Butterfly

When you love someone so deeply
They become your life
It’s easy to succumb to overwhelming fears inside
Blindly, I imagined I could
Keep you under glass

itu adalah sepenggal lirik dari lagu Mariah Carey yang berjudul Butterfly. saya baru mendengar dan melihat video klip dari lagu itu beberapa hari lalu. dan lagu dari Mariah Carey yang saya tahu hanya Endless love dan Without you. untuk lagu Endless love merupakan lagu favorit saya. saya suka mendengarkan menjelang beranjak tidur menjemput mimpi atau sekedar menjadi teman membaca buku.

sebenarnya yang membuat saya begitu tertarik untuk mengulas lagu butterfly ini karena pada saat pertama kali saya mendengar dan melihat video klip itu seperti tidak ada korelasinya antara judul lagu dan video klip.

saya pikir di dalam video klip itu akan ada kupu-kupu, nyatanya saya tidak menemukan ada kupu-kupu (butterfly), yang ada melainkan seekor kuda bersama sang penyanyi (Mariah Carey). Agak aneh sih menurut saya.

mulanya saya berfikir, mungkin seekor kuda itu bernama butterfly dan lagu ini ditujukan memang untuk seekor kuda kesayanganya. tapi mengacu pada liriknya lebih tidak masuk akal. karena di lirik lagu tersebut disebutkan “So spread your wings and fly Butterfly”. —lihat kata yang saya block hitam itu jelas-jelas menyebutkan butterfly bukan horse (kuda). dan dari lirik tersebut juga mengatakan kepakkanlah sayapmu dan terbanglah. tapi di video klip itu sang kuda bahkan tidak punya sayap untuk terbang — dan bisa terbang.

dari segi kata dalam lirik lagu tersebut pun jelas bahwa kata butterfly disebut 4X dalam lirik dan kata horses hanya 1 kali. akan tetapi di video klip justru sang kuda lah yang tampil berlari-lari dan berpeluk mesra dengan sang penyanyi.

mungkin lagu ini sengaja membuat orang awam seperti saya kebingungan untuk membedakan antara butterfly dan horses. atau jangan-jangan mereka adalah saudara kembar yang tertukar?

terlepas dari sangkaan-sangkaan yang konyol dan tidak masuk akal dari saya. harus saya akui bahwa lagu-lagu dari Mariah Carey cocok sebagai teman santai — setidaknya bagi saya. dan setelah saya menterjemahkan lirik lagu butterfly ini ternyata saya lebih suka arti dari lirik lagu ini ketimbang harus memusingkan sosok kuda yang bernama kupu-kupu atau semacamnya.