Galang Kangin

Rahmadi Aditya Putra
2 min readMay 11, 2021

--

Galang kangin bukan sekadar nama. Aku memilihnya karena tahu dia akan memberiku keberuntungan.

Secara arti Galang berarti cahaya, sementara Kangin adalah timur dalam bahasa bali. Seperti sifat matahari terbit, pasti ada sesuatu yang baru.

Dan aku tau sesuatu yang baru itu tidak selalu berupa hal-hal yang baik, yang burukpun juga pasti ada. Ibarat Hitam dan putih. Jika tidak ada putih, kita tidak tahu Hitam. Begitupun sebaliknya.

Sampai detik ini akupun masih menjalani hidup bersamanya, Galang Kangin. Tahun 2018 aku memulainya dengan sebuah coretan, namun aku terus berusaha menekuninya. Meskipun harus kesana kemari, tetapi apapun yang didasarkan dengan keikhlasan, kesenangan hati dan ketulusan pasti tidak akan mengecewakan.

Ibarat ikan salmon yang menerjang arus air, semua pasti ada saja tantangannya. Begitu juga kehidupan dengan pasang surutnya. Terkadang di atas tidak jarang pula kita dihempas ke bawah. Dan juga tidak banyak orang yang mau mengerti perjuangan kita saat menerjang cobaan. Seperti Galang yang makin terik di atas membuat bayangan hitam semakin nyata.

Tentang Keikhlasan, keikhlasan itu akhirnya lahir di hati ini. Setelah kupikir-pikir lagi hidup ini hanya sekali. Memutuskan berbuat baik atau tidak untuk itu pilihan setiap manusia. Tapi aku memilih membuat hal yang baik.

Tidak banyak, tapi setidaknya selalu kuupayakan. Menolong dan memberi wadah kepada penggiat akomodasi tertentu yang selama ini hanya dilirik oleh masyarakat luar. Karena aku yakin apapun yang dijalankan dengan tujuan kebaikan pada akhirnya akan melahirkan kebaikan.

Aku juga ikhlas dengan rencana-NYA, biarlah usahaku yang telah ku jalankan selama ini aku kembalikan kepada-NYA, dia yang maha tau, maha pengasih dan penyayang. Tanpanya tidak akan ada nafasku.

Galang biarlah dia selalu bersinar seperti sifatnya.

www.besthostels.co.id

--

--