Pesona 5 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Layak Kamu Kunjungi

Yogyakarta memiliki berbagai potensi wisata yang tak pernah habis untuk dikunjungi. Belum sempat kita mengunjungi seluruh tempat wisata di Yogyakarta, selalu muncul destinasi wisata baru yang tak kalah dengan destinasi populer yang sudah ada. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba menjelajah sedikit lebih jauh untuk menemukan spot-spot menarik baru untuk liburanmu.

Jika kamu berencana untuk berlibur ke Jogja dalam waktu dekat, Caption akan memberikan rekomendasi 5 tempat wisata di Yogyakarta yang menawarkan pesona keindahan untuk kamu nikmati ketika berlibur..

Kebun Buah Mangunan

mangunan

Foto oleh: Yopi Priyatna via https://www.flickr.com/

Kebun Buah Mangunan bukanlah kebun buah biasa. Kebun buah yang terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul ini, menawarkan keindahan pemandangan Pegunungan Seribu yang hijau serta aliran Sungai Oyo yang ada di antaranya. Cukup dengan menempuh satu jam perjalanan dari Yogyakarta, serta membayar retribusi sebesar Rp 5.000, kamu sudah dapat menjelajah dan menikmati keindahan Kebun Buah Mangunan. Pemandangan yang indah tersebut dapat kamu nikmati dari gardu pandang yang ada di puncak bukit. Selain itu kamu juga dapat menikmati keindahan pohon-pohon buah yang ada di sini.

Hutan Pinus Mangunan

pinus mangunan

Foto oleh: Cahya Legawa via https://www.flickr.com/

Tak jauh dari Kebun Buah Mangunan terdapat salah satu spot wisata yang sedang populer di Yogyakarta. Hutan Pinus Mangunan terletak di kawasan Mangunan, Dlingo, Bantul, sejalan menuju kawasan Makam Raja-Raja Imogiri. Di hutan pinus ini kamu dapat menikmati indahnya jajaran pohon pinus yang tegak menjulang ke atas.

Bagi kamu yang tertarik dengan fotografi, hutan pinus ini wajib menjadi salah satu lokasi fotomu. Deretan pohon pinus yang tumbuh di Hutan Pinus Mangunan cocok untuk foto pre-weeding maupun sekedar foto bersama teman atau keluarga untuk diupload di media sosial. .

Kalibiru

kalibiru

Foto oleh: Pandora Voon via https://www.flickr.com/

Dari kawasan Mangunan di Kabupaten Bantul kita berpindah ke Kabupaten Kulonprogo. Di sinilah terdapat salah satu tempat wisata favorit baru di Yogyakarta. Wisata alam di Kalibiru ini menawarkan keindahan pemandangan Pegunungan Menoreh yang berpadu dengan Waduk Sermo. Keindahan alam inilah yang membuat banyak wisatawan tertarik untuk berfoto di kawasan Kalibiru. Salah satu spot foto yang terkenal di sini adalah gardu pandang yang terletak di atas pohon pinus. Kamu dapat mengabadikan momen kamu menikmati pesona wisata alam Kalibiru dengan berfoto di gardu pandang.

Destinasi wisata yang terletak di Desa Hargowilis, Kokap, Kulonprogo ini tak hanya cocok untuk tempat berfoto ria. Di Kalibiru kamu juga dapat menikmati berbagai aktivitas yang ditawarkan oleh pengelola desa wisata , seperti outbound dan trekking. Kamu mungkin berkesempatan untuk melihat hewan langka seperti harimau jawa, landak dan elang jawa.

Pantai Sadranan

sadranan

Foto oleh: Vito Adriono via https://www.flickr.com/

Barisan pantai-pantai di Gunungkidul memang selalu menawarkan pesona keindahan yang tiada tara. Salah satu pantai yang menawarkan keindahan yang memukau adalah Pantai Sadranan. Pantai yang terletak di antara pantai Krakal dan Pantai Ngandong ini menawarkan pantai berpasir putih dengan ombak yang cukup tenang.

Kamu dapat melakukan berbagai aktivitas untuk menikmati keindahan Pantai Sadranan. Sebagai permulaan kamu dapat bermain air laut dan pasir putih di tepian pantai. Selain itu kamu juga dapat bersnorkeling untuk menikmati keindahan pesona bawah laut di pantai ini. Kamu cukup menyewa peralatan snorkel yang disewakan di pinggir pantai.dengan harga yang cukup murah. .

Ratu Boko

ratu boko

Foto oleh: Jo Cool via https://www.flickr.com/

Kompleks peninggalan masa lalu yang terletak di atas bukit di selatan Candi Prambanan, ini menyimpan kharisma daya tariknya tersendiri. Dibangun pada abd ke 8, kompleks Ratu Boko memiliki berbagai cerita dan legenda yang dikaitkan dengan peninggalan kerajaan Mataram Kuno ini. Salah satunya adalah kisah yang meyakini bahwa kompleks Ratu Boko adalah kompleks istana dari Raja Boko yang merupakan ayah dari Roro Jongrang.

Selain berbagai kisah yang telah tersebar di masyarakat, kompleks Ratu Boko juga terkenal sebagai salah satu spot foto terbaik di Jogja.. Di sini kamu mengambil latar belakang arsitektur sisa bangunan yang terdapat di Ratu Boko. Jika kamu dapat meluangkan waktu untuk mengunjungi Ratu Boko di sore hari, kamu akan mendapat bonus pemandangan sunset yang menawan. Indahnya siluet kemerahan yang dibuat oleh sinar mentari yang perlahan tenggelam adalah salah satu momen yang dapat kamu abadikan, atau dapat sekdar kamu nimati dengan berbagi cerita dengan teman.

Itulah pesona 5 tempat wisata di Yogyakarta yang Caption rekomendasikan sebagai tujuan wisata ketika kamu berlibur ke Yogya. Sebenarnya masih banyak tempat wisata di jogja yang menyimpan pesona alam yang tak kalah indah. Mungkin kamu bisa menjelajah lebih lanjut untuk mengunjungi berbagai tempat indah lainnya yang ada di Yogyakarta