hidrokit pada tahun 2020

Taruma Sakti
Jan 19 · 2 min read

9 Januari 2020 merupakan hari ulang tahun proyek hidrokit. Tak terasa bahwa pengembangan proyek hidrokit ini sudah melewati satu tahun. Pada waktu yang berdekatan juga, saya telah merilis hidrokit versi 0.3.5 pada tanggal 15 Januari 2020. Versi 0.3.5 menandakan kontribusi terakhir saya pada paket hidrokit dan merupakan versi terakhir yang saya publikasikan.

hidrokit 0.3.5

hidrokit 0.3.5 menyertakan berbagai modul yang dapat digunakan untuk analisis hidrologi berupa perhitungan evapotranspirasi, pemodelan menggunakan model NRECA dan FJ Mock, manipulasi data runtun waktu, kalibrasi pemodelan, dll (akhirnya, hidrokit bisa digunakan untuk analisis hidrologi beneran. 😆). Modul-modul tersebut tersedia pada subpaket hidrokit.contrib.taruma.

Contoh penggunaan modul yang telah tersedia pada versi 0.3.5 dapat diunduh disini.

Daftar pembaruan pada hidrokit versi 0.3.5 bisa dibaca disini.

buku hidrokit (contoh dan manual)

Saya telah membuat kompilasi jupyter notebook (buku) dan manual/referensi untuk modul yang telah saya kembangkan dalam satu dokumen PDF. Anda dapat mengunduhnya disini (~10 MB).


terima kasih, hidrokit

Mengakhiri pengembangan hidrokit bukanlah hal yang mudah bagi saya pribadi karena, jujur, saya sangat menikmati mengembangkan proyek ini terlepas berbagai keterbatasan yang saya miliki (baik dari sisi teknis pemrograman atau wawasan mengenai hidrologi). Dalam pengembangan proyek ini, saya mempelajari banyak hal, mengenai proyek ini ataupun diri saya sendiri.

Proyek hidrokit mengajarkan saya “Jika Anda memiliki ide yang menarik dan Anda menikmati prosesnya, kenapa tidak dilakukan saja?”. Proyek hidrokit sendiri bukanlah “proyek” yang sesuai dengan latar akademis yang saya tempuh dan terkadang diingatkan dengan kalimat “ini bukan bidang kita”, tapi karena saya menikmati kedua hal tersebut (ide dan prosesnya), kenapa tidak dilakukan saja. Mungkin bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat atau bisa saja hanya sebuah kegagalan (dan saya terima resikonya). Apapun hasilnya, karena saya menikmati prosesnya, ada saja yang bisa saya pelajari dari proyek ini.

Mundurnya saya sebagai pengelola paket hidrokit, bukan berarti berakhirnya pengembangan hidrokit. Karena paket hidrokit merupakan proyek open-source, maka siapapun bisa melanjutkan paket hidrokit atau menjadikan hidrokit sebagai inspirasi untuk membuat proyek lain atau hal kreatif lainnya.

Akhir kata, terima kasih.

“EVERY DAY, THERE ARE MILLIONS OF FUTURES WAITING TO BE BUILT. EACH ONE STARTS WITH A SPARK, A MOMENT OF INSPIRATION, SLOWING GROWING BRIGHTER OVER TIME.” — BUILDING THE FUTURE — GITHUB
Taruma Sakti

Written by

komponis musik amatir yang menjelajah hobi baru pada pemrograman python dan data science.

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade