#30DaysWritingChallenge Day 24: Write About Lesson You Have Learned

Tegar Naga
2 min readMar 24, 2024

--

Gua punya kebiasaan jelek yaitu suka meremehkan suatu hal. Gua suka berpikir, “Ah gampang ini mah,” nyatanya gak segampang yang gua kira. Sejauh ini kegagalan-kegagalan yang gua alami adalah buah dari kebiasaan buruk gua ini.

Kebiasaan gua meremehkan suatu hal ini juga melahirkan kebiasaan buruk lainnya, kayak menunda-nunda. Gua sering menunda karena menganggap itu bisa gua lakuin nanti, kan gampang ini, pikir gua sebelum babak belur dihajar deadline.

Karena gua menunda, akhirnya keteteran pas udah deadline. Kadang bahkan malah akhirnya membuat gua lari dari tanggung jawab. Gua sadar ini adalah sebuah tindakan yang sangat buruk dan bisa menyusahkan orang lain.

Sering meremehkan, menunda-nunda, dan lari dari tanggung jawab adalah sebuah rangkaian kereta yang mengantarkan gua ke dalam kegagalan. Kalau gua mau keluar dari rangkaian ini maka gua harus menghentikan lokomotif yang menarik semuanya yaitu sering meremehkan tadi. Gua harus berhenti meremehkan sesuatu mau itu sekecil atau semudah apapun.

Dalam menghilangkan kebiasaan sering meremehkan ini gua terbantu dengan sebuah tips — kayaknya tips bukan kata yang tepat tapi kita sebut saja itu — . Tips ini gua dapetin dari Pandji Pragiwaksono. Beliau bilang lebih baik kata Tinggal diganti dengan kata Masih Harus.

Banyak dari kita, atau gua aja deh sering bilang meremehkan sesuatu terutama pekerjaan dengan bilang, “Ah Tinggal ngerjain ini lagi abis itu selesai,” atau semacamnya. Hal ini memberikan sugesti bahwa kerjaannya tinggal sedikit lagi dan secara gak sadar mendorong kita untuk nyantai-nyantai dulu sebelum lanjut mengerjakan.

Tapi ketika kata Tinggal tadi diganti dengan Masih Harus, contohnya “Ah Masih Harus ngerjain ini lagi, baru abis itu selesai.” Ini secara gak sadar akan memberikan sugesti bahwa masih ada beban kerja yang harus diselesaikan sesegera mungkin baru kerjaan itu bisa dikatakan selesai. Sehingga akhirnya mencegah kita dari bersantai-santai. Ini gua terapkan dalam kehidupan gua akhir-akhir ini dan cukup works.

Gua yakin dengan gua belajar untuk tidak meremehkan suatu hal, memperhitungkan semuanya dengan serius, dan mengambil keputusan berdasarkan kesimpulan yang matang, gua akan menjadi pribadi yang lebih baik dan peluang gua untuk mencapai goals yang gua miliki akan semakin besar.

--

--

Tegar Naga
0 Followers

Curahan hati yang tak sanggup disampaikan dengan lisan