Alamat dan Lokasi Museum Sandi Jogja

Yogyakarta punya museum sandi serta ini hanya satu di Indonesia, bahkan juga didunia. Museum Sandi telah ada mulai sejak 29 Juli 2008 tetapi masih tetap jadi salah satunya sisi dari Museum Perjuangan di Jalan Kolonel Sugiyono.

Museum Sandi

Dengan diterimanya SK Gubernur DIY, jadi Pemda DIY sudah memberi keyakinan pada Instansi Sandi Negara untuk melestarikan salah satunya gedung cagar budaya punya DIY yang terlebih dahulu dipakai jadi Gedung Perpustakaan Anak Jogja Center. Banyak sekali yang menarik di tempat wisata di Jogja dekat Malioboro ini, yang pastinya akan bisa membuat anda lebih untuk terpukau.

Masuk lobi museum, Kami segera disapa oleh petugas resepsionis yang ramah. Sesaat, kami kebingungan mencari info harga ticket yang umum didapati di pintu masuk. Petugas resepsionis juga cuma menyodorkan satu buku tamu, tiada info berkenaan ticket yang perlu kita beli. Usut miliki usut, nyatanya kita tak dipakai cost sepeserpun untuk masuk museum ini. Lebih asik sekali lagi, kita juga dapat ditemani seseorang pemandu yang senantiasa siap memaparkan beraneka hal menarik serta tidak sering di ketahui orang yang lain.

Museum Sandi Yogyakarta ini dibangun atas prakarsa Kepala Instansi Sandi Negara serta Sri Sultan Hamengku Bawono X pada th. 2006. Pembangunan museum ini pernah terhalang bencana gempa pada bulan Mei 2006, saat sebelum pada akhirnya diresmikan pada th. 2008. Awalannya, museum ini sharing gedung yang sama juga dengan Museum Perjuangan di lokasi Mergangsang. Pada th. 2014, museum ini ganti ke tempatnya saat ini di Kotabaru, menduduki gedung lama punya AURI yang telah tak terpakai. Bangunan ini punya 2 lantai dengan 9 ruangan display yang menaruh beraneka benda bersejarah mulai sejak masa perang kemerdekaan.

Langkah menuju kesana :

Dari UGM — Jl. C. Simanjuntak — Belok kanan ke Jl. Jendral Soedirman — Belok kiri ke Jl. Faridan Muridan Noto (samping Mc Donalds) — Lihat ke kanan, Museum Sandi

Di ruang paling akhir, ada beberapa computer yang dapat kita pakai untuk mengerti info lebih lengkap berkenaan pengetahuan kriptografi. Diluar itu, ada juga sebagian games sandi yang menantang kita untuk memecahkan sandi vigenere, satu sistim sandi classic sebagai basic penyandian moderen di beberapa negara. Lewat sarana ini, kami juga dapat mengetahui lebih dekat dunia kriptografi di Indonesia.

Sumber : https://tempatnongkrongasik.com/