Mengenal Linear dan Relative Layout

Tedo Haris Chandra
XML-Logo || Source : https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Text-xml.svg

Haiii Bagaimana kabarnya ? Baik baik kan ? Nahh kali ini saya akan membahas tentang Linear Layout dan Relative Layout . Nahh sebelum membahas Linear dan Relative Layout kita harus mengetahui apakah itu Layout ??? Layout adalah tata letak dari suatu elemen desain yang di tempatkan dalam sebuah bidang menggunakan sebuah media yang sebelumnya sudah di konsep terlebih dahulu. Dari pengertian tersebut dapat kita ambil pengertian yang lebih mudah yaitu layout adalah tata letak dari objek objek dari desain yang kita buat.

Nahh disini kita akan membahas Linear Layout dan Relative Layout , Linear dan Relative merupakan jenis jenis layout yang ada pada XML apabila kita membuat Aplikasi Android di Android Studio . Nahh Apakah pengertian dari relative dan linear ? dan apa perbedaannya ? Langsung aja kita simak penjelasannya.

  1. Linear Layout
Vertical dan Horizontal Linear Layout || Source : https://www.codeproject.com

Nahh Yang pertama kita akan membahas tentang Linear Layout . Nahh apakah itu Linear Layout ? Linear Layout adalah jenis layout dimana user menempatkan 1 objek (widget) per baris/kolom.

Jadi di dalam setiap baris/kolom hanya ada 1 objek (widget) yang kita tempatkan . Nahh di Linear Layout ini ada dua jenis . Yaitu :

Vertical Linear Layout : Apabila user menempatkan 1 widget (objek) per baris

Horizontal Linear Layout : Apabila user menempatkan 1 objek per kolom

Nahh Lalu bagaimana cara membuat kode XML Linear Layout ini ?? Mudah saja yaitu dengan cara membuat kode seperti berikut :

Nahh maka dari kode tersebut maka akan menghasilkan tampilan :

Nahh dari kode di atas kita membuat tulisan Hello World dan mengatur nya agar linearlayout dengan gambar yang kita tambahkan. Nahh seperti itulah tatanan dari Linear layout.

Linear layout memiliki pengaturan default yaitu Horizontal Linear Layout apabila kita ingin mengatur agar aplikasi kita memiliki Vertical Linear Layout dapat digunakan script seperti di bawah ini :

Nahh Seperti itulah Linear Layout di dalam XML .

2. Relative Layout

Relative Layout || Source : https://www.codeproject.com

Nahh setelah kita bahas linear layout sekarang kita bahas Relative Layout , Apakah itu Relative Layout ??? Relative Layout adalah layout yang penataan nya ini adalah penataan yang menempatkan widget-widget didalamnya seperti layer, sehingga sebuah widget dapat berada di atas/di bawah widget lainnya atau dengan kata lain Relative merupakan layout yang penataannya lebih bebas (Relative) sehingga bisa di tata di mana saja.

Nahh Lalu bagaimana cara membuat kode XML Relative Layout ini ?? Mudah saja yaitu dengan cara membuat kode seperti berikut :

Nahh maka dari kode tersebut maka akan menghasilkan tampilan seperti di bawah ini :

Nahh dari kode di atas kita membuat tulisan Hello World dan mengatur nya agar Relative layout dengan gambar yang kita tambahkan. Nahh seperti itulah tatanan dari Relative layout.

Ada banyak sekali command command untuk mengatur di dalam Relative Layout antara lain yaitu layout_below , allignParrentBottom , allignParrentTop dll.

Jadi intinya kita dapat secara bebas mengatur objek objek yang kita tempatkan apabila kita menggunakan Relative Layout.

Sekian Postingan kali ini tentang Linear dan Relative Layout , Bagaimana ? sudah paham kan ??? Ikuti terus postingan dari saya yaaa. Terimkasih :D

Tedo Haris Chandra

Written by

Hi , I’m Tedo . A Student from Polytechnic State of Semarang . Interested in Web Developer , Vue.Js , Laravel and many more

Welcome to a place where words matter. On Medium, smart voices and original ideas take center stage - with no ads in sight. Watch
Follow all the topics you care about, and we’ll deliver the best stories for you to your homepage and inbox. Explore
Get unlimited access to the best stories on Medium — and support writers while you’re at it. Just $5/month. Upgrade