Air Mata Taubat

Dikisahkan oleh Imam Al Bukhari:

Ada seorang pemuda yang ingin bertobat. Alkisah, pemuda itu melamar wanita yang ia sukai, namun ia ditolak. Lalu ada seorang pemuda lain melamar wanita itu dan diterima. Akhirnya karena cemburu, pemuda itu membunuh lelaki yang melamar dan diterima wanita yang disukainya. Lalu dia menemui Ibn Abbas dan mengutarakan keinginannya untuk bertaubat.

Ibn Abbas menjawabnya dengan melemparkan sebuah pernyataan, “Apakah Ibumu masih hidup?” Pemuda tersebut menjawab, “Tidak”. Lalu Ibn Abbas menjawab, “Beristigfarlah, bertaubat dan beramal saleh dengan segala yang bisa dilakukan”

Murid-murid Ibn Abbas bertanya mengapa Ibn Abbas bertanya mengenai ibu. Ibn Abbas menjawab, “Aku tidak melihat ibadah yang lebih baik daripada berbakti kepada kedua orang tua.”

Dari cerita di atas, dapat disimpulkan bahwa taubat seseorang akan diterima jika ia beramal saleh dan amal saleh yang paling baik adalah berbakti pada orang tua. Maka selain telah bertaubat dan banyak-banyak beristigfar serta beramal saleh, berbakti pada orang tua adalah salah satu amal saleh yang dapat membuat taubat kita diterima.

Sumber: https://www.youtube.com/channel/UCzCPcD08UPxhqj3TFmGXxnA

Show your support

Clapping shows how much you appreciated tanti’s story.