah adalah musibah. Ketika musibah sudah disiratkan untuk terjadi, maka terjadilah. Tapi, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan antisipasi sama sekali, bukan? Bagaimanapun, antisipasi ini dibutuhkan agar setidaknya tidak perlu lagi merasa terlalu khawatir dengan resiko terburuk yang bisa terjadi akibat musibah kebakaran itu. Juga, agar tidak terlalu terpuruk dengan kebakaran yang terjadi, lalu bisa cepat bangkit dan membangun kembali.

Berikut ini adalah antisipasi-antisipasi yang bisa Anda lakukan untuk menghindari atau selamat dari resiko kebakaran rumah:

1. Menyiapkan pengamanan ekstra

Di zaman modern seperti ini, teknologi sudah semakin canggih, bukan? Anda juga mungkin sudah sering melihat atau mengetahui adanya alat pendeteksi kebakaran yang bisa dipasang di rumah (atau bangunan lainnya) yang akan otomatis mengeluarkan air jika mendeteksi bahaya api. Mungkin, Anda juga bisa memanfaatkan tekonologi ini.

2. Menyiapkan gas pemadam api

Seperti yang mungkin sering Anda tonton di film-film, ada sebuah tabung gas yang bisa Anda manfaatkan untuk memadamkan api jika kebakaran terjadi. Mungkin, Anda juga bisa menaruh satu di rumah Anda untuk berjaga-jaga.

3. Menggunakan asuransi rumah

Nah, cara yang ketiga ini mungkin merupakan cara yang paling ‘murah meriah’ untuk Anda. Jika cara nomor satu itu tidak memungkinkan bagi Anda karena harganya cukup mahal dan cara nomor dua juga kurang bisa Anda lakukan, cara nomor tiga ini adalah cara untuk selamat dari kebakaran rumah yang paling bisa Anda andalkan. Untuk mendapatkan asuransi rumah toh juga sangat mudah, seperti yang dituturkan dalam artikel berikut ini: 4 Tips Mendapatkan Asuransi Properti Terbaik dan Termurah.

Akhirnya, cara terakhir yang bisa Anda usahakan adalah lebih berhati-hati, kapanpun itu dan bagaimanapun situasinya. Dengan begini, Anda bisa terhindar dari resiko terburuk akibat kebakaran, atau setidaknya bisa cepat bangkit dari musibah kebakaran yang menimpa Anda itu. Apalagi, salah satu fitur terbaik dari asuransi rumah adalah Anda bisa mendapatkan tempat tinggal sementara sampai Anda mendapatkan tempat tinggal baru dengan pertanggungan yang juga diberikan oleh pihak asuransi sehingga Anda tidak perlu khawatir tidak memiliki tempat tinggal.

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.