Masalah Rumah Tangga Mertua vs Menantu, Apa yang Harus Dilakukan?

Membina rumah tangga memang tidak terlepas dari masalah, permasalahan ini bisa disebabkan dari suami maupun istri. Tetapi tidak jarang pula masalah yang ditimbulkan karena mertua yang terlalu banyak ikut campur dalam masalah keluarga. Hal ini memang membuat menantu menjadi kurang nyaman dan merasa terlalu diatur. Tidak jarang yang akhirnya menimbulkan ketegangan antara mertua dan menantu.

Mertua vs menantu, kami membuat artikel ini karena banyak sekali kami temukan permasalahan yang terjadi dalam rumah tangga akibat mertua yang terlalu banyak ikut campur dalam rumah tangga anak dan menantunya. Masalah ini memang sering muncul bagi yang baru dalam berumah tangga tetapi untuk yang sudah lama pun tidak luput dari masalah ini. Terlebih lagi apabila masih serumah dengan mertua hal ini yang paling banyak terjadi.

Baca juga: 12 Cara Menyelesaikan Masalah Rumah Tangga

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah mertua vs menantu ini? inilah yang akan kita bahas dalam artikel mertua vs menantu kali ini. Jadi jangan lewatkan untuk membaca.

Ketika sudah memutuskan untuk berkeluarga, mestinya seorang suami harus bisa mengambil tanggung jawab untuk seluruh masalah kerluarga (istri dan anak). Dan harus bisa membatasi orang luar (orang tua dan mertua) untuk ikut campur dalam urusan rumah tangga anda. Langkah pertama yang harus anda ambil untuk mengatasi orang tua atau mertua yang terlalu ikut campur adalah menyikapi dengan hati-hati dan dengan bijak.

Masalah menantu vs mertua biasanya terjadi karena, orang tua anda tidak suka terhadap pasangan anda. Kalau masalah ini tidak diatasi dengan bijak dan hati-hati pasti akan menimbulkan konflik antara anda dan pasangan atau pasangan dengan orang tua anda. Langkah kedua yang harus anda lakukan adalah mengkomunikasikan masalah ini dengan orang tua dan pasangan anda.

Cari tahu kenapa orang tua anda tidak suka dengan pasangan anda, apa yang salah dan apa yang seharusnya dilakukan. Serta cari tahu pula apa yang bisa membuat orang tua anda suka kepada pasangan anda. Di komunikasikan baik-baik, maka solusi yang terbaik akan anda dapatkan.

Kalau masalah sudah anda ketahui mengapa orang tua anda tidak suka dengan pasangan anda selanjutnya, adalah memberikan solusi terbaik kepada pasangan anda. Agar bisa menarik perhatian dari mertuanya, sehingga sedikit demi sedikit orang tua anda akan menyukai pasangan anda.

Misalnya saja masalah yang banyak kami temui adalah seorang istri yang tidak disukai oleh mertuanya karena tidak bersih dalam menata rumah. Rumah sering berantakan dan kotor, dengan begitu tugas anda adalah berkomunikasi dengan baik kepada istri anda, memberikan pengertian untuk selalu menjaga kebersihan rumah. Dengan bisa mengubah kebiasaan itu, secara otomatis akan membuat orang tua anda akan menjadi suka kepada istri anda. Itu salah satu contoh saja, banyak masalah yang terjadi dalam rumah tangga.

Ini dari permasalahan rumah tangga akibat orang tua yang terlalu banyak ikut campur ini adalah anda atau pasangan anda harus bisa introspeksi diri. Apakah ada kesalahan yang kita buat dan apakah yang membuat mertua tidak senang. Bila anda memang salah jangan malu untuk meminta maaf dan berusaha untuk memperbaikinya.

Itulah tips-tips yang bisa anda lakukan agar mertua anda menyukai anda, dan apabila anda menginginkan sarana agar mertua lebih mengasihi anda bisa menggunakan Liontin batu pengasihan tunjung restu. Sehingga orang tua dan mertua anda akan merestui anda dan pasangan anda sepenuhnya.


Originally published at www.konsultanrumahtangga.net on July 26, 2017.