5 Tips Belanja di Malioboro agar Selalu Untung

Belanja di Malioboro sudah menjadi satu tujuan utama para wisatawan yang datang ke Jogja. Berbagai macam barang untuk oleh-oleh asli Jogja dapat ditemukan disana, mulai dari kaos, sandal, aksesoris sampai bakpia. Memasuki kawasan Malioboro mulai dari Hotel Inna Garuda di utara, dapat terlihat deretan penjaja suvenir yang berjualan hingga ujung selatan.

Liburan dengan budget pas-pasan atau tidak, tentunya kamu tidak ingin rugi ketika berbelanja di Malioboro. Siapa yang senang kalau kamu membeli kaos seharga 50 ribu rupiah di Malioboro, tapi sebulan kemudian temanmu memamerkan kaos yang sama persis yang ia beli hanya dengan harga 15 ribu rupiah?

Kadang yang menjadi masalah buatmu adalah kamu belum tahu cara menawar yang baik. Untuk itu kami memberikan beberapa tips hemat belanja di Malioboro yang bisa kamu ikuti.

1. Berkomunikasi menggunakan Bahasa Jawa, minimal untuk menawar

Tunjukkan jika kamu adalah orang lokal dengan berbicara dengan Bahasa Jawa. Meskipun kadang terasa aneh, tetaplah merasa percaya diri. Jika kamu benar-benar merasa tidak bisa berdialog dengan Bahasa Jawa, berpura-puralah menjadi seseorang yang sudah tinggal lama di Jogja.

2. Bersikap ramah

Kadang banyak wisatawan lupa untuk bersikap ramah. Padahal dengan bersikap ramah, para penjual menjadi senang dan ada kemungkinan mereka menurunkan harga untukmu. Sebelum menawar, tersenyumlah dan ucapkan salam. Lalu setelah selesai, walaupun kamu pada akhirnya tidak membeli, tetap ucapkan terima kasih. It could lighten up someone’s day!

3. Gunakan pakaian santai dan dandanan sewajarnya
 Penjual tentunya melihat pembeli dari gayanya. Jika kamu berdandan lebay seperti artis, sudah sewajarnya jika penjual meninggikan harga karena mereka melihat kamu sebagai orang kaya. Tampilan sederhana tentunya akan jauh lebih nyaman jika dikenakan di Malioboro yang biasanya panas dan penuh dengan orang. Ditambah lagi, penampilan santai dan wajar bisa menghindari copet.

4. Memakai baju universitas yang ada di Jogja
 Tidak bisa berbahasa jawa dan penampilan dari sananya sudah terlanjur keren? Cobalah memakai kaus yang bertuliskan nama universitas di Jogja. Kami memang belum pernah mencoba, tetapi kemungkinan besar penjual akan menurunkan harga karena kasihan dengan mahasiswa.

5. Berlagak tidak butuh
 Walaupun kamu sangat tertarik dengan satu barang, jangan perlihatkan kalau kamu sangat suka. Apalagi, jika kamu sampai berkata jika kamu butuh barang tersebut. Jika harga yang ditawarkan penjual masih belum sesuai untuk kamu, jangan terpaku dengan satu penjual. Cari penjual lain karena barang yang dijual di Malioboro cukup identik satu sama lain.

Itu beberapa tips dari kami dalam menawar di Malioboro. Tips di atas bisa digunakan di mana saja karena teknik menawar dimanapun pada dasarnya sama saja. Apa kamu memiliki tips lain yang bisa kami coba?

One clap, two clap, three clap, forty?

By clapping more or less, you can signal to us which stories really stand out.